fbpx

Berikut Cara Tes Kehamilan Dengan Test Pack!

Berikut Cara Tes Kehamilan Dengan Tespek (Test Pack)!

Cara menggunakan test pack memang terlihat praktis dan sederhana. Namun, penggunaan test pack yang tidak benar bisa menyebabkan hasil yang tidak akurat, lho! Nah makanya, sangat penting bagi calon moms untuk mengetahui cara-cara menggunakan tespek (test pack) yang tepat dan bagaimana membaca hasilnya dengan benar. 

Apa itu Test Pack?

Test pack merupakan alat tes kehamilan yang berfungsi dalam mendeteksi hormon kehamilan yaitu human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urin. Hormon ini muncul setelah sel telur yang telah dibuahi menanamkan dirinya di lapisan rahim. Alat tes kehamilan atau disebut juga dengan test pack dapat mendeteksi jejak hormon hCG dalam urine, karena itu alat ini bisa digunakan dengan mudah di rumah. Harga  test pack relatif murah dan dapat ditemukan di berbagai toko obat atau apoteker.

Nah hormon hCG hanya akan ada jika sel telur yang terbuahi oleh sperma menempel di dinding rahim. Menggunakan alat tes kehamilan ini 99% akurat. Namun, ada kemungkinan juga hasil yang tidak akurat dari penggunaan test pack. Ini mungkin disebabkan oleh waktu penggunaan atau cara penggunaan paket uji yang salah.

Cara Tes Kehamilan Dengan Test Pack Yang Benar

Bagi yang pertama kali menggunakan test pack pasti kebingungan untuk menggunakannya. Disarankan moms membaca terlebih dahulu instruksi yang ada di kemasan dan mengikuti petunjuk yang diarahkan supaya mendapatkan hasil yang akurat.

Inilah beberapa cara menggunakan tespek yang benar, diantaranya:

Memastikan Tespek Dalam Kondisi Baik

Jika kamu ingin membeli tespek di apotek atau supermarket, selalu pastikan untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa produk. Tespek yaang sudah kadaluarsa akan memiliki tingkat akurasi yang berkurang pula. Selain itu, pilihlah test pack dengan kondisinya paling bagus dan memiliki sensitivitas tinggi. Karena jika semakin sensitif tespek, maka alat tersebut bekerja semakin baik dan akurat alat dalam mendeteksi kadar hormon hCG pada awal kehamilan.

Baca Juga  Ciri Janin Berkembang Menandakan Pertumbuhan yang Sehat

Mengenali Waktu Tepat Penggunaan Tespek

Pemilihan waktu penggunaan paket tes sangat mempengaruhi keakuratan hasil. Jika menggunakan tespek beberapa hari setelah berhubungan, kemungkinan hasilnya negatif karena hormon hCG belum diproduksi atau kadarnya masih sangat rendah. 

Moms dapat menggunakan tes kehamilan pada hari pertama terlambat haid atau 2 minggu setelah berhubungan seks. Disarankan moms dapat terlambat 1-2 minggu untuk mendapatkan hasil tespek yang akurat. Jika tesnya positif,  kehamilannya saat ini diperkirakan telah mencapai 6-7 minggu. Selain itu, penggunaan tespek yang benar ialah sebaiknya digunakan setelah bangun tidur di pagi hari. Karena saat pagi hari, urin masih pekat jadi tespek juga memberikan hasil yang lebih akurat. 

Perlu diketahui menggunakan tespek di siang hari tidak dianjurkan, hal tersebut terjadi karena ketika sudah banyak minum maka air dapat mengencerkan urin dan membuat hormon hCG sulit dideteksi.

Menggunakan Tespek Sesuai Dengan Cara Yang Direkomendasikan

Ingatlah untuk membaca dengan seksama tata cara penggunaan tespek pada kemasan produk. Ini karena setiap produk dalam tespek mungkin memiliki petunjuk penggunaan yang berbeda. 

Terdapat tiga jenis tespek yang biasa digunakan untuk mendeteksi kehamilan, yaitu: 

  • Test strip adalah alat pendeteksi kehamilan berbentuk strip plastik. Alat ini digunakan dengan cara mencelupkan strip tersebut ke dalam wadah berisi urin. 
  • Kaset tes kehamilan adalah alat tes kehamilan berbentuk stik yang digunakan dengan cara meneteskan urine ke dalam penampung stik.
  • Alat tes digital adalah alat tes kehamilan yang cara kerjanya sama seperti alat tes strip, namun lebih modern karena ditampilkan hasil “hamil” atau “tidak hamil” pada layar secara digital. 

Kamu dapat menunggu sekitar 10 menit untuk mendapatkan hasilnya. Setiap tespek menampilkan indikator hasil yang berbeda, contohnya simbol satu atau dua garis, simbol ( ) atau (-), atau tulisan “Hamil” atau “Tidak Hamil”. 

Baca Juga  5 Ciri-Ciri Air Ketuban Keluar yang Harus Ibu Hamil Ketahui

Jika tidak ada garis, tanda, atau huruf yang terlihat setelah melakukan pengujian, mungkin moms melakukan kesalahan pada penggunaan alat tersebut. Namun jika tespek menunjukkan hasil negatif, maka dapat melakukan tes lagi setelah 3-5 hari. Moms juga disarankan untuk tidak merokok atau menggunakan narkoba atau alkohol sampai yakin apakah kamu sedang mengandung atau tidak. 

Kesimpulan

Jika hasil test menunjukkan bahwa positif hamil, segera berkonsultasi ke dokter kandungan untuk memastikan kehamilan dengan USG. Selain untuk memastikan kehamilan, cek USG kehamilan juga penting lho untuk memastikan perkembangan janin sesuai  usia kehamilan dan menghindari komplikasi kehamilan. Semoga informasi seputar tata cara tes kehamilan menggunakan tespek (test pack) bermanfaat dan dapat bunda terapkan dengan baik ya!  

***

Korset New Life Telah Berdiri sejak 1990 dan Telah Membantu Ratusan Ribu Wanita Mendapatkan Kembali Kepercayaan Dirinya. Cari tahu lebih Lanjut Mengenai Korset New Life DISINI!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?