fbpx

8 Jenis Vitamin agar Cepat Hamil & Tips Memilihnya agar Aman

8 Jenis Vitamin agar Cepat Hamil & Tips Memilihnya agar Aman

Memiliki buah hati adalah impian setiap pasangan. Nah, untuk membantu mempercepat kehamilan, kamu bisa mengonsumsi sejumlah jenis vitamin. Adapun salah satu vitamin agar cepat hamil adalah vitamin B6.

Sebab, vitamin B6 berperan dalam menurunkan kadar homosistein dalam tubuh, sehingga bisa menjaga kesuburan wanita.

Nah, untuk mengetahui jenis vitamin yang bisa membantu mempercepat kehamilan lainnya, baca artikel ini sampai habis!

Jenis Vitamin agar Cepat Hamil

Mempunyai anak adalah keinginan setiap pasangan. Sayangnya, beberapa pasangan cenderung sulit atau lama dikaruniai anak. Hal ini bisa jadi karena masalah kesuburan atau gaya hidup yang diterapkan. Nah, untuk membantu mempercepat kehamilan, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah mengonsumsi vitamin dan mineral.

Berikut ini adalah beberapa jenis vitamin dan mineral untuk membantu mempercepat kehamilan.

1. Vitamin B6

Salah satu vitamin agar cepat hamil adalah vitamin B6. Vitamin ini berperan dalam menurunkan kadar homosistein dalam tubuh yang berkontribusi untuk menjaga kesuburan wanita. 

Pasalnya, kandungan homosistein yang tinggi dalam folikel ovarium berbahaya bagi kesuburan wanita dan meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung. Untuk itu, kamu perlu menjaga asupan vitamin B6, misalnya dengan mengonsumsi pisang, alpukat, ikan, hati sapi, sayuran hijau, dan daging ayam.

2. Vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi yang mengandung antioksidan tinggi, sehingga membantu menangkal radikal bebas dan mencegah penyakit. Nah, mengonsumsi vitamin C ternyata juga membantu meningkatkan jumlah serta motilitas sel sperma, dan mengurangi sperma yang rusak.

Tak hanya itu, vitamin ini juga berperan dalam memperkuat dinding pembuluh darah serta menurunkan risiko infeksi yang berbahaya bagi proses ovulasi. Asupan vitamin C sendiri bisa dipenuhi dari kentang, kacang polong, stroberi, jeruk, tomat, maupun mangga.

Baca Juga  Seluruh Informasi Seputar Program Kehamilan

3. Vitamin D

Jenis vitamin agar cepat hamil lainnya adalah vitamin D. Vitamin ini berperan dalam menyuburkan kandungan untuk program hamil, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan tulang.

Selain itu, wanita yang kekurangan vitamin D juga berisiko mengidap endometriosis dan menyebabkan sulit hamil. Di sisi lain, pria yang mengonsumsi vitamin D dalam jumlah cukup dapat meningkatkan produksi testosteron.

Adapun makanan yang mengandung vitamin D adalah sereal, hati sapi, susu, serta minyak ikan. Di samping itu, kamu juga bisa berjemur di bawah matahari pagi untuk memperoleh vitamin D.

4. Vitamin E

Vitamin E juga berperan dalam menjaga kesuburan wanita maupun pria, sehingga membantu melancarkan promil. Pasalnya, manfaat vitamin E cukup beragam, seperti membantu menebalkan dinding rahim, mengatasi sindrom ovarium polikistik, dan mencegah kerusakan sperma.

Selain melalui suplemen, kamu juga bisa memperoleh vitamin E dari beberapa jenis makanan, misalnya kacang almond, kacang tanah, alpukat, ubi jalar, dan sayuran hijau.

5. Zinc

Selain beberapa nutrisi di atas, seng atau zinc juga berperan dalam meningkatkan kesuburan pria, karena bisa membantu meningkatkan jumlah sel sperma dan kadar testosteron. Seng juga berperan dalam menjaga siklus ovulasi wanita agar teratur.

Adapun makanan yang mengandung zinc adalah kacang-kacangan, kerang, susu, gandung, telur, kentang, dark chocolate, serta udang.

6. Zat Besi

Jenis mineral yang bisa membantu mempercepat kehamilan selanjutnya adalah zat besi. Nutrisi ini berperan dalam mencegah terjadinya anovulasi atau kegagalan ovarium dalam melepaskan sel telur. 

Tak hanya itu, kekurangan zat besi juga bisa melemahkan sel telur yang disimpan dalam indung telur, hingga menurunkan kualitasnya. Di sisi lain, zat besi dalam tubuh yang menurun juga menimbulkan anemia yang mengganggu kesuburan wanita.

Baca Juga  5 Ciri-Ciri Korset Terbaik Pasca Melahirkan dan Manfaatnya

Untuk mencukupi kebutuhan zat besi, kamu bisa mengonsumsi udang, kacang polong, sayuran hijau, sereal gandum, maupun daging.

7. Kalsium

Kalsium juga termasuk nutrisi yang membantu mempercepat kehamilan, karena bisa memaksimalkan kinerja sistem reproduksi. Tak hanya itu, mengonsumsi kalsium juga dapat membantu menurunkan risiko hilangnya kepadatan tulang.

Di sisi lain, kekurangan kalsium juga bisa meningkatkan risiko hipertensi dan preeklamsia saat hamil. Itulah mengapa, kamu perlu menjaga asupan kalsium dengan mengonsumsi susu, yoghurt, keju, kacang almond, tahu, serta kacang kedelai.

8. Asam Folat

Jenis vitamin agar cepat hamil yang terakhir adalah asam folat atau vitamin B9. Pada dasarnya, asam folat bisa membantu memproduksi hemoglobin dalam tubuh yang menjadi kebutuhan saat hamil.

Selain untuk wanita, pria juga memerlukan asam folat yang cukup agar program hamil berjalan lancar. Pasalnya, asam folat yang cukup bisa membantu meningkatkan kualitas sperma. Adapun rekomendasi makanan yang mengandung asam folat adalah daging ayam, bayam, brokoli, telur, hingga buncis.

Tips Memilih Vitamin yang Baik untuk Mempercepat Kehamilan

Setelah mengetahui beberapa jenis vitamin yang bisa membantu mempercepat kehamilan, kamu juga perlu memahami tips memilihnya. Nah, untuk memilih vitamin, kamu perlu tahu penyebab masalah kesuburan terlebih dulu dengan cara berkonsultasi kepada dokter.

Dengan mengetahui masalah kesuburan, dokter akan memberikan saran dan penanganan yang tepat, sehingga kamu pun bisa melakukan perawatan pribadi. Selain menjaga asupan vitamin dan mineral, kamu juga perlu mengonsumsi makanan bergizi dan rajin berolahraga.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis vitamin agar cepat hamil dan tips memilihnya. Selain mengonsumsi vitamin, kamu juga dapat menjaga kesehatan tubuh dengan rajin berolahraga dan memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga  Bolehkah Ibu Hamil Makan Udang? Ini Penjelasannya!

Nah, jika ingin mengetahui tips kehamilan dan persalinan lainnya, temukan selengkapnya di blog New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?