fbpx

7 Rekomendasi Makanan Ibu Hamil agar Bayi Berkulit Putih

7 Rekomendasi Makanan Ibu Hamil agar Bayi Berkulit Putih

Beberapa orang tua, termasuk calon ibu, tentu berharap bayi mereka lahir dengan kulit yang bersih dan sehat. Meskipun warna kulit sepenuhnya tergantung pada faktor genetik, tak dapat dipungkiri bahwa banyak ibu berharap bayi mereka memiliki kulit cerah dan bersih. Untuk membantu mewujudkannya, mengonsumsi makanan ibu hamil agar bayi berkulit putih dapat menjadi alternatifnya.

Lantas, apa saja rekomendasi makanan ibu hamil agar bayi berkulit putih? Yuk, simak selengkapnya di artikel ini!

Faktor Penentu Warna Kulit Bayi

Sebelum membahas lebih lanjut seputar rekomendasi makanan ibu hamil untuk membantu mencerahkan kulit bayi, sebaiknya cari tahu dulu faktor-faktor penentu warna kulit pada bayi. Pada dasarnya, warna kulit buah hati bergantung pada gen atau faktor keturunan. Pasalnya, genetik membantu menentukan kadar melanin (pigmen penentu warna kulit) pada bayi.

Nah, apabila kadar melaninnya tinggi, maka kulit bayi pun juga semakin gelap. Di samping itu, melanin sendiri berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet yang menyebabkan kulit terbakar. Sementara itu, pada bayi baru lahir dengan warna kulit merah muda, hal ini terjadi karena adanya pembuluh darah merah yang tampak di kulit tipis si kecil.

Sementara itu, penelitian yang menyinggung mengenai makanan yang bisa membuat kulit bayi putih cenderung terbatas. Meski begitu, ibu yang mengonsumsi beberapa jenis makanan dengan nutrisi tertentu dapat membantu menjaga kesehatan kulit bayi.

Makanan Ibu Hamil Agar Bayi Berkulit Putih

Seperti penjelasan sebelumnya, beberapa jenis makanan bisa membantu menjaga kesehatan dan mencerahkan kulit ibu maupun bayi dalam kandungannya. Adapun beberapa jenis makanan ibu hamil agar bayi berkulit putih, antara lain yaitu.

1. Ikan Berlemak Laut Dalam

Salah satu jenis makanan ibu hamil agar bayi berkulit putih adalah ikan berlemak yang terdapat di laut dalam. Sebab, ikan tersebut mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk menunjang kesehatan kulit. Misalnya adalah ikan salmon, sarden, dan tuna. Di sisi lain, asam lemak omega 3 juga berperan dalam meningkatkan elastisitas kulit.

Baca Juga  10 Program Hamil Alami yang Tepat dan Aman Dilakukan, Catat!

2. Ceri dan Beri

makanan ibu hamil agar bayi berkulit putih

Buah ceri dan beri juga tergolong sebagai makanan ibu hamil yang bisa menunjang kesehatan kulit bayi. Pasalnya, buah-buahan ini kaya akan kandungan antioksidan, vitamin C, serat, hingga karbohidrat yang baik bagi kesehatan kulit bayi, melindungi kulit dari dampak radikal bebas, hingga mencegah tanda-tanda penuaan dini.

3. Jeruk

makanan ibu hamil agar bayi berkulit putih

Jeruk juga termasuk sebagai salah satu makanan ibu hamil agar bayi memiliki kulit putih. Pasalnya, buah berwarna oranye ini mengandung vitamin C dan asam folat yang berperan dalam menjaga kulit agar tetap terhidrasi. Selain itu, konsumsi vitamin C yang cukup juga membantu mendukung pertumbuhan janin dalam kandungan.

4. Tomat

makanan ibu hamil agar bayi berkulit putih

Jenis makanan ibu hamil agar bayi berkulit putih berikutnya adalah tomat. Makanan ini mengandung beberapa jenis nutrisi, seperti antioksidan yang berasal dari likopen. Nah, nutrisi tersebut bisa membantu menjaga kulit dari dampak paparan sinar ultraviolet. Selain itu, likopen juga berperan dalam melawan radikal bebas penyebab penyakit.

5. Alpukat

makanan ibu hamil agar bayi berkulit putih

Alpukat tergolong sebagai buah yang kaya akan kandungan nutrisi, seperti kalium, serat, asam lemak tak jenuh, vitamin C, K, serta E. Dengan berbagai nutrisi tersebut, kadar kolagen dalam tubuh bisa meningkat dan mengurangi peradangan pada kulit. Bukan hanya itu, alpukat juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh ibu, seperti membantu mengurangi rasa kram pada kaki selama hamil.

6. Jambu Biji

makanan ibu hamil agar bayi berkulit putih

Buah yang bisa membantu membuat kulit bayi putih lainnya adalah jambu biji. Buah ini kaya akan kandungan vitamin E, C, polifenol, asam folat, karotenoid, hingga isoflavonoid. Dengan berbagai kandungan tersebut, buah satu ini bisa membantu memberikan warna kulit yang cerah pada bayi selama dalam kandungan. Di sisi lain, jambu biji juga baik bagi sistem pencernaan serta membantu merelaksasi otot.

Baca Juga  6 Manfaat Olahraga Malam Hari dan Risikonya, Yuk Waspada!

7. Anggur

makanan ibu hamil agar bayi berkulit putih

Makanan ibu hamil untuk membantu mencerahkan kulit bayi dalam kandungan lainnya adalah anggur. Buah satu ini mengandung zat AHA atau Alpha Hydroxy Acid yang berperan dalam mencerahkan kulit. Selain itu, anggur juga bermanfaat bagi kesehatan bumil, seperti meredakan kram selama hamil, mengurangi risiko sembelit, hingga pembengkakan.

Di sisi lain, buah anggur juga berperan dalam mendukung tumbuh kembang bayi dan merangsang pembentukan tulang serta giginya. Untuk memperoleh manfaat tersebut, bumil dapat mengonsumsi sekitar 60 ml jus anggur sebanyak dua kali per hari.

Penutup

Demikian beberapa informasi seputar makanan ibu hamil agar bayi berkulit putih. Pada dasarnya, konsumsi makanan tersebut hanya mampu mendukung kesehatan kulit dan kecerahannya. Di sisi lain, kulit putih bayi lebih banyak bersumber dari faktor genetik. Meski begitu, asupan makanan sehat hingga bayi lahir, sampai tumbuh dewasa akan membantu menjaga kulitnya agar tetap sehat dan cerah. Nah, untuk memperoleh informasi lain seputar kehamilan, mari kunjungi situs New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?