fbpx

9 Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil dan Tips Melakukannya

9 Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil dan Tips Melakukannya

Menjaga kehamilan bukan berarti membuatmu tak dapat bergerak. Sebaliknya, kamu justru perlu lebih aktif bergerak agar kondisi tubuhmu dan bayi dalam kandungan tetap sehat. Salah satunya adalah jalan kaki. Manfaat jalan kaki untuk ibu hamil ternyata cukup banyak.

Salah satunya adalah membantu melancarkan sistem pencernaan. Pasalnya, saat hamil, kamu akan sering merasa mual dan muntah. Nah, dengan memperbanyak aktivitas jalan kaki, maka kondisi tersebut bisa dihindari.

Agar lebih paham tentang manfaat jalan kaki untuk ibu hamil lainnya, yuk simak artikel berikut!

Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil

Melakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki, ternyata bermanfaat bagi kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Itulah mengapa, ibu perlu menyempatkan diri untuk berjalan kaki setiap hari agar senantiasa aktif.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat jalan kaki untuk ibu hamil.

1. Menurunkan Risiko Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional adalah jenis penyakit yang bisa timbul pada masa kehamilan dan ditandai dengan naiknya gula darah. Risiko ini bisa meningkat apabila sebelum hamil kamu mengalami kelebihan berat badan.

Apabila kondisi gula darah tetap tinggi selama hamil, maka risiko kelahiran prematur dan obesitas akan semakin meningkat. Maka dari itu, untuk membantu mengendalikan gula darah dan mengurangi risiko diabetes gestasional, kamu bisa berjalan kaki setiap hari.

2. Mengurangi Varises

Manfaat jalan kaki untuk ibu hamil berikutnya adalah membantu mengurangi varises atau pembengkakan pembuluh vena. Kondisi ini kerap terjadi pada ibu hamil dan sering menyerang area kaki, khususnya betis.

Varises ini umumnya terasa perih dan bisa memburuk pada sore, hingga malam hari. Maka dari itu, dengan rutin berjalan kaki, kamu bisa mengurangi pembengkakan akibat varises.

Baca Juga  9 Produk Perawatan Bayi Baru Lahir yang Aman, Yuk Catat!

3. Menurunkan Risiko Preeklamsia

Manfaat jalan kaki untuk ibu hamil selanjutnya adalah membantu menurunkan risiko preeklamsia atau komplikasi karena tekanan darah tinggi. Kondisi ini dapat terjadi meskipun kamu tidak mempunyai riwayat hipertensi.

Menurut Cureus Journal, preeklamsia sendiri adalah kondisi yang berbahaya bagi ibu hamil, karena meningkatkan risiko kematian saat melahirkan. Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, ibu bisa melakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki agar berat badan tetap terjaga dan menurunkan kolesterol.

4. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat jalan kaki untuk bumil lainnya adalah membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Pasalnya, jalan kaki tergolong sebagai olahraga kardio yang bermanfaat untuk mengurangi rasa mual, muntah, sembelit, hingga diare.

Di samping itu, kondisi pencernaan yang sehat juga akan membantu tubuh dalam menyerap nutrisi dan mengubah makanan menjadi energi.

5. Bayi Lahir dengan Berat Badan Normal

Manfaat jalan kaki untuk ibu hamil selanjutnya adalah memungkinkan bayi lahir dengan berat badan normal. Pasalnya, selama rajin menjaga aktivitas fisik, kamu tak hanya mengendalikan berat badan sendiri, tetapi juga bayi dalam kandungan.

Maka dari itu, selama rajin berjalan kaki, kamu bisa melahirkan bayi dengan indeks berat badan ideal dan sensitivitas insulin lebih baik, sehingga risiko diabetes di masa depan dapat menurun.

6. Memudahkan Proses Persalinan

Manfaat jalan kaki untuk ibu hamil lainnya adalah memudahkan proses persalinan. Sebab, olahraga ini dapat berperan dalam menguatkan otot pinggul, paha, dan betis, sehingga bisa melancarkan proses persalinan normal.

Dengan begitu, ibu tak perlu khawatir akan terjadinya kontraksi yang lama atau kesulitan mengejan saat mendorong bayi keluar.

7. Mencegah Stres

Stres adalah masalah kesehatan mental yang kerap terjadi pada ibu hamil. Nah, saat kamu berjalan kaki secara rutin setiap hari, maka hormon endorfin dalam tubuh bisa meningkat. Hormon tersebut berperan dalam memperbaiki suasana hati, sehingga membuatmu merasa lebih nyaman dan kualitas tidur tetap terjaga.

Baca Juga  Arti Mimpi Menggendong Bayi: Mimpi Tentang Bayi

8. Meningkatkan Kebugaran

Menjaga kebugaran selama masa kehamilan adalah hal penting. Kondisi ini bisa diwujudkan dengan melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki. Aktivitas tersebut berperan dalam meningkatkan kesehatan otot dan jantung.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengendalikan kenaikan berat badan agar tetap sehat, sehingga risiko komplikasi dapat menurun.

9. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat jalan kaki untuk ibu hamil yang terakhir adalah meningkatkan kualitas tidur. Hal ini juga berdampak dalam meredakan rasa cemas atau depresi saat hamil. Kondisi ini dipicu oleh meningkatnya produksi endorfin, sehingga suasana hati lebih baik dan berperan dalam meredakan nyeri tubuh.

Di samping itu, kualitas tidur yang tetap terjaga juga akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta memperbaiki jaringan sel tubuh. Dengan begitu, kamu bisa mewujudkan kehamilan yang sehat.

Tips Aman Jalan Kaki saat Hamil

Setelah mengetahui sejumlah manfaat jalan kaki untuk bumil, kamu juga perlu memahami tips melakukannya dengan aman. Nah, berikut ini adalah beberapa tips aman jalan kaki saat hamil.

  • Berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum melakukan aktivitas jalan kaki.
  • Berjalan kaki secara perlahan, seperti selama 15 menit setiap 3 kali per minggu. Apabila sudah terbiasa, intensitasnya bisa ditambah,
  • Menghindari kelelahan dan ngos-ngosan. Apabila hal ini terjadi, segera beristirahat.
  • Menggunakan sandal atau sepatu yang nyaman.
  • Apabila tidak memiliki waktu yang cukup, cobalah berjalan kaki di sela-sela aktivitas.

Penutup

Nah, itulah sederet informasi seputar manfaat jalan kaki untuk ibu hamil dan tips melakukannya dengan aman. Selama kamu rutin jalan kaki setiap hari, maka kondisi kesehatanmu dan sang buah hati bisa tetap terjaga.

Untuk itu, yuk selalu jaga kesehatan selama masa kehamilan! Jika ingin memperoleh informasi seputar kehamilan, baca artikelnya di blog New Life!

Baca Juga  Bolehkah Ibu Menyusui Minum Air Es? Ini Fakta Lengkapnya
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?