fbpx

Berapa Lama Menggunakan Korset Untuk Kesehatan Pinggang?

Berapa Lama Menggunakan Korset Untuk Kesehatan Pinggang?

Sakit punggung merupakan suatu kondisi yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor penyebab nyeri pada tulang belakang dan sekitar pinggang. Secara umum sakit pinggang dialami oleh 6-7 dari 10 penduduk usia kerja di Indonesia, sedangkan pada remaja atau anak-anak jumlahnya lebih sedikit. Selain itu, sakit pinggang bawah dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama saat bekerja. Hal ini tentunya dapat mengganggu kesehatan pinggang jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama. 

Salah satu alat bantu medis yang dapat digunakan untuk meminimalisir rasa sakit pinggang adalah korset. Mari bahas lebih jauh seputar korset kesehatan pinggang!

Korset Untuk Kesehatan Pinggang

Korset biasanya terbuat dari bahan kain yang lembut sehingga nyaman dipakai serta memiliki berbagai ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya dengan menggunakan tali di bagian belakang. Cara kerja dari korset adalah memberikan tekanan pada perut sehingga mampu meminimalisir beban pada tulang belakang dan persendian. Nah hal inilah yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sakit punggung yang di alami. 

Selain nyeri punggung, korset juga dapat digunakan bagi penderita radang sendi atau penyakit cakram degeneratif. Korset juga dapat digunakan dalam jangka waktu yang singkat, misalnya untuk mengatasi nyeri akibat patah tulang dan dapat digunakan untuk menstabilkan tulang belakang setelah operasi atau pembedahan. Tapi perlu diketahui juga harus mengingat meskipun korset punya beragam fungsi, namun pemakaian korset juga akan membatasi gerakan si pemakainya. 

Meski merupakan tindakan pencegahan, penggunaan korset dapat mencegah dari cedera lebih lanjut yang dapat terjadi selama proses perawatan. Korset yang digunakan untuk mengobati sakit punggung tidak memiliki banyak jenis yang berbeda karena memiliki tujuan yang sama, tetapi harga korset yang berbeda dapat menjadi penentu karena kualitas bahan yang digunakan pun berbeda.

Baca Juga  Keputihan Saat Hamil: Penyebab dan Solusi Terbaik

Fungsi Korset

Korset memiliki banyak fungsi, mulai dari pencegahan hingga mengurangi nyeri punggung akibat aktivitas sehari-hari. Beberapa fungsi korset bagi kesehatan pinggang, yaitu: 

  • Pencegahan cedera nyeri punggung bawah. 
  • Intervensi terapeutik atau terapi bagi penderita LBP  untuk mengurangi cedera dan kecacatan. 
  • Mencegah  LBP (Lower Back Pain) sebelum terjadi atau  mencegah kejadian LBP berulang. 

Hal-hal tersebut di atas dapat terjadi karena korset dapat memperbaiki deformasi yang  terjadi, membatasi pergerakan tulang belakang dan menstabilkan bagian-bagian tulang belakang.

Cara Memilih Korset Pinggang Yang Baik

Banyak model dan bentuk korset pinggang yang ada, seringkali kita suka bingung bagaimana memilih korset pinggang yang bagus dan baik supaya ketika digunakan nyaman untuk dipakai:

1. Pilih bahan dan design yang nyaman digunakan

Cara pertama yang bisa dilakukan dalam memilih korset pinggang yaitu pilihlah bahan yang terbuat dari katun dikarenakan bahan katun dapat menyerap keringat serta tidak membuat iritasi dan gatal pada kulit. Desain korset juga bisa menentukan kenyamanan yang dirasakan ketika korset digunakan.

Bentuk korset pinggang biasanya pada bagian belakang korset terdapat penyangga yang fungsinya mampu menopang pinggang supaya selalu dalam posisi tegap. Nah apabila ada peyangga perlu diperhatikan juga apakah terdapat lapisan busa yang bisa melindungi kulit agar tidak sakit dan tertusuk ketika digunakan.

2. Sesuaikan harga dengan kualitas

Ada pepatah mengatakan bahwa Ada Harga Ada Kualitas begitu juga dengan korset. Brand korset dengan harga yang terjangkau dengan kualitas yang sangat oke bisa dikatakan sedikit. New Life termasuk ke dalam jenis korset yang memiliki harga terjangkau dengan kualitas bagus terbukti sejak 1990 sampai sekarang sudah membantu jutaan ibu hamil.

Baca Juga  7 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Setelah Operasi, Catat!

3. Memilih Ukuran

Memilih ukuran yang sesuai dengan berat badan juga perlu dipertimbangkan. Jangan asal memilih ukuran pada korset. Perhatikan panduan size. Pada umumnya ukuran yang ada pada korset ada 3 diantaranya all size, xl dan xxl dengan ketentuan yang berbeda-beda pada setiap merek.

Cara Penggunaan Korset Untuk kesehatan Pinggang

Inilah beberapa cara menggunakan korset secara baik dan benar untuk kesehatan pinggang:

  • Berkonsultasikan dengan dokter spesialis yang kamu percaya. Karena dengan berkonsultasi, bunda bida menggunakan korset untuk menyesuaikan ukuran dan kebutuhan saat itu
  • Ciri-ciri korset baik adalah harus bisa mencakup semua area yang terkena sakit punggung, tanpa mengurangi kenyamanan ketika memakainya.
  • Kenakan korset sesuai petunjuk. Karena korset akan digunakan dalam durasi yang cukup lama saat melakukan berbagai aktivitas, maka bunda harus memahami cara menggunakan korset dengan benar dan baik. Karena jika korset digunakan dalam posisi yang salah, bisa membuat cedera punggung atau pinggan semakin parah.
  • Merawat korset yang digunakan. Meskipun korset dibuat dari bahan kain yang lentur dan kuat, namun bunda tetap harus memeriksa korset yang telah digunakan dari waktu ke waktu. Jika terdapat bagian yang rusak, segera perbaiki atau ganti dengan korset baru yang lebih efektif bekerja ya! 

Itulah beberapa informasi penting tentang fungsi serta cara penggunaan korset kesehatan pinggang ya! Ingin tahu informasi lain seputar kehamilan atau cara mengecilkan perut besar setelah melahirkan? Pantau terus situs resmi Newlife ya!

***

Korset New Life Telah Berdiri sejak 1990 dan Telah Membantu Ratusan Ribu Wanita Mendapatkan Kembali Kepercayaan Dirinya. Cari tahu lebih Lanjut Mengenai Korset New Life DISINI!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?