fbpx

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Durian? Ini Tips Mengonsumsinya

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Durian? Ini Tips Mengonsumsinya

Salah satu hal yang perlu ibu penuhi selama masa menyusui adalah mencukupi kebutuhan nutrisi harian untuk mendukung kualitas dan kuantitas ASI. Pemilihan makanannya pun perlu diperhatikan agar tidak memberikan efek samping terhadap kesehatan busui atau bayi. Lantas, bolehkah ibu menyusui makan durian? Pasalnya, banyak busui yang ragu untuk mengonsumsinya karena dianggap bisa memberikan efek samping.

Padahal, asupan durian yang cukup bisa memberikan manfaat bagi ibu menyusui. Nah, untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai bolehkah ibu menyusui makan durian, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Bolehkah Ibu Menyusui Makan Durian?

Para busui yang menyukai durian mungkin akan bertanya-tanya, bolehkah ibu menyusui makan durian? Pada dasarnya, asupan durian pada busui tetap boleh dan tidak terdapat larangan tertentu. Durian juga tidak memberikan efek samping terhadap kesehatan si kecil selama ibu mengonsumsinya dalam kadar yang cukup.

Pasalnya, durian mengandung beberapa nutrisi yang membantu meningkatkan kualitas dan produksi ASI. Akan tetapi, durian bisa menjadi berbahaya apabila ibu mengonsumsinya secara berlebihan. Beberapa gejala yang bisa timbul setelah mengonsumsi durian berlebihan adalah pusing, sakit kepala, mual, muntah, diare, hingga perut begah.

Sejumlah keluhan yang ibu rasakan tersebut bisa menyebabkan produksi ASI menjadi menurun. Di samping itu, durian juga bisa menimbulkan reaksi alergi, meskipun kasus ini tergolong jarang. Apabila terjadi alergi, ibu maupun bayi bisa mengalami perut kembung, diare, hingga ruam kulit. Itulah sebabnya, sebaiknya ibu mengonsumsi durian dalam takaran yang cukup agar tidak menimbulkan reaksi alergi.

Manfaat Durian untuk Ibu Menyusui

Pada dasarnya, durian mengandung nutrisi yang cukup padat. Adapun beberapa nutrisi yang terkandung dalam durian adalah kalori, protein, karbohidrat, lemak, fosfor, kalium, magnesium, asam folat, serat, mangan, hingga vitamin C. Sejumlah nutrisi tersebut tentu bisa membantu mencukupi nutrisi pada tubuh ibu menyusui dan meningkatkan kualitas ASI.

Baca Juga  8 Tips Melahirkan Normal yang Perlu Ibu Ketahui Agar Lancar

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah sejumlah manfaat durian untuk ibu menyusui.

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Salah satu manfaat durian untuk ibu menyusui adalah membantu meningkatkan kualitas tidur. Selama masa menyusui dan mengasuh bayi, kemungkinan ibu akan sulit tidur, karena si kecil yang sering terbangun tengah malam. Hal ini tentu bisa memengaruhi suasana hati ibu. 

Di samping menyempatkan untuk tidur di sela-sela mengasuh bayi, ibu juga bisa mengonsumsi durian guna meningkatkan kualitas istirahat. Pasalnya, durian memiliki kandungan asam amino esensial jenis triptofan yang berperan dalam mendukung produksi melatonin, yaitu hormon yang berfungsi untuk mengontrol siklus tidur.

2. Meningkatkan Energi Tubuh

Manfaat durian untuk busui berikutnya adalah membantu meningkatkan energi tubuh ibu. Pasalnya, selama masa menyusui dan mengasuh bayi, ibu membutuhkan energi lebih agar tidak mudah lelah dan mencegah stres. Nah, durian mengandung karbohidrat yang bisa membantu meningkatkan energi tubuh ibu yang terkuras selama menyusui.

Di sisi lain, asupan durian yang cukup juga bisa membantu menjaga kadar cairan dalam tubuh dan mengurangi rasa lelah. Sebab, durian mengandung kadar kalium yang tinggi. Jadi, ibu bisa mengonsumsi sebiji buah durian untuk membantu meningkatkan energi tubuh harian.

3. Menambah Asupan Kalori

Durian adalah buah yang tinggi akan kalori. Hal ini mungkin akan membuat busui takut mengonsumsinya, karena berisiko meningkatkan kenaikan berat badan.

Namun, asupan buah durian yang cukup bisa membantu menambah kalori tubuh untuk mendukung produksi ASI agar tetap lancar. Agar lebih aman, ibu bisa mengonsumsi satu biji durian per hari untuk membantu menambah kalori tubuh dan mengenyangkan perut dalam waktu lebih lama.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat durian untuk busui selanjutnya adalah membantu meningkatkan kesehatan tulang. Pasalnya, durian mengandung zat besi yang berperan dalam memperkuat dan meningkatkan kepadatan tulang. Untuk itu, ibu bisa mengonsumsi satu biji durian guna menambah asupan zat besi dalam tubuh.

Baca Juga  Tips Memilih Korset Pelangsing Perut yang Tepat Bagi Ibu Setelah Melahirkan

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat durian untuk ibu menyusui yang terakhir adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, durian kaya akan kandungan nutrisi, seperti vitamin dan mineral.

Bukan hanya itu, asupan durian yang cukup juga bisa membantu mencegah konstipasi, meningkatkan pembentukan sel darah merah, meningkatkan kekuatan otot, hingga menjaga kinerja sistem pencernaan tubuh.

Tips Mengonsumsi Durian pada Ibu Menyusui

Beberapa ibu menyusui mungkin akan merasa khawatir ketika hendak mengonsumsi durian. Maka dari itu, agar tidak menimbulkan efek samping, ibu perlu mengetahui beberapa tips mengonsumsinya yang aman. Adapun beberapa tips mengonsumsi durian pada ibu menyusui adalah sebagai berikut.

  • Sebaiknya ibu cukup makan 2-3 potong durian ukuran sedang saja atau 1-2 potong durian ukuran besar. Hal ini bertujuan untuk menghindari asupan durian yang berlebihan dan menurunkan risiko efek samping.
  • Konsumsi durian dalam bentuk olahan makanan, misalnya pancake, kue, atau dicampur dengan susu agar menjadi es krim maupun milkshake.

Jadi, selama ibu mengonsumsi durian dalam takaran yang tepat dan tidak berlebihan, maka risiko efek sampingnya bisa dihindari. Di samping itu, ibu juga perlu mencukupi kebutuhan nutrisi lainnya dengan mengonsumsi buah-buahan lain maupun sayuran. Bukan hanya itu, ibu juga perlu mencukupi air putih untuk menghindari dehidrasi selama menyusui.

Penutup

Itulah beberapa informasi mengenai bolehkah ibu menyusui makan durian, manfaat, hingga tips mengonsumsinya. Pada dasarnya, busui tetap boleh konsumsi durian selama tidak berlebihan.

Pasalnya, asupan buah yang berlebihan justru bisa memberikan dampak negatif terhadap tubuh. Selain itu, ibu juga perlu mengonsumsi sumber nutrisi lainnya, seperti buah-buahan dan sayuran untuk menyeimbangkan gizinya. Jadi, yuk selalu perhatikan asupan nutrisi busui setiap hari bersama  New Life!

Baca Juga  Tips Agar Cepat Kontraksi Asli: Cara Mudah dan Efektif
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?