fbpx

Apakah Aman Memakai Korset Saat Tidur?

Apakah Aman Memakai Korset Saat Tidur?

Beberapa orang percaya bahwa memakai korset saat tidur punya kasiat seperti bisa membuat tubuh terlihat lebih ramping. Manfaat ini bisa terjadi karena adanya tekanan yang diberikan oleh korset. Namun penggunaan korset pelangsing harus dilakukan sesuai dengan benar agar mendapatkan hasil yang baik. Agar tidak salah cara pemakaiannya, moms dapat menyimak penjelasannya di bawah ini ya! 

Manfaat Memakai Korset 

Seseorang yang memakai korset ini biasanya diakibatkan karena mereka ingin menghilangkan masalah perut buncit atau bergelambir, mengecilkan pinggang serta pinggul. Selain untuk ada juga yang dikarenakan untuk memperbaiki kesehatan tubuh, seperti yang dialami oleh penderita patah tulang atau osteoporosis. Karena dengan menggunakan korset bisa membantu menopang tulang dan pinggang serta dapat memperbaiki postur tubuh yang bungkuk.

Selain itu, para atlet kerap menggunakan korset untuk melindungi dada hingga perut saat beraktivitas olahraga supaya terlindung dari benturan yang cukup keras. Berikut ini merupakan manfaat memakai korset secara lebih detail:

Meratakan Perut 

Manfaat korset yang pertama yaitu bisa meratakan perut. Cara korset bekerja yaitu memberikan tekanan pada perut buncit sehingga lemak perlahan hancur dan perut menjadi rata. Lemak yang dihancurkan juga akan berdampak pada hilangnya gelambir yang terjadi ketika sedang duduk. Dengan pemakaian rutin minimal 6 -8 jam bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Membentuk Pinggang Kencang

Mengenakan korset dapat membuat pinggang lebih kencang dan pinggul yang berlekuk. Ada juga klaim yang menyatakan bahwa penggunaan dalam durasi  panjang  bisa melatih tubuh untuk mempertahankan bentuk tubuh tersebut. Namun pada kenyataannya dokter dan organisasi medis membantah klaim ini karena percaya bahwa korset tidak memiliki efek jangka panjang pada pembentukan tubuh.  

Baca Juga  Peralatan Bayi Baru Lahir yang Anti Mubazir, Catat!

Tapi terdapat beberapa kasus menunjukkan bahwa mengenakan korset sebelum tidur dapat berdampak signifikan pada upaya “membentuk” tubuh yang lebih ideal. Seperti mengurangi ukuran lingkar pinggang, meratakan perut  dan mengurangi lemak di pinggang. 

Efektif Bagi Ibu Pasca Melahirkan

Menggunakan korset setelah melahirkan sangat banyak dilakukan oleh masyarakat dan terbukti ampuh untuk mengembalikan bentuk perut ibu secara perlahan-lahan seperti waktu sebelum hamil, tetapi perlu diperhatikan untuk pengunaan korset bagi ibu yang baru saja melahirkan dikarenakan tidak semua korset yang bisa membantu penyembuhan luka pasca operasi. Korset New Life 3 Band adalah salah satu korset yang bisa digunakan langsung oleh ibu yang baru saja melahirkan baik caesar maupun normal dan sudah terbukti aman dan nyaman digunakan.

Memperbaiki Postur Tubuh

Manfaat lain dari penggunaan korset adalah untuk memperbaiki postur tubuh yang bungkuk. Posisi duduk sangat menentukan image dan kesan saat bertemu seseorang, jadi gak hanya karena masalah kesehatan. Jika lebih memperhatikan acara TV, seperti pembawa acara talk show dan bintang tamu, mereka memiliki posisi duduk yang baik. Nah, dengan menggunakan korset bisa melatih dan membentuk posisi tubuh tegap sehingga meskipun saat tidak memakai korset, hal tersebut menjadi kebiasaan penggunanya untuk tetap dalam postur tubuh yang baik. 

Mengurangi Berat Badan

Mengurangi berat badan bisa dilakukan 2 cara yaitu menjalani diet dan menggunakan korset. Korset dipercaya dapat membantu mempercepat proses penurunan berat badan. Tekanan korset kepada perut akan membuat pemakainya merasa lebih kenyang sehingga mengurangi nafsu makan. Namun untuk manfaat satu ini belum mendapat dukungan dari medis.

Risiko Memakai Korset Saat Tidur

Menggunakan korset dalam menjaga bentuk tubuh, bisa dilakukan setiap hari dengan tujuan untuk membantu menguatkan otot perut dan mencegah makan yang berlebihan. Namun penggunaan korset tidak boleh dilakukan sepanjang hari, sehingga bisa memberikan waktu bagi otot perut untuk beristirahat dan mencegah otot perut menjadi keram.

Baca Juga  Cara Mengatasi Pegal Saat Hamil Tanpa Obat

Selain itu, penggunaan korset saat tidur juga dapat menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan dan dapat menyebabkan GERD yang seringkali dapat kambuh saat  berbaring apalagi ketika mengikuti pola makan yang buruk, seperti minum minuman asam, makanan pedas, berlemak jenuh, alkohol dan kafein.

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan korset ketika sedang beraktivitas saja dengan minimal pemakaian 6-8 jam. Sehingga bisa memberikan waktu bagi perut untuk beristirahat dan bisa melakukan regenerasi sel saat tidur, untuk mencegah beberapa penyakit yang bisa kambuh tersebut.

Selain itu korset dapat menyebabkan gangguan pernafasan bagi pemakainya, dikarenakan korset menekan dada dan membatasi pengembangan dada ketika bernafas. Ini dapat mengurangi volume paru-paru hingga 30-60 persen. Akibatnya, tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen yang menyebabkan gangguan pernapasan. 

Jadi bolehkah memakai korset saat tidur? Untuk jawabannya, hal itu tidak disarankan karena dikhawatirkan bisa menyebabkan beberapa risiko pada penggunanya. Nah disamping menggunakan korset, agar tubuh tetap bugar setelah melahirkan, pastikan terus untuk makan makanan bergizi seimbang dan berolahraga secara teratur untuk mencapai tubuh ideal dengan lebih maksimal!

***

Korset New Life Telah Berdiri sejak 1990 dan Telah Membantu Ratusan Ribu Wanita Mendapatkan Kembali Kepercayaan Dirinya. Cari tahu lebih Lanjut Mengenai Korset New Life DISINI!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?