fbpx

8 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Menyusui, Jaga Imun Tubuh!

8 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Menyusui, Jaga Imun Tubuh!

Minum air kelapa ternyata bukan hanya menyegarkan, tetapi juga bisa memberikan manfaat bagi tubuh, termasuk untuk ibu menyusui. Adapun salah satu manfaat air kelapa untuk ibu menyusui adalah menjaga kesehatan tulang. Hal ini karena air kelapa mengandung kalsium, fosfor, serta magnesium.

Di samping itu, air kelapa memiliki manfaat lain bagi busui. Untuk mengetahui beberapa manfaat air kelapa untuk ibu menyusui, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Menyusui

Air kelapa adalah salah satu minuman yang baik bagi ibu menyusui karena mengandung berbagai nutrisi, seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, magnesium, fosfor, vitamin, natrium, hingga kalium.

Dengan berbagai kandungan tersebut, air kelapa tentu bisa mendatangkan manfaat bagi busui. Adapun beberapa manfaat air kelapa untuk ibu menyusui adalah sebagai berikut:

1. Melancarkan ASI

Salah satu manfaat air kelapa untuk ibu menyusui adalah membantu melancarkan ASI. Pasca melahirkan, ibu tentu perlu memenuhi asupan ASI untuk si kecil. 

Selain dengan mengonsumsi buah-buahan maupun sayur, ibu juga dapat minum air kelapa untuk mendukung produksi ASI. Bukan hanya itu, kandungan gizi dalam air kelapa juga bisa membantu meningkatkan kualitas ASI, sehingga si kecil akan lebih sehat.

2. Menjaga Cairan Tubuh

Manfaat air kelapa untuk busui berikutnya, yakni membantu menjaga kadar cairan dalam tubuh, sehingga berperan dalam mencegah risiko dehidrasi. Pasalnya, air kelapa mengandung elektrolit yang bersumber dari natrium. Nutrisi tersebut berperan dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Nah, selama cairan dalam tubuh ibu terjaga, maka kinerja sistem otot dan saraf pun akan lebih optimal.

3. Menjaga Imunitas Tubuh

Manfaat air kelapa untuk ibu menyusui selanjutnya adalah membantu menjaga sistem imunitas tubuh. Pasalnya, air kelapa memiliki kandungan asam laurat yang mempunyai sifat antibakteri, sehingga bisa mencegah risiko serangan penyakit. Selain itu, asam laurat tersebut juga berperan dalam menurunkan bakteri penyebab keracunan makanan dan melawan bakteri patogen, sehingga imunitas busui akan tetap terjaga.

Baca Juga  Penyebab Air Ketuban Hijau dan Risiko saat Bayi Menelannya

4. Sumber Tenaga

Manfaat air kelapa untuk ibu menyusui lainnya adalah sebagai sumber tenaga. Pada dasarnya, ibu menyusui membutuhkan sekitar 550 kkal per hari karena harus memberikan ASI untuk bayi dan menjaga kesehatan diri sendiri. Nah, air kelapa ternyata bisa memenuhi setidaknya 29% kebutuhan fosfor busui. Fosfor sendiri berperan dalam memproduksi molekul ATP yang bermanfaat untuk menyimpan energi.

Bukan hanya itu, fosfor juga membantu mengelola proses pembakaran lemak, karbohidrat, dan kalori dalam tubuh untuk mendorong pembentukan energi. Selain itu, air kelapa juga mengandung gula yang bisa diproses menjadi sumber energi bagi busui. Untuk itu, mengonsumsi air kelapa dalam takaran yang cukup bisa membantu menambah tenaga harian.

5. Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat air kelapa untuk busui berikutnya, yaitu membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Pasalnya, air kelapa memiliki kandungan asam laurat yang bermanfaat untuk membantu menjaga keseimbangan jumlah bakteri dalam pencernaan. Pasalnya, jika kadar bakteri dalam pencernaan tidak seimbang, maka bisa menimbulkan gangguan pencernaan, misalnya sembelit.

6. Mencegah Radikal Bebas

Manfaat air kelapa untuk ibu menyusui selanjutnya adalah membantu mencegah radikal bebas penyebab penyakit. Sebab, air kelapa mengandung vitamin C yang memiliki sifat antioksidan. Dengan kandungan tersebut, minuman ini bisa membantu melindungi tubuh dari risiko kerusakan akibat radikal bebas.

7. Mengendalikan Stres

Setelah melahirkan, ibu rentan mengalami stres karena memiliki beban tugas yang bertambah, yaitu mengasuh anak. Hal ini tentu bisa meningkatkan kesibukan ibu dan memicu terjadinya stres. Nah, konsumsi air kelapa untuk busui ternyata bermanfaat terhadap pengendalian stres. Sebab, magnesium yang terkandung di dalam air kelapa berperan dalam menurunkan aktivitas otak pemicu stres, yakni Hypothalamic Pituitary Adrenal Axis (HPAA).

Baca Juga  8 Fungsi Air Ketuban bagi Janin dalam Kandungan, Yuk Simak!

8. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat air kelapa untuk ibu menyusui yang terakhir adalah membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal ini lantaran air kelapa mengandung beberapa jenis mineral yang bisa mendukung kesehatan tulang, seperti magnesium, fosfor, dan kalsium. Dengan berbagai manfaat tersebut, air kelapa bisa membantu penyusunan struktur serta memperkuat kepadatan tulang.

Hal yang Perlu Busui Perhatikan saat Mengonsumsi Air Kelapa

Meskipun kaya akan manfaat untuk busui, ibu juga perlu memperhatikan beberapa hal selama mengonsumsi air kelapa. Hal ini bertujuan agar ibu lebih berhati-hati dalam mengonsumsinya dan memperoleh manfaatnya secara maksimal.

Adapun beberapa hal yang perlu ibu menyusui perhatikan adalah sebagai berikut:

  • Air kelapa muda yang masih segar cenderung mudah rusak. Maka dari itu, sebaiknya ibu berhenti mengonsumsinya setelah tersimpan di suhu ruangan selama lebih dari dua jam.
  • Apabila membeli air kelapa di minimarket, pastikan bahwa ibu memeriksa tanggal kedaluwarsanya serta komposisinya.
  • Pastikan agar ibu tidak mengonsumsi air kelapa muda secara berlebihan. Pasalnya, hal itu bisa menyebabkan ibu mengalami hiperkalemia atau kondisi saat kadar kalium dalam darah terlalu tinggi.

Selain itu, pastikan agar ibu berkonsultasi kepada dokter mengenai asupan nutrisi selama menyusui lainnya. Dengan begitu, nutrisi dalam tubuh pun tetap terpenuhi.

Penutup

Demikian beberapa informasi seputar manfaat air kelapa untuk ibu menyusui dan hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsinya. Pada dasarnya, air kelapa baik untuk busui agar terhindar dari masalah kesehatan.

Meski begitu, ibu juga perlu mengonsumsi sumber nutrisi lainnya untuk menjaga kesehatan dan melancarkan ASI. Di samping itu, apabila ibu ingin mengetahui pola makan yang tepat saat menyusui, jangan lupa untuk berkonsultasi kepada dokter. Untuk itu, yuk selalu jaga kondisi kesehatan selama menyusui bersama New Life!

Baca Juga  4 Efek Minum Asam Folat Sebelum Hamil, Bantu Cegah Anemia!
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?