fbpx

8 Penyebab Badan Gemuk & Cara Menurunkannya dengan Efektif

8 Penyebab Badan Gemuk & Cara Menurunkannya dengan Efektif

Memiliki badan ideal tentu adalah harapan bagi setiap orang. Akan tetapi, kebiasaan buruk yang kamu terapkan, tanpa disadari bisa menjadi salah satu penyebab badan gemuk, lho. Itulah sebabnya, memperhatikan gaya hidup sehari-hari penting untuk menjaga berat badan agar ideal dan mencegah risiko terjangkit penyakit.

Selain karena kebiasaan buruk, badan gemuk juga bisa saja terjadi karena faktor stres. Nah, agar lebih paham mengenai penyebab badan gemuk, yuk simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Penyebab Badan Gemuk

Badan gemuk ternyata bukan hanya dipengaruhi oleh pola makan buruk, lho. Tetapi juga terdapat penyebab lain yang bisa menimbulkan kenaikan berat badan. Adapun beberapa penyebab badan gemuk adalah sebagai berikut:

1. Faktor Stres

Salah satu penyebab badan gemuk adalah karena faktor stres. Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa kondisi, seperti tekanan pekerjaan atau masalah pribadi lainnya.

Banyak orang yang melampiaskan stres dengan cara memperbanyak asupan makanan. Bahkan, hal itu bisa membuat seseorang tidak sadar akan banyaknya makanan yang dikonsumsi saat sedang stres, sehingga berisiko meningkatkan kalori dalam tubuh.

2. Pertambahan Usia

Penyebab badan gemuk berikutnya adalah karena pertambahan usia. Sebab, seiring bertambahnya usia, massa otot akan mengalami penurunan. Padahal, pertambahan kalori lebih banyak berlangsung di dalam otot. Untuk itu, ketika massa otot menurun, maka kamu berisiko mengalami kenaikan berat badan akibat berkurangnya kadar kalori yang terbakar.

3. Penumpukan Cairan

Penyebab badan gemuk selanjutnya adalah karena penumpukan cairan atau bisa juga disebut dengan edema. Biasanya, kondisi ini kerap terjadi pada orang yang menderita beberapa jenis penyakit, seperti ginjal, hati, maupun jantung. Kondisi ini sering kali bersamaan dengan pembengkakan di beberapa area tubuh, seperti kaki, tangan, maupun perut.

Baca Juga  Catat, Ini Merek Vitamin C yang Aman untuk Ibu Hamil

4. Kurang Minum Air Putih

Minum air putih pada dasarnya adalah hal penting untuk membantu menjaga metabolisme tubuh. Selain itu, menjaga asupan air putih juga bisa membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, mendukung fungsi otak, kesehatan tulang, hingga berperan dalam menurunkan berat badan. Maka dari itu, dalam sehari, setiap orang sebaiknya mengonsumsi air putih minimal sebanyak 2 liter untuk membantu menjaga berat badan tetap ideal.

5. Mengonsumsi Makanan Rendah Protein

Penyebab kenaikan berat badan berikutnya juga bisa terjadi akibat asupan makanan rendah protein yang terlalu sering. Di sisi lain, kamu justru mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat terlalu banyak.

Hal itu bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Itulah sebabnya, kamu perlu mengonsumsi makanan rendah protein yang lebih banyak, seperti telur, ayam tanpa kulit, kacang, hingga daging tanpa lemak.

6. Kurang Tidur

Penyebab kenaikan berat badan selanjutnya adalah karena pola tidur yang tidak teratur. Hal ini bisa terjadi akibat adanya peningkatan hormon leptin di dalam tubuh. Nah, hormon tersebut berfungsi untuk mengendalikan nafsu makan serta menghasilkan rasa kenyang.

Akan tetapi, jika produksi hormon tersebut terlampau tinggi, justru dapat membuatmu terus merasa lapar. Di sisi lain, terlalu banyak tidur juga bisa menimbulkan kenaikan berat badan. Maka dari itu, kamu perlu mencukupi kebutuhan tidur setidaknya selama 7-9 jam per hari.

7. Melewatkan Olahraga

Penyebab kenaikan berat badan lainnya adalah karena kamu sering melewatkan olahraga. Padahal, berolahraga secara rutin bisa memberikan manfaat bagi tubuh, termasuk menurunkan berat badan dan membakar kalori. Di sisi lain, ketika kamu sering melewatkan waktu olahraga, maka metabolisme tubuh menjadi terganggu dan memicu penumpukan kalori.

Baca Juga  Perkembangan Yang Dialami Saat Janin Berusia 3 Bulan

8. Perubahan Hormon

Penyebab badan gemuk yang terakhir adalah akibat perubahan hormon tubuh, yakni estrogen. Hal ini bisa terjadi ketika sedang memasuki masa menopause yang membuat kadar hormon estrogen terus menurun.

Kondisi tersebut bisa menimbulkan kenaikan berat badan yang umumnya tampak di area perut serta pinggul. Selain itu, perubahan hormon juga dapat memengaruhi metabolisme tubuh, sehingga menjadi lebih lambat.

Cara Menurunkan Berat Badan

Setelah mengetahui beberapa penyebab badan gemuk, kamu juga perlu memahami cara menurunkan berat badan agar ideal. Pasalnya, berat badan berlebihan justru bisa menyebabkan timbulnya penyakit berbahaya. 

Berikut ini adalah beberapa cara menurunkan berat badan yang bisa kamu ikuti:

  • Mengonsumsi makanan secukupnya. Kamu bisa makan sebanyak 3 atau 5 kali per hari dengan tetap memperhatikan porsinya agar tidak berlebihan dan sesuai dengan kebutuhan kalori harian.
  • Sempatkan waktu untuk sarapan setiap harinya dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, misalnya telur, nasi merah, maupun roti gandum. Cara ini bisa membantumu untuk mengontrol nafsu makan di siang hari.
  • Mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air yang cukup untuk membantu proses pembakaran lemak agar lebih optimal.
  • Memperbanyak asupan makanan berserat, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan.
  • Menghindari asupan makanan saat sedang stres. Kamu bisa memilih makanan sehat, seperti buah-buahan di saat sedang stres.

Selain menerapkan beberapa tips di atas, kamu juga bisa mencoba untuk berolahraga. Sebab, selain dapat membantu meningkatkan kebugaran tubuhmu, olahraga ternyata juga bermanfaat untuk membakar kalori dan mendukung program diet. Untuk itu, kamu perlu menyempatkan waktu setidaknya 30 menit per hari untuk berolahraga.

Penutup

Itulah beberapa informasi berkaitan dengan penyebab badan gemuk serta cara menurunkan berat badan agar tetap ideal. Pada dasarnya, badan gemuk bisa terjadi karena mengonsumsi makanan tidak sehat maupun kebiasaan sehari-hari yang buruk. Itulah mengapa, saat hendak kamu perlu memperhatikan asupan makanan sehari-hari dan menerapkan gaya hidup sehat. Nah, jika ingin mengetahui beberapa gaya hidup sehat yang baik untuk kamu terapkan, kunjungi langsung website New Life!

Baca Juga  7 Cara Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan, Simak!
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?