fbpx

Ini 5 Tips Memilih Korset yang Bagus Pasca Melahirkan Caesar

Ini 5 Tips Memilih Korset yang Bagus Pasca Melahirkan Caesar

Pasca operasi caesar, Bunda tentu perlu memulihkan tubuh maupun luka jahitan. Tak hanya itu, perut buncit yang Bunda alami setelah hamil juga kerap membuat kepercayaan diri menurun. Untuk itu, Bunda dapat menunjang pemulihan tersebut dengan memilih korset yang bagus pasca melahirkan caesar.

Sebab, setelah melahirkan, otot perut akan mengalami peregangan dan butuh waktu cukup lama agar kembali meregang, sehingga Bunda membutuhkan pakaian yang bisa melangsingkan perut kembali. Lantas, bagaimana tips memilih korset yang bagus pasca melahirkan caesar? Yuk, simak jawabannya dalam tulisan berikut!

Cara Memilih Korset yang Bagus Pasca Melahirkan Caesar

Korset adalah pakaian wanita yang bisa membantu perawatan setelah melahirkan caesar. Maka dari itu, memilih korset yang bagus diperlukan agar manfaatnya bisa Bunda peroleh secara lebih optimal. Adapun beberapa cara memilih korset yang bagus pasca melahirkan caesar adalah sebagai berikut.

1. Pilih Bahan Elastis

Salah satu cara memilih korset yang bagus pasca melahirkan caesar adalah menggunakan bahan elastis dan fleksibel. Bahan ini akan terasa nyaman saat dikenakan, karena dapat mengikuti ukuran dan bentuk tubuh. Dengan begini, korset akan nyaman bagi Bunda setelah operasi caesar, karena tidak menimbulkan lecet maupun menekan bekas jahitan.

2. Pilih Bahan Breathable

Cara memilih korset yang bagus pasca operasi caesar lainnya adalah menggunakan bahan breathable agar tidak memicu iritasi kulit. Bahan ini umumnya dapat Bunda temukan pada jenis korset dengan bahan katun, polyester, latex, maupun mesh, karena memiliki sirkulasi udara yang baik.

Pasalnya, korset dengan sirkulasi udara tak baik bisa menyebabkan kulit terasa gatal dan mengalami iritasi. Hal ini juga menyebabkan kulit cepat lembap akibat keringat. Padahal, Bunda yang usai menjalani caesar perlu menjaga luka jahitan agar tetap kering.

Baca Juga  Bolehkah Ibu Hamil Makan Rambutan? Ini Jawabannya

3. Pilih Perekat Velcro

Perekat velcro adalah jenis perekat untuk korset yang bagus. Sebab, perekat ini membuat Bunda mampu mengatur tingkat kekencangannya dengan sendirinya, sehingga lebih mudah dalam pemakaiannya. Selain itu, pelekat velcro juga baik bagi Bunda yang usai menjalani persalinan caesar, karena bisa membuat korset tak menekan luka jahitan.

4. Memiliki Sifat Antimikroba

Cara memilih korset yang bagus pasca operasi caesar berikutnya adalah menggunakan bahan dengan sifat antimikroba dan anti bau. Pasalnya, korset yang menekan kulit tentu bisa menyebabkan Bunda cepat mengeluarkan keringat. Nah, korset yang memiliki sifat antimikroba umumnya mampu menyerap keringat dengan baik, sehingga Bunda akan merasa nyaman ketika menggunakannya. 

5. Memiliki Tekstur Tenun

Tips memilih korset yang bagus pasca melahirkan caesar yang terakhir adalah memiliki tekstur tenun bergaris dan zig zag. Hal ini berfungsi untuk memberikan efek pijatan, sehingga akan terasa nyaman saat Bunda kenakan selama beraktivitas. Selain itu, tekstur tenun ini juga membantu melatih otot perut agar lebih kencang.

Manfaat Menggunakan Korset Pasca Melahirkan Caesar

Dengan menggunakan korset setelah menjalani operasi caesar, Bunda bisa memperoleh berbagai manfaat, lho. Berikut ini adalah beberapa manfaat korset untuk Bunda pasca melahirkan caesar.

1. Meredakan Nyeri Selama Nifas

Salah satu manfaat korset setelah persalinan caesar adalah membantu meredakan nyeri selama nifas. Rasa nyeri ini umumnya timbul akibat kontraksi rahim saat mengeluarkan darah. Nah, efek pijatan dari korset tersebut bisa membuat perut merasa lebih tenang dan mengurangi rasa nyerinya.

2. Membantu Melangsingkan Perut

Manfaat korset yang lainnya adalah bisa membantu melangsingkan perut. Pada dasarnya, kulit perut akan mengalami penyusutan usai melahirkan, sehingga membuatnya menggelambir. Selain itu, ligamen perut juga mengalami pemisahan seiring dengan membesarnya ukuran perut. Itulah sebabnya, Bunda perlu menggunakan korset untuk membantu menopang otot perut serta mengembalikan posisi ligamen perut.

Baca Juga  7 Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil dan Jenis Makanannya

3. Memperbaiki Postur Tubuh

Manfaat menggunakan korset pasca melahirkan caesar lainnya adalah membantu memperbaiki postur tubuh. Sebab, selama hamil, hingga melahirkan, postur tubuh Bunda cenderung berubah akibat bertambahnya beban. Nah, mengenakan korset dapat membantu menekan area pinggang, tulang belakang bawah, serta perut, sehingga postur tubuh Bunda bisa kembali seperti semula.

4. Mempercepat Pemulihan

Selain memperbaiki postur tubuh, menggunakan korset juga dapat membantu mempercepat pemulihan bekas luka pasca operasi caesar. Pada dasarnya, jahitan caesar dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, menggunakan korset berkualitas juga bisa membantu mempercepat pemulihan luka tersebut.

Tak hanya itu, korset juga bermanfaat untuk mengurangi pendarahan pasca operasi, melancarkan aliran darah, hingga mengurangi pembengkakan serta retensi cairan. Hal ini juga diungkapkan dalam penelitian yang terpublikasikan dalam International Journal of Gynaecology and Obstetrics tahun 2017, bahwa wanita yang mengenakan korset setelah operasi caesar dapat membantu mengurangi perdarahan, rasa tidak nyaman, maupun rasa sakit.

5. Meredakan Sakit Punggung

Manfaat menggunakan korset pasca persalinan caesar yang terakhir adalah membantu meredakan sakit punggung. Hal ini sering Bunda alami setelah melahirkan karena beberapa hal, seperti aktivitas yang padat, hingga usai menggendong bayi. Nah, korset bekerja dengan menekan otot punggung dan tulang belakang bawah, sehingga bisa membantu meredakan rasa sakit pada punggung.

Penutup

Nah, itulah berbagai informasi mengenai cara memilih korset yang bagus pasca melahirkan caesar dan manfaat menggunakannya. Adapun rekomendasi korset yang bagus untuk Bunda adalah korset New Life, karena berasal dari bahan berkualitas dan berteknologi modern, sehingga dapat mendukung proses pemulihan pasca caesar. Di samping itu, korset New Life juga bisa membantu memperbaiki postur tubuh bungkuk maupun rasa nyeri yang Bunda alami pada punggung maupun perut.

Baca Juga  7 Olahraga Pengganti Jalan Pagi untuk Ibu Hamil yang Aman

Untuk mendapatkannya, Bunda bisa langsung membelinya pada situs New Life Official Store atau mengunjungi e-commerce. Jadi, tunggu apa lagi, yuk gunakan korset New Life untuk bantu pemulihan pasca operasi caesar!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?