fbpx

Perbedaan Haid dan Hamil Muda Yang Perlu Diketahui

Tanda hamil muda dan haid cukup mirip sehingga seringkali sulit dibedakan oleh pasangan suami istri. Beberapa gejala yang dialami saat hamil muda, mungkin juga dialami ketika sedang haid. Oleh karena itu, terkadang ibu tidak sadar telah mengandung buah hati. Kondisi ini dapat terjadi karena keduanya mengalami proses yang sama dan terdapat peran hormone progesterone di dalamnya. 

Perbedaan Haid dan Hamil Muda

Haid dan hamil muda memiliki beberapa gejala yang mirip. Meski begitu, terdapat perbedaan di antara keduanya. Untuk mengetahui perbedaan haid dan hamil muda, berikutbeberapa hal yang dapat ibu perhatikan.

1. Bercak Darah

Flek atau bercak darah biasanya sering muncul sebagai tanda awal masa menstruasi. Bercaknya biasa berwarna kecoklatan dan dapat berlangsung hingga satu minggu.

Sedangkan pada ibu hamil, bercak darah berwarna merah muda, kekuningan, atau juga coklat tua. Bercak pada ibu hamil menandakan bahwa usia kehamilan ibu sudah masuk 7 sampai 10 hari. Ibu hamil akan mengeluarkan bercak darah selama kurang lebih 2 hari dan juga darahnya hanya sedikit saja.

2. Kram Perut

Perbedaan haid dan hamil muda selanjutnya adalah kram perut. Rata-rata wanita merasakan kram perut ketika haid dan juga hamil muda. Namun, bedanya adalah kram perut ketika hamil akan cenderung terpusat pada satu sisi, yaitu di bawah perut atau punggung bawah. Kram perut yang dirasakan saat hamil berlangsung selama beberapa minggu sampai dengan bebeerapa bulan.

3. Nafsu Makan

Saat haid maupun hamil muda, wanita akan merasakan nafsu makannya bertambah. Biasanya pada ibu hamil, stilah yang digunakan adalah ngidam. Perbedaan antara ngidam dan nafsu makan meningkat saat haid adalah pada indra penciuman dan perasa. Ibu hamil akan lebih sensitif indra penciuman dan perasanya. Oleh karena itu, ibu hamil mungkin tidak menyukai bau atau rasa teertentu dan berakhir mual.

Baca Juga  7 Rekomendasi Stroller Bayi Kembar Terbaik, Yuk Cari Tahu!

4. Nyeri Payudara

Sebelum menstruasi, biasanya payudara akan terasa nyeri. Rasa nyeri ini berbeda-beda mulai dari yang ringan hingga sangat sakit. Biasanya rasa sakit akan berkurang pada hari pertama haid. Sedangkan nyeri payudara saat hamil akan menimbulkan rasa seperti tertusuk. Rasa nnyeri ini juga akan semakin meningkat. Payudara menjadi lebih sensitif dan terlihat berisi. Biasanya rasa nyerinya akan hilang setelah ibu melahirkan.

5. Mood Berubah-Ubah

Perbedaan haid dan hamil muda yang terakhir akan kita bahas adalah mood yang berubah-ubah. Mood yang berubah-ubah atau mood swing saat haid biasanya berlangsung sebentar dan terjadi sebelum haid. Sedangkan ketika hamil, mood swing akan berlangsung lebih lama dan akan mereda ketika ibu telah melahirkan.

Cara Memastikan Kehamilan

Jika ibu merasa mengalami gejala-gejala hamil muda ataupun masih bingung apakah yang ibu rasakan termasuk gejala hamil muda, maka ibu dapat memastikannya dengan beberapa cara. Berikut 3 cara memastikan kehamilan.

1. Menggunakan test pack

Alat ini sangat amat umum didengar sebagai alat untuk memeriksa kehamilan dan bisa dilakukan dirumah. Penggunaannya cukup dengan cara mencampur sedikit urine ke alat tersebut dan jika muncul garis 2, maka itu menunjukan bahwa ibu positif hamil. Penggunaan test pack disarankan untuk dilakukan setelah 10 hari terlambat menstruasi.

2. Tes darah

Jika ingin memastikan kehamilan dengan cara ini, ibu perlu pergi ke rumah sakit karena cara ini hanya bisa dilakukan di rumah sakit. Tes darah berfungsi sebagai pemeriksaan seberapa banyak hormon hCG di dalam tubuh ibu. 

3. Melakukan USG

Cara lainnya adalah dengan melakukan pemeriksaan USG. Pada awalnya tim medis akan melihat apakah di dalam rahim terdapat kantung janin atau tidak. Lalu setelah itu, akan diperiksa ada atau tidaknya detak jantung  janin.

Baca Juga  8 Kebiasaan yang Membuat Berat Badan Naik, Kurang Tidur!

Itu dia perbedaan haid dan hamil muda. Ibu yang mengalami tanda-tanda tersebut atau merasa sepertinya sedang hamil, maka dapat melakukan tes untuk memastikan apakah ada janin di dalam perut ibu atau tidak.

Jangan lewatkan kesempatan untuk memperoleh informasi berharga seputar kehamilan lainnya hanya di New Life.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?