fbpx

7 Minuman yang Bikin Gemuk & Menaikkan Berat Badan, Simak!

7 Minuman yang Bikin Gemuk & Menaikkan Berat Badan, Simak!

Penyebab badan gemuk bukan hanya akibat mengonsumsi makanan yang tidak sehat, tetapi asupan minuman yang keliru juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan, lho. Ada beberapa minuman yang bikin gemuk dan sebaiknya kamu hindari. Salah satunya adalah minuman manis.

Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi minuman manis bisa membuat gula darah meningkat dan menyebabkan penumpukan lemak. Nah, jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai minuman yang bikin gemuk, simak selengkapnya di artikel ini!

Minuman yang Bikin Gemuk

Pada dasarnya, ada banyak minuman yang memiliki rasa enak, tetapi ternyata tinggi akan kandungan kalori maupun gula. Nah, jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan, makanan tersebut bisa menyebabkan kegemukan.

Untuk menghindarinya, berikut ini adalah beberapa minuman yang bikin gemuk agar kamu hindari:

1. Jus Buah dengan Tambahan Pemanis

Salah satu minuman yang bikin gemuk adalah jus buah dengan tambahan pemanis buatan. Pada umumnya, jus buah adalah minuman yang sehat apabila kamu mengonsumsinya tanpa gula maupun hanya sedikit mengandung gula. Sebab, jus buah yang memiliki kandungan madu, gula, maupun susu kental manis berlebihan justru bisa menyebabkan kegemukan. Jadi, jika ingin mengonsumsi jus buah, sebaiknya hindari menambahkan gula maupun tambahkan dalam takaran sedikit saja.

2. Minuman Kopi Kekinian

Jenis minuman yang bisa membuat kenaikan berat badan selanjutnya adalah minuman kopi kekinian. Minuman ini biasanya mudah kamu jumpai di kafe-kafe. Sebab, banyak kopi yang mulai dibuat dengan menambahkan krim, gula, susu tinggi lemak, sirup, atau bahan-bahan yang tinggi akan kandungan kalori lainnya. Jadi, apabila ingin mengonsumsinya, kamu bisa memilih kopi yang rendah akan kandungan kalori.

3. Minuman Berenergi

Jenis minuman yang bikin gemuk lainnya adalah minuman berenergi. Biasanya, jenis minuman ini memiliki kandungan gula dan kafein untuk membantu meningkatkan stamina tubuh sementara waktu. Akan tetapi, ketika kamu berada dalam program diet, mengonsumsi minuman berenergi justru akan mengganggu rencana penurunan berat badanmu. 

Baca Juga  Perkembangan Janin 4 Bulan yang Perlu Diketahui

Pasalnya, jenis minuman ini memiliki kandungan gula yang tinggi dan hanya bisa memberikan kalori dalam tubuh. Di sisi lain, kamu akan tetap merasa lapar, sehingga porsi makanmu kemungkinan tidak akan berkurang dan menimbulkan penumpukan lemak.

4. Susu Cokelat

Jenis minuman yang bikin gemuk berikutnya adalah susu cokelat. Pada dasarnya, susu adalah minuman yang menyehatkan. Akan tetapi, susu cokelat tinggi akan kandungan gula. Jadi, ketika kamu mengonsumsinya secara berlebihan, maka bisa mengakibatkan kenaikan berat badan. Adapun kandungan dalam segelas susu cokelat adalah sekitar 43 gram gula dan 400 kalori.

5. Minuman Soda

Mengonsumsi minuman soda berlebihan ternyata juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan, lho. Sebab, dalam sekaleng minuman soda umumnya mengandung sekitar 10-13 sendok teh gula. Di sisi lain, asupan gula harian memiliki batasan tertentu. 

Pada wanita, batas asupan gula harian adalah 6 sendok teh. Sementara itu, pria memiliki batasan gula harian sebanyak 9 sendok teh. Jadi, ketika kamu mengonsumsi minuman soda berlebihan, terlebih saat diet, maka bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

6. Minuman Beralkohol

Jenis minuman yang bikin gemuk selanjutnya adalah minuman beralkohol. Konsumsi minuman beralkohol berlebihan rupanya bisa mengganggu sistem pencernaan.

