fbpx

8 Rekomendasi Makanan Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi, Catat!

8 Rekomendasi Makanan Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi, Catat!

Kehamilan adalah periode penting dalam kehidupan seorang wanita di mana asupan nutrisi yang tepat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin dengan optimal. Khususnya pada trimester pertama kehamilan, periode yang memerlukan perhatian khusus karena kesehatan ibu dan janin harus terjaga dengan baik. Mulai dari pilihan makanan ibu hamil, aktivitas fisik, hingga pola istirahat harus dipertimbangkan dengan cermat.

Penting untuk memilih asupan makanan dengan bijak. Oleh karena itu, pastikan bahwa makanan ibu hamil yang dikonsumsi sudah tepat. Dengan demikian, apa saja jenis makanan yang dapat mendukung kesehatan ibu hamil? Simak artikel di bawah ini, ya!

Rekomendasi Makanan Ibu Hamil

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ibu hamil membutuhkan pola makan bergizi untuk mendukung gizi tubuh serta janin dalam kandungannya. Nah, di bawah ini adalah beberapa rekomendasi makanan ibu hamil yang aman dikonsumsi.

1. Sayuran Hijau

makanan ibu hamil

Salah satu rekomendasi makanan ibu hamil adalah sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, dan kangkung. Makanan tersebut adalah salah satu sumber asam folat, zat besi, dan serat. Asam folat dan zat besi yang terkandung dalam sayuran hijau berperan untuk mencegah anemia dan menurunkan risiko komplikasi kehamilan. Selain itu, serat yang terkandung dalam sayuran hijau juga baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan sekaligus mencegah sembelit.

2. Buah-buahan Segar

makanan ibu hamil

Buah-buahan seperti jeruk, apel, dan pisang juga termasuk sebagai salah satu daftar makanan untuk ibu hamil. Sebab, buah-buahan mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan serat. Nutrisi tersebut berfungsi untuk membantu meningkantan sistem kekebalan tubuh, menjaga pencernaan, hingga mendukung tumbuh kembang janin.

3. Makanan Berprotein

makanan ibu hamil

Makanan berprotein juga aman dikonsumsi oleh bumil, karena berperan dalam membantu menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan kesehatan tulang, hingga menghindari risiko kelahiran prematur. Adapun beberapa contoh makanan berprotein, yaitu produk susu rendah lemak, ikan, telur, kacang-kacangan, hingga daging tanpa lemak.

Baca Juga  Apa Itu Baby Blues? Fakta yang Perlu Diketahui!

4. Biji-bijian

makanan ibu hamil

Biji-bijian adalah salah satu sumber serat yang penting untuk kebutuhan bumil. Tak hanya itu, biji-bijian juga bisa menjadi sumber energi bagi bumil, sehingga membantu mengatasi rasa lelah. Adapun beberapa jenis biji-bijian yang aman dikonsumsi adalah biji bunga matahari, flaxseed, biji wijen, hingga beras merah.

5. Olahan Susu Rendah Lemak

makanan ibu hamil

Jenis makanan ibu hamil yang aman dikonsumsi lainnya adalah olahan susu rendah lemak, seperti susu, yoghurt, dan keju. Makanan satu ini kaya akan kandungan kalsium, protein, zat besi, vitamin, hingga asam folat yang membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu maupun janin dalam kandunga.

6. Daging Rendah Lemak

makanan ibu hamil

Daging rendah lemak, seperti daging merah dan ayam juga bisa menjadi makanan ibu hamil yang aman. Sebab, makanan tersebut mengandung sejumlah nutrisi baik, misalnya zat besi, kolin, dan vitamin B. Namun, sebaiknya ibu mengonsumsinya dalam kadar yang cukup dan mengimbanginya dengan konsumsi makanan bergizi lainnya.

7. Ikan

makanan ibu hamil

Rekomendasi makanan ibu hamil lainnya adalah ikan, seperti salmon, sarden, maupun tuna. Sebab, beberapa jenis ikan tersebut mengandung asam lemak omega-3 yang membantu mencegah risiko kardiometabolik, depresi, hingga preeklamsia. Selain itu, asam lemak omega-3 juga berfungsi dalam meningkatkan tumbuh kembang janin.

Namun, sebaiknya Bunda mengolahnya sampai matang sempurna agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Tak hanya itu, hindari konsumsi ikan yang tinggi kandungan merkuri, karena dapat membahayakan kandungan.

8. Suplemen Vitamin dan Mineral

makanan ibu hamil

Selain berbagai makanan di atas, bumil juga bisa melengkapi nutrisi dalam tubuh dengan mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral. Namun, agar lebih aman, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu pada dokter kandungan terkait suplemen yang tepat agar tidak menimbulkan efek samping. 

Baca Juga  Penyebab Air Ketuban Merembes, Tanda dan Cara Mengatasinya

Kapan Harus ke Dokter?

makanan ibu hamil

Berkonsultasi ke dokter kandungan maupun ahli gizi adalah hal penting selama masa kehamilan untuk membantu Bunda dalam merencanakan nutrisi yang tepat bagi kesehatan diri sendiri serta sang buah hati. Selain itu, konsultasi ke dokter juga bisa ibu lakukan apabila menemukan beberapa keluhan selama masa kehamilan agar bisa lekas memperoleh penanganan.

Penutup

Itulah beberapa daftar rekomendasi makanan ibu hamil yang baik sebagai investasi dalam kesehatan dan perkembangan janin. Dengan memasukkan berbagai nutrisi penting dalam perencanaan kehamilan, ibu hamil dapat memastikan bahwa janin mendapatkan nutrisi yang tepat untuk tumbuh kembangnya. Namun, jika Bunda masih bingung dengan tips kehamilan lainnya, yuk kunjungi web New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?