fbpx

9 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil, Jaga Kesehatan Pencernaan!

9 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil, Jaga Kesehatan Pencernaan!

Ada banyak jenis buah yang baik untuk menjaga kesehatan bumil maupun janin dalam kandungannya, seperti pisang. Manfaat pisang untuk ibu hamil cukup banyak, seperti meringankan morning sickness.

Pasalnya, pisang adalah buah yang lembut dan baik bagi pencernaan, sehingga bisa membantu mengatasi rasa mual maupun muntah akibat morning sickness. Nah, untuk mengetahui manfaat pisang untuk bumil lainnya, baca artikel berikut sampai selesai!

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Siapa yang tak mengenal pisang? Buah yang kaya akan kandungan nutrisi ini ternyata juga baik bagi kesehatan bumil dan bayinya karena mengandung serat, karbohidrat, protein, magnesium, mangan, kalium, folat, hingga vitamin.

Lantas, apa saja manfaat pisang untuk ibu hamil? Berikut ini di antaranya.

1. Meringankan Morning Sickness

Morning sickness adalah salah satu masalah yang kerap ibu hamil alami di masa awal kehamilan karena mual dan muantah, sehingga menurunkan nafsu makan. Kondisi ini tentu membuat ibu menjadi cepat lemas dan tak berenergi.

Nah, untuk mengatasinya, bumil bisa mengonsumsi buah pisang. Sebab, pisang kaya akan kandungan vitamin B6 yang bisa mudah dicerna dan mengenyangkan, sehingga bisa mengganjal rasa lapar ibu selama malas makan.

2. Mencegah Sembelit dan Melancarkan Pencernaan

Manfaat pisang untuk ibu hamil lainnya adalah membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Pasalnya, buah ini kaya akan kandungan serat. Bahkan, sebatang pisang yang memiliki berat 120 gram bisa mengandung sekitar 2,5-3 gr serat. 

Di samping itu, mengonsumsi pisang juga bisa membantu menghangatkan perut dan ulu hati. Hal ini karena pisang kaya akan kandungan kalium, sehingga aman dikonsumsi oleh bumil yang rentan mengalami asam lambung.

3. Meredakan Kram Otot dan Edema Kaki

Salah satu masalah yang kerap menghantui bumil adalah kram otot dan edema kaki. Hal ini dipicu oleh bertambahnya beban tubuh selama hamil. Alhasil, ibu akan sering mengalami kram, hingga pembengkakan pada kaki.

Baca Juga  Ciri Ciri Janin Terlilit Tali Pusar, Lantas Harus Apa?

Manfaat pisang ini bisa diperoleh karena buah tersebut kaya akan kandungan kalium yang berperan untuk menyeimbangkan kadar elektrolit tubuh dan meningkatkan kinerja otot maupun saraf.

4. Meningkatkan Peluang Bayi Lahir Normal

Manfaat pisang untuk janin selanjutnya adalah membantu meningkatkan peluang bayi lahir normal atau tidak cacat. Hal itu bisa ibu lakukan selama mencukupi kebutuhan asam folat dalam tubuh setidaknya 400 mcg per hari.

Nah, pisang termasuk buah yang mengandung asam folat, sehingga baik untuk mendukung perkembangan otak, saraf, dan sumsum tulang belakang janin. Selain itu, vitamin yang terkandung dalam pisang juga berperan dalam mendukung pertumbuhan janin, sehingga meningkatkan peluang bayi lahir normal.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat pisang untuk ibu hamil lainnya adalah menjaga kesehatan tulang bumil maupun janinnya. Pasalnya, pisang kaya akan kandungan kalsium yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang, mengatur kontraksi otot, serta mempercepat neurotransmitter tubuh.

6. Mencegah Anemia

Manfaat pisang untuk ibu hamil berikutnya adalah membantu mencegah anemia. Kondisi ini terjadi karena kurangnya asupan zat besi. Nah, selama mengonsumsi buah pisang, ibu bisa memenuhi setidaknya 3% dari kebutuhan zat besi dalam tubuh dan merangsang pembentukan hemoglobin. Manfaat ini dapat lebih optimal apabila ibu menyeimbangkannya dengan konsumsi sayuran dan buah-buahan lainnya.

7. Menambah Energi dan Menangkal Radikal Bebas

Bertambahnya beban tubuh selama hamil tentu membuat ibu cepat lelah saat beraktivitas. Nah, dengan mengonsumsi pisang, ibu bisa meningkatkan energi tubuh. Pasalnya, buah ini kaya akan kandungan fruktosa, glukosa, serta sukrosa yang mengubahnya menjadi energi, sehingga ibu dapat lebih bersemangat setiap hari.

Tak hanya itu, pisang juga kaya akan kandungan vitamin C yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas, sehingga bumil tak akan mudah jatuh sakit.

Baca Juga  Janin Tidak Berkembang, Mengapa Bisa Terjadi?

8. Mencegah Stres

Stres adalah kondisi yang rentan bumil alami karena perubahan hormon tubuh. Ternyata, mengonsumsi buah pisang secara rutin berperan untuk mencegah stres, melindungi sel neuron, hingga menurunkan risiko gangguan neurodegeneratif. Dengan begitu, ibu bisa lebih mengontrol pikiran agar tidak stres.

9. Menjaga Tekanan Darah

Manfaat pisang untuk ibu hamil selanjutnya adalah menjaga tekanan darah agar tetap normal. Sebab, pisang mengandung potasium yang berperan untuk menyeimbangkan tekanan darah dalam tubuh. Dengan begitu, ibu bisa terhindar dari penyakit ginjal, risiko bayi lahir dengan berat badan rendah, hingga mengalami stres.

Tips Konsumsi Pisang bagi Ibu Hamil

Setelah mengetahui beberapa manfaat pisang untuk bumil, ibu juga perlu memahami tips konsumsinya agar aman. Untuk memastikannya, ibu dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar tahu takaran yang tepat saat makan pisang.

Selain itu, pisang sendiri bisa diolah menjadi sejumlah menu, seperti banana oatmeal, smoothie, maupun menyantapnya secara langsung. Tak hanya itu, ibu juga perlu menyeimbangkannya dengan minum air putih yang cukup dan mengonsumsi makanan bergizi lainnya.

Penutup

Demikian beberapa informasi seputar manfaat pisang untuk ibu hamil. Dengan mengetahui informasi di atas, kini ibu lebih paham bahwa buah pisang juga baik untuk kesehatan ibu dan janin dalam kandungannya. 

Di samping itu, agar kesehatan lebih terjaga, ibu juga bisa melakukan olahraga khusus bumil, meditasi, hingga relaksasi. Dengan begitu, ibu pun bisa meningkatkan kemungkinan bayi lahir normal. Nah, untuk mengetahui informasi lain seputar kehamilan, cek situs New Life sekarang juga!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?