Bukan hanya itu, minuman ini juga bisa memicu peningkatan nafsu makan dan berisiko membuatmu ingin menyantap makanan padat. Padahal, mayoritas makanan padat tinggi akan kandungan kalori.

7. Minuman Olahraga

Jenis minuman yang bisa meningkatkan berat badan terakhir adalah minuman olahraga. Minuman ini biasa dikonsumsi untuk mengatasi dehidrasi atau kekurangan cairan pasca berolahraga.

Meskipun bermanfaat untuk mengembalikan stamina, minuman ini tinggi akan kandungan gula. Untuk itu, ketika kamu mengonsumsinya secara berlebihan, minuman ini bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Sebagai penggantinya, kamu bisa mengonsumsi air putih untuk membantu mengembalikan cairan dalam tubuh.

Baca Juga  Fakta Tentang Hamil Kedua, Apa yang Perlu Diketahui?

Makanan yang Bikin Gemuk

Selain minuman, beberapa jenis makanan juga bisa menyebabkan kegemukan. Hal itu karena kandungan gula, lemak, karbohidrat, maupun kalorinya yang tinggi. Adapun beberapa makanan yang bikin gemuk adalah sebagai berikut:

1. Nasi

Nasi adalah makanan utama bagi orang Indonesia dan tinggi akan kandungan kalori serta karbohidrat. Dalam sekali makan, orang indonesia bisa mengonsumsi lebih dari satu centong nasi. Padahal, dalam secentong nasi (100 gram nasi putih) terkandung sekitar 28 gram karbohidrat serta 129 kkal. Itulah sebabnya, kamu perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi lauk-pauk yang menyehatkan.

2. Kacang

Kacang adalah jenis makanan berserat yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan serta mencegah konstipasi. Akan tetapi, asupan kacang yang berlebihan justru dapat menyebabkan kegemukan. Sebab, kacang tinggi akan kandungan kalori yang bisa memengaruhi kenaikan berat badan.

3. Daging Merah

Daging merah juga termasuk sebagai makanan yang bikin gemuk. Makanan ini juga bisa membantu membentuk otot tubuh. Nah, dalam daging merah yang diolah menjadi steak, terdapat kandungan kalori, protein, serta leusin. 

Leusi sendiri merupakan jenis asam amino yang baik untuk menambah jaringan otot baru serta merangsang protein otot. Akan tetapi, daging merah mengandung kalori yang tinggi. Alhasil, mengonsumsinya terlalu banyak justru bisa memberikan efek buruk bagi tubuh.

4. Keju

Makanan yang bikin gemuk selanjutnya adalah keju. Pada umumnya, keju adalah jenis makanan yang menyehatkan. Akan tetapi, keju tinggi akan kandungan kalori maupun lemak. Nah, ketika kamu mengonsumsinya dalam takaran besar, maka berisiko menyebabkan kenaikan berat badan.

5. Buah Kering

Jenis makanan yang bikin gemuk terakhir adalah buah kering. Banyak orang mengira bahwa buah kering rendah akan kandungan kalori. Padahal, buah kering memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi daripada buah segar.

Baca Juga  9 Produk Perawatan Bayi Baru Lahir yang Aman, Yuk Catat!

Pada umumnya, dalam satu gelas buah kering, terkandung sekitar 5-8 kali kalori serta gula yang lebih tinggi daripada segelas buah segar. Itulah sebabnya, kamu perlu membatasi konsumsinya.

Penutup

Itulah penjelasan lengkap seputar makanan dan minuman yang bikin gemuk. Pada dasarnya, asupan makanan atau minuman yang tinggi kalori dan gula dalam jumlah berlebihan bisa memicu kenaikan berat badan. Itulah sebabnya, memperhatikan apa yang kamu konsumsi setiap hari adalah hal penting. Nah, jika ingin mengetahui informasi lain seputar cara mengontrol berat badan, kunjungi lebih lanjut dalam situs New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?