fbpx

7 Bahaya Olahraga Malam yang Perlu Disadari, Catat Tipsnya!

7 Bahaya Olahraga Malam yang Perlu Disadari, Catat Tipsnya!

Beberapa orang yang sibuk saat pagi sampai sore hari mungkin akan memilih untuk berolahraga di malam hari. Apabila rajin melakukannya, hal ini juga bisa menjadi kebiasaan hidup. Namun, meskipun bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, kamu juga perlu memperhatikan beberapa bahaya olahraga malam.

Pasalnya, olahraga malam yang kamu lakukan di waktu tidak tepat atau terlalu berlebihan justru bisa menyebabkan gangguan tidur. Nah, jika ingin mengetahui informasi lebih jauh seputar bahaya olahraga malam, yuk simak selengkapnya dalam artikel berikut!

Bahaya Olahraga Malam

Olahraga adalah aktivitas yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh maupun mental. Akan tetapi, menjalani olahraga di malam hari dengan cara kurang tepat justru bisa menimbulkan risiko, lho.

Adapun beberapa risiko olahraga malam adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Risiko Gangguan Kesehatan

Salah satu bahaya olahraga malam adalah berisiko meningkatkan gangguan kesehatan. Apabila kamu memiliki riwayat gangguan tidur dan terbiasa melakukan olahraga malam, hal itu bisa memicu timbulnya gangguan kesehatan lainnya. Di samping itu, tidak adanya kegiatan yang mesti kamu lakukan usai olahraga juga bisa membuat proses pembakaran kalori berlangsung kurang efektif di pagi maupun sore hari.

Bukan hanya itu, ketika kamu merasa lelah setelah beraktivitas seharian penuh, memaksakan diri untuk olahraga justru dapat membahayakan kesehatan. Misalnya adalah memicu kenaikan tekanan darah atau menimbulkan gangguan kesehatan jantung. Itulah sebabnya, kamu tak perlu memaksakan diri untuk berolahraga ketika sudah lelah.

2. Menyebabkan Gangguan Tidur

Bahaya olahraga malam lainnya adalah menyebabkan gangguan tidur. Sebab, berolahraga saat malam bisa memicu peningkatan metabolisme tubuh yang membuat organ dalam tetap bekerja. Kondisi tersebut bisa membuatmu kesulitan tidur.

Terlebih lagi jika kamu melakukan olahraga mendekati waktu tidur. Itulah sebabnya, jika ingin berolahraga di malam hari, pastikan kamu melakukannya maksimal satu jam sebelum tidur. Di samping itu, pilih jenis olahraga yang ringan maupun sedang dan sempatkan waktu untuk melakukan pendinginan di akhir latihan.

Baca Juga  8 Tips Mengatasi Bayi Sungsang dan Cara Mencegahnya, Catat!

3. Sulit Konsisten

Risiko olahraga malam selanjutnya adalah kamu akan lebih sulit untuk konsisten. Sebab, sepulang kerja, kamu mungkin saja memiliki acara keluarga atau berkumpul dengan teman. Hal itu tentu akan membuatmu membatalkan jadwal olahraga dalam satu hari. Di sisi lain, kamu juga tidak bisa berhalangan hadir begitu saja tanpa alasan genting. Itulah sebabnya, berolahraga saat malam berisiko membuatmu mengalami gangguan untuk disiplin.

4. Mengurangi Variasi Jenis Olahraga

Bahaya olahraga malam yang bisa kamu rasakan lainnya adalah kurangnya variasi jenis latihan fisik. Biasanya, orang yang berolahraga di malam hari cenderung memilih aktivitas di dalam ruangan, seperti yoga. Di sisi lain, beberapa jenis olahraga perlu dilakukan di luar rumah, seperti bersepeda, sepak bola, berenang, golf, tenis, dan lainnya. Hal ini tentunya membuatmu hanya bisa melakukan beberapa jenis olahraga saja.

5. Kurang Instruksi Pelatih

Bahaya olahraga malam selanjutnya adalah kurangnya instruksi dari pelatih. Padahal, keberadaan instruktur atau pelatih selama menjalani olahraga adalah hal penting, lho. Terlebih lagi ketika kamu melakukan olahraga yang sulit atau membutuhkan gerakan khusus, seperti latihan kekuatan atau angkat beban. Sayangnya, saat malam, bisa saja para pelatih sudah berada di luar jam kerjanya, sehingga bisa membuatmu sulit untuk menemukan instruktur saat latihan di malam hari.

6. Sudah Kehabisan Energi

Risiko olahraga malam berikutnya adalah kamu mungkin sudah kehabisan energi. Sebab, usai menjalani rutinitas sehari-hari, malam bisa menjadi waktu yang paling tepat untuk beristirahat, karena energi telah terkuras sepanjang hari.

Maka dari itu, banyak orang yang merasa tidak sanggup untuk melakukan olahraga di malam hari. Selain telah kehabisan energi, biasanya hal itu juga menyebabkan tidak fokus dan kurang patuh terhadap jadwal olahraga.

Baca Juga  Mengenal Metode Operasi ERACS, Prosedur, dan Kelebihannya

7. Kesempatan Bersosialisasi Berkurang

Bahaya berolahraga di malam hari yang terakhir adalah kesempatan bersosialisasi menjadi berkurang. Padahal, malam bisa menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga maupun teman.

Namun, waktu tersebut bisa saja tertunda saat kamu mesti fokus berolahraga demi menjaga kebugaran tubuh. Alhasil, kesempatan untuk bercengkrama bersama orang lain pun hilang. Terlebih lagi, sosialisasi juga penting untuk membantu menjaga kesehatan mental, lho.

Tips Olahraga Malam yang Aman

Berolahraga di malam hari umumnya bukan suatu larangan. Tetapi, kamu perlu memperhatikan sejumlah tipsnya agar latihan fisikmu lebih optimal.

Adapun beberapa tips olahraga malam yang aman adalah sebagai berikut:

  • Kamu perlu melambatkan ritme daripada biasanya. Hal ini bertujuan untuk mengatur pernapasan, detak jantung, hingga menjaga tingkat kenormalan hormon tubuh.
  • Melakukan olahraga sesuai kapasitas tubuh dan tidak berlebihan. Sebab, jika tidak sesuai, hal itu bisa menyebabkan penimbunan asam laktat, sulit tidur, hingga menyebabkan badan pegal-pegal.
  • Mengatur waktu olahraga yang tepat, minimal 3-4 jam sebelum tidur agar tidak mengganggu pola istirahat di malam hari.
  • .Melakukan pemanasan dan pendinginan untuk melancarkan peredaran darah serta memaksimalkan manfaat olahraga.
  • Mencukupi kebutuhan air putih selama berolahraga. Hal ini bertujuan untuk mempercepat suhu tubuh agar segera kembali normal.

Selain beberapa tips di atas, pastikan kamu melakukan olahraga yang aman dan tidak berlebihan. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan, misalnya adalah jalan kaki, yoga, hingga latihan pernapasan.

Penutup

Demikian penjelasan seputar bahaya olahraga malam yang perlu kamu waspadai dan tips agar tetap aman. Pada dasarnya, berolahraga di malam hari tetap boleh selama kamu memperhatikan waktunya dan tidak melakukannya secara berlebihan. Sebab, jika keliru, hal itu bisa membuatmu kesulitan tidur. Nah, untuk mengetahui informasi tentang kesehatan lainnya, langsung saja yuk kunjungi situs New Life!

Baca Juga  Ini Cara Mengatasi Bengkak pada Paha Bayi Setelah Imunisasi
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?