fbpx

Apakah Tidur Siang Bikin Gemuk? Ini Fakta dan Manfaatnya

Apakah Tidur Siang Bikin Gemuk? Ini Fakta dan Manfaatnya

Apakah tidur siang bikin gemuk? Pertanyaan ini kerap diutarakan banyak orang. Padahal, tidur siang tidak serta-merta menyebabkan kenaikan berat badan begitu saja. Hal ini bisa terjadi akibat pengaruh faktor lainnya.

Misalnya, ketika kamu tidur siang setelah makan, maka sistem pencernaan belum mengolahnya secara sempurna. Alhasil, hal itu bisa memengaruhi kenaikan berat badan. Nah, jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai apakah tidur siang bikin gemuk, yuk simak selengkapnya dalam bacaan berikut ini!

Apakah Tidur Siang Bikin Gemuk?

Banyak orang menganggap jika tidur siang bisa membuat badan gemuk. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar selama kamu melakukannya dengan tepat. Pada umumnya, waktu tidur siang yang ideal adalah sekitar 20-30 menit saja.

Sejumlah penelitian mengutarakan bahwa tidur siang melebihi 40 menit berisiko menyebabkan sindrom metabolik. Sindrom tersebut bisa membuatmu mengidap beberapa gangguan kesehatan dalam waktu bersamaan, misalnya obesitas atau kelebihan berat badan. Selain itu, tidur siang dalam waktu lebih dari 30 menit juga bisa menimbulkan sleep inertia. Kondisi tersebut memiliki sejumlah gejala, seperti pusing, kebingungan, hingga peningkatan rasa kantuk.

Bukan hanya itu, tidur siang yang kamu lakukan usai makan juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Pasalnya, tubuh belum mengolah makanan dengan baik, sehingga dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Di sisi lain, kalori yang terdapat dalam tubuh umumnya bisa hilang melalui aktivitas fisik. Maka dari itu, tidur siang berlebihan atau setelah makan adalah kebiasaan yang perlu kamu hindari.

Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan

Selama kamu menerapkan tidur siang yang tepat, hal itu bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, lho. Adapun beberapa manfaat tidur siang untuk kesehatan adalah sebagai berikut.

Baca Juga  Kenapa Muncul Stretch Mark saat Hamil? Simak Penyebabnya!

1. Meningkatkan Fungsi Memori

Salah satu manfaat tidur siang untuk kesehatan adalah membantu meningkatkan fungsi memori. Sebab, selama tidur siang dalam waktu singkat, otak mempunyai waktu yang cukup untuk mencerna serta menyimpan ingatan. Hal ini pun bisa memengaruhi kinerjamu saat sedang bekerja agar lebih baik.

2. Mengatasi Kurang Tidur

Manfaat tidur siang untuk kesehatan berikutnya adalah membantu mengatasi kurang tidur. Sebab, beberapa orang masih kesulitan untuk menerapkan tidur selama 7-9 jam di malam hari.

Maka dari itu, tidur siang selama 15-20 menit dapat membantu tubuh agar lebih segar lagi, sehingga kamu bisa lebih fokus untuk menjalani rutinitas sehari-hari. Selain itu, kebiasaan tidur siang ini juga membantu untuk meningkatkan fungsi motorik serta energi tubuh.

3. Mengurangi Stres

Manfaat tidur siang untuk kesehatan lainnya adalah membantu mengurangi stres. Bukan hanya itu, tidur siang juga dapat membantumu untuk mengontrol emosi. Pasalnya, emosi bisa meningkat ketika tubuhmu sedang merasa lelah.

Itulah sebabnya, kamu sebaiknya menyempatkan waktu sekitar 15-30 menit untuk tidur siang dan mengistirahatkan tubuh maupun otak agar terhindar dari risiko stres.

4. Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat tidur siang untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah membantu meningkatkan konsentrasi. Bekerja selama berjam-jam tentu akan membuat otak menjadi lelah. Maka dari itu, ketika memiliki waktu istirahat di tengah jam kerja, kamu dapat memanfaatkannya untuk tidur selama 15-20 menit. Hal ini dapat membantumu untuk mengembalikan konsentrasi, sehingga pekerjaan akan lebih baik.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat tidur siang untuk kesehatan tubuh yang terakhir adalah membantu menurunkan tekanan darah. Maka dari itu, tidur siang dalam waktu maksimal 30 menit adalah hal baik bagi penderita hipertensi untuk membantu mengontrol tekanan darahnya. Akan tetapi, manfaat ini bisa lebih maksimal ketika kamu juga menerapkan gaya hidup sehat lainnya.

Baca Juga  Bayi Tidur Tanpa Bantal Apakah Boleh? Simak Tips Tidurnya!

Tips Tidur Siang yang Baik

Nah, agar tidur siangmu lebih bermanfaat, kamu tentu perlu menerapkannya dengan tepat. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah tips tidur siang yang baik.

1. Mencari Tempat Tidur yang Nyaman

Salah satu tips tidur siang yang baik adalah dengan cara mencari tempat tidur yang nyaman. Kamu bisa memilih tempat yang gelap atau menggunakan penutup mata. Apabila berada di kantor, kamu dapat memanfaatkan napping room untuk beristirahat sejenak. Akan tetapi, jika kantormu tidak menyediakan, kamu bisa mencari posisi tidur yang nyaman untuk beristirahat.

2. Membatasi Jam Tidur Siang

Tips tidur siang yang baik selanjutnya adalah dengan membatasi waktu istirahatnya. Sebagaimana penjelasan sebelumnya, tidur siang berlebihan tidak baik bagi kesehatan tubuh dan justru dapat membuatmu lebih lemas saat terbangun. Maka dari itu, agar konsentrasimu tidak terganggu dan bisa lebih semangat, sebaiknya atur waktu sekitar 15-20 menit untuk tidur siang. Selain itu, kamu bisa memasang alarm agar tidak berlebihan saat tidur.

3. Mengiringi dengan Musik

Tips tidur siang yang tepat terakhir adalah mengiringi dengan musik yang lembut. Hal ini bisa membantu merilekskan dan menenangkan pikiranmu. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih nyaman dan tenang. Selain itu, jauhkan dari distraksi, seperti tidak bermain ponsel atau menyalakan notifikasinya. Sebab, hal itu justru dapat mengganggu tidur siangmu.

Penutup

Demikian beberapa informasi berkaitan dengan apakah tidur siang bikin gemuk atau tidak. Pada dasarnya, tidur siang dalam waktu yang cukup justru bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Selain itu, kamu perlu menghindari tidur siang setelah makan, karena bisa memicu kenaikan berat badan. Jadi, yuk selalu perhatikan kesehatanmu bersama New Life!

Baca Juga  Ini Tanda Tanda Hamil Muda Pada Perut Ibu
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?