fbpx

Apakah Air Es Bikin Gemuk? Simak Dulu Fakta dan Mitosnya!

Apakah Air Es Bikin Gemuk? Simak Dulu Fakta dan Mitosnya!

Pernahkah kamu bertanya-tanya, apakah air es bikin gemuk? Pada dasarnya, minum air es akan membuat tubuh terasa segar. Di sisi lain, air es juga memiliki manfaat yang sama dengan air hangat atau bersuhu normal, sehingga tidak membuat tubuh gemuk.

Selain itu, tidak ada data penelitian yang menyebutkan bahwa minum air bisa menyebabkan kegemukan. Nah, untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai apakah air es bikin gemuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Apakah Air Es Bikin Gemuk?

Bagi kamu yang suka mengonsumsi air es atau dingin, mungkin kerap bertanya-tanya, apakah air es bikin gemuk? Namun, kamu tak perlu khawatir, sebab pada faktanya, tidak terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi air es bisa membuat tubuh gemuk. Maka dari itu, minum air es bikin gemuk hanyalah mitos belaka.

Bahkan, penelitian yang terpublikasi dalam National Library of Medicine menyebutkan bahwa menghidrasi tubuh berkaitan dengan penurunan berat badan. Hal ini berhubungan dengan proses pembakaran lemak, penurunan intensitas makan, hingga meningkatnya lipolisis. Nah, lipolisis sendiri adalah suatu proses metabolisme dalam tubuh yang bertujuan untuk memecah lemak.

Lebih dari itu, mencukupi kebutuhan air dalam tubuh juga berperan dalam menurunkan berat badan dengan cara yang lebih kompleks. Cara tersebut melalui peningkatan metabolisme tubuh, sehingga olahraga yang kamu jalani sehari-hari bisa lebih efektif dan menurunkan nafsu makan. Manfaat tersebut bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi air dingin, air hangat, maupun air dalam suhu normal.

Maka dari itu, kamu perlu mencukupi kebutuhan air putih dalam tubuh setidaknya sebanyak 8-12 gelas per hari. Sebab, sebagian besar isi tubuh manusia adalah air yang terbagi ke dalam beberapa organ. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:

  • 73% air di otak dan jantung.
  • 83% air di paru-paru.
  • 64% air di kulit.
  • 79% air di otot dan ginjal.
  • 31% air di tulang.
Baca Juga  8 Cara Cepat Menghilangkan Sakit Pinggang, Aktif Olahraga!

Itulah sebabnya, manfaat air bagi tubuh sangat banyak, mulai dari mendukung pembentukan sel, mengatur suhu internal tubuh, mendorong proses penghilangan limbah racun, maupun khasiat lainnya. Jadi, kamu tak perlu khawatir ketika suka mengonsumsi air es setiap hari.

Manfaat Minum Air Es untuk Tubuh

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, air es memiliki manfaat sama halnya dengan air putih lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa manfaat minum air es bagi tubuh.

1. Meringankan Nyeri Otot

Salah satu manfaat air es untuk tubuh adalah membantu meringankan nyeri otot. Manfaat ini bisa kamu dapatkan dengan cara mengompres area tubuh yang bengkak atau terasa nyeri menggunakan air es.

Hal ini berperan dalam meringankan gejalanya serta melancarkan aliran darah. Kamu juga bisa minum air es untuk membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

2. Mengatasi Sakit Tenggorokan dan Demam

Manfaat minum air dingin selanjutnya adalah membantu mengatasi sakit tenggorokan serta menurunkan demam. Pada dasarnya, demam terjadi saat tubuh sedang berusaha untuk melawan infeksi serta peradangan.

Hal ini bisa kamu obati dengan mengenakan pakaian hangat maupun minum air es. Saat mengalami sakit tenggorokan, kamu juga dapat minum air putih untuk mencegah risiko dehidrasi, mengurangi nyeri, hingga melegakan tenggorokan.

3. Menghidrasi Tubuh Usai Berolahraga

Manfaat air dingin untuk tubuh berikutnya adalah membantu menghidrasi tubuh usai berolahraga. Sebab, setelah berolahraga, suhu tubuh akan meningkat, mengeluarkan banyak keringat, hingga mudah merasa lelah. Nah, minum air es usai berolahraga dapat membantu menyegarkan tubuh sekaligus meringankan rasa lelah yang timbul.

4. Mencegah dan Meringankan Sembelit

Manfaat minum air es untuk tubuh lainnya adalah membantu mencegah sekaligus meringankan sembelit atau konstipasi. Masalah pada sistem pencernaan ini bisa terjadi ketika kamu jarang mengonsumsi makanan berserat dan kurang asupan cairan. Maka dari itu, mencukupi kebutuhan air putih setiap hari akan membantu mencegah dan mengatasi gejala sembelit.

Baca Juga  Pentingnya Imunisasi pada Bayi dan Efek Sampingnya, Catat!

5. Menurunkan Berat Badan

Manfaat minum air dingin untuk tubuh lainnya adalah membantu menurunkan berat badan. Pada dasarnya, tubuh memiliki kemampuan untuk menghangatkan air. Hal ini berperan dalam proses pembakaran kalori untuk menunjang metabolisme tubuh.

Maka dari itu, rajin mengonsumsi air putih setiap hari akan membantu mengontrol berat badan agar tetap ideal. Manfaat ini akan lebih maksimal ketika kamu minum air sebelum makan, sehingga berperan untuk mengurangi porsi makan.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat minum air es untuk tubuh selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan kulit. Sebab, kulit yang kurang terhidrasi akan cenderung kering, karang, hingga tidak elastis.

Untuk itu, mencukupi kebutuhan air putih dapat berperan dalam menghidrasi kulit, membuatnya tampak lebih segar, elastis, hingga lembap. Hal ini bukan hanya kamu peroleh dengan meminumnya, tetapi juga saat mandi dengan air biasa maupun air dingin.

7. Mengatasi Batu Ginjal

Manfaat minum air es untuk tubuh yang terakhir adalah membantu mengatasi batu ginjal. Pada dasarnya, jenis penyakit ginjal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya asupan air putih.

Mengonsumsi air putih dalam takaran yang cukup bisa membantu mencegah pembentukan batu ginjal serta mengeluarkannya dari ginjal saat ukurannya masih kecil. Apabila bosan mengonsumsinya, kamu juga bisa menambahkannya dengan air perasan jeruk nipis atau lemon untuk memberikan rasa asam. Pasalnya, rasa asam juga berperan dalam mencegah pembentukan batu ginjal, lho.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai apakah air es bikin gemuk dan manfaatnya. Pada dasarnya, air es sama manfaatnya dengan minum air yang memiliki suhu normal. Untuk itu, minum air es tidak bikin gemuk, sehingga kamu tak perlu mengkhawatirkannya.

Baca Juga  Ambeien pada Ibu Hamil 9 Bulan dan Cara Meredakannya, Simak!

Namun, kamu juga tetap perlu menerapkan gaya hidup sehat lainnya, seperti mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, serta mencukupi waktu tidur. Nah, jika ingin mengetahui tips menerapkan pola hidup sehat lainnya, yuk simak lebih lanjut dalam situs New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?