fbpx

Berikut Jus yang Bagus Dikonsumsi oleh Ibu Hamil!

Jus yang bagus untuk ibu hamil bukan hanya akan memenuhi kebutuhan cairan, tetapi juga memberikan tambahan vitamin dan mineral.

Salah satu aspek yang menjadi fokus utama perhatian ibu hamil adalah memastikan bahwa kebutuhan nutrisi janin terpenuhi sepanjang masa kehamilan, termasuk peningkatan asupan air minum yang menjadi hal esensial selama periode ini. Penting untuk diingat, Bunda, bahwa sumber hidrasi ini dapat berasal baik dari air putih maupun jus buah yang sehat.

Terutama di awal kehamilan, banyak ibu hamil menghadapi tantangan seperti mual, kembung, dan penurunan nafsu makan. Meskipun begitu, sangat penting untuk diingat bahwa baik bayi maupun ibu memerlukan asupan nutrisi yang memadai selama periode krusial ini.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil, penggunaan vitamin prenatal setiap hari sangat dianjurkan. Namun, perlu diingat bahwa meskipun vitamin ini dapat memberikan kontribusi penting, mereka tidak dapat sepenuhnya menggantikan gizi yang diperoleh dari makanan sehari-hari.

Buah-buahan dan sayuran menjadi dua sumber nutrisi utama yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan harian ibu hamil. Sayangnya, kedua jenis makanan ini dapat menjadi sulit dicerna oleh perut yang sensitif, terutama mengingat kondisi seperti mual yang mungkin dialami pada awal kehamilan. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk mencari alternatif makanan yang lebih mudah dicerna namun tetap kaya akan nutrisi esensial.

Manfaat Konsumsi Jus

jus yang bagus untuk ibu hamil

Menurut asosiasi dietetika Inggris, 70 persen dari tubuh manusia terdiri dari air. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa air juga merupakan komponen penting bagi ibu hamil. Asupan cairan dapat diperoleh dari berbagai sumber, salah satunya adalah jus buah atau sayuran.

Untuk memastikan keamanan dalam mengonsumsi jus selama kehamilan, disarankan untuk memilih jus yang terbuat dari buah atau sayuran alami. Sebaiknya, hindari jus yang mengandung pemanis buatan dalam jumlah berlebihan karena gula berpotensi menyebabkan peningkatan berat badan yang tidak diinginkan.

Baca Juga  Ciri-Ciri Gumoh yang Berbahaya pada Bayi dan Jenis-Jenisnya

Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat menyarankan agar ibu hamil menghindari jus yang belum melalui proses pasteurisasi. Proses pasteurisasi adalah metode pemanasan makanan yang bertujuan untuk membunuh organisme berbahaya dan memperlambat pertumbuhan bakteri pada makanan dan minuman. Hal ini penting karena ibu hamil lebih rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri dari makanan dan minuman.

Jika memilih jus buah kemasan, disarankan untuk memeriksa kandungannya terlebih dahulu dan pastikan bahwa jus tersebut telah melalui proses pasteurisasi. Jika Bunda ingin membuat jus sendiri, pastikan buahnya bersih dan masih segar. Hal ini dapat mengurangi jumlah bakteri, dan disarankan untuk mengonsumsinya segera setelah dibuat.

List Just Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Berikut adalah beberapa jenis buah dan sayuran yang dapat dijadikan jus untuk ibu hamil. Bunda dapat mencampurkan beberapa jenis buah atau mengonsumsi satu jenis saja dalam jus Bunda:

1. Jus jeruk 

Mengandung vitamin, mineral, dan air yang penting bagi ibu hamil. Jeruk juga merupakan salah satu buah yang mengandung asam folat, yang membantu mencegah kecacatan pada janin.

2. Jus mangga 

Kaya akan vitamin A, C, dan B6, yang penting untuk kebutuhan ibu hamil. Buah mangga juga dapat memberikan tambahan energi.

3. Jus pisang 

Mengandung kalium, vitamin B6, vitamin C, dan serat. Pisang juga dapat membantu mengurangi sembelit yang sering dialami oleh ibu hamil.

4. Jus wortel 

Kaya akan vitamin A, zat besi, magnesium, vitamin B, kalium, dan magnesium. Ini penting untuk perkembangan tulang, gigi, dan mata janin.

5. Jus alpukat 

Mengandung asam folat, vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat, kolin, magnesium, kalium, dan zat besi. Ini membantu mengatasi gejala mual dan kram kaki pada ibu hamil.

Baca Juga  Bagaimana Proses Terjadinya Kehamilan?

6. Jus apel 

Kaya akan vitamin C, kalium, vitamin A, dan serat. Mengonsumsi apel secara teratur dapat mengurangi risiko melahirkan anak dengan asma dan alergi, serta membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

7. Jus stroberi 

Kaya akan antioksidan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mengandung folat penting untuk sistem kekebalan bayi. 

8. Jus bit

Mengandung zat besi untuk mencegah anemia dan membantu meningkatkan energi ibu hamil.

9. Jus jambu biji

Kaya akan vitamin C untuk menjaga tekanan darah terkendali dan meningkatkan kadar hemoglobin. 

Itulah beberapa jus buah yang dapat kamu coba buat dan minum ketika dalam masa kehamilan ya. Dan pastikan untuk memperhatikan langkah-langkah keamanan dan pilihlah jus buah yang sesuai dengan kondisi kesehatan Bunda ya! Jangan lewatkan kesempatan untuk memperoleh informasi berharga seputar kehamilan! Kunjungi situs New Life untuk memperoleh informasi lainnya.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?