fbpx

8 Cara Mengatasi Payudara Sakit pada Ibu Menyusui, Simak!

8 Cara Mengatasi Payudara Sakit pada Ibu Menyusui, Simak!

Setelah melahirkan, ibu tentu akan memasuki masa menyusui bayi. Tahapan ini adalah hal penting untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Sayangnya, ibu juga bisa merasakan keluhan tertentu saat menyusui, seperti nyeri payudara. Itulah mengapa, mengetahui cara mengatasi payudara sakit pada ibu menyusui adalah hal penting.

Hal itu bertujuan untuk menjaga kenyamanan selama menyusui. Nah, jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai cara mengatasi payudara sakit pada ibu menyusui, simak selengkapnya di artikel ini!

Penyebab Payudara Sakit pada Ibu Menyusui

Nyeri payudara saat menyusui tentu akan membuat busui merasa tidak nyaman. Nah, kondisi ini bisa timbul karena beberapa faktor. Adapun sejumlah faktor penyebab nyeri payudara saat menyusui adalah sebagai berikut.

  • Meningkatnya produksi ASI.
  • Tongue-tie atau kelainan bawaan mulut bayi yang sulit menggerakkan lidahnya, sehingga kesulitan mengisap payudara. Hal ini bisa menimbulkan rasa nyeri pada payudara ibu.
  • Pembengkakan payudara yang terjadi akibat produksi ASI lebih banyak daripada jumlah keluarnya.
  • Dermatitis atau eksim.
  • Infeksi jamur yang tertular dari mulut bayi ketika sedang sariawan.
  • Tumbuhnya gigi pada bayi, sehingga akan sering menggigit puting.
  • Penggunaan bra yang kurang tepat, sehingga menekan area payudara.

Nah, ketika ibu merasakan nyeri payudara, sebaiknya lekas atasi dengan menerapkan cara yang tepat selama menyusui. Hal itu bisa membantu mengurangi rasa nyeri yang ibu alami.

Cara Mengatasi Payudara Sakit pada Ibu Menyusui

Payudara nyeri tentu akan membuat ibu merasa tidak nyaman selama menyusui. Maka dari itu, untuk mengurangi rasa sakitnya, terdapat beberapa cara yang bisa ibu lakukan. Adapun cara mengatasi payudara sakit pada ibu menyusui adalah sebagai berikut.

1. Memperhatikan Posisi Menyusui yang Tepat

Salah satu cara mengatasi payudara sakit pada ibu menyusui adalah memperhatikan posisi menyusui yang tepat. Ibu perlu memosisikan bayi agar tidak memicu nyeri puting lebih parah.

Baca Juga  Bantal Hamil 99% Mengurangi Sakit Punggung

Adapun posisi yang tepat untuk ibu terapkan adalah meletakkan dagu bayi agar menempel di payudara ibu, mulut terbuka lebar, serta bagian bibir si kecil terlipat keluar. Di samping itu, sebagian besar areola masuk ke mulut bayi, pipi bayi tidak kempot, serta tidak mengeluarkan suara decak.

2. Mengosongkan Payudara secara Teratur

Cara meredakan nyeri payudara saat menyusui juga bisa ibu lakukan dengan mengosongkan payudara secara teratur. Pasalnya, payudara yang kencang dan penuh dengan ASI bisa memicu rasa nyeri. Itulah sebabnya, ibu perlu mengosongkannya secara teratur, yaitu sekitar dua jam sekali di masa bayi baru lahir.

Di samping itu, sebaiknya ibu tidak melewatkan waktu menyusui maupun memompanya saat malam hari. Bahkan, ketika payudara sudah bengkak, ibu juga tetap perlu mengosongkannya agar tidak semakin parah. Pengosongan ini juga berfungsi untuk menaikkan serta menjaga produksi ASI.

3. Menggunakan Pelindung Puting

Cara mengatasi payudara sakit pada ibu menyusui berikutnya adalah dengan menggunakan pelindung puting atau nipple shield. Alat ini berupa selapis silikon yang bisa ditempelkan pada area areola maupun puting untuk membantu melindunginya agar tidak lecet.

Selain itu, nipple shield juga bermanfaat untuk membantu ibu ketika memiliki puting rata. Akan tetapi, sebaiknya ibu tidak menggunakan pelindung puting dalam jangka panjang.

4. Mengoleskan Puting dengan Krim Lanolin

Cara meredakan nyeri payudara saat menyusui selanjutnya adalah dengan mengoleskan krim lanolin. Cara ini berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan lecet di puting serta memberikan rasa nyaman selama menyusui. Ibu perlu mengoleskan krim lanolin murni di area puting pasca menyusui.

5. Mengompres Hangat

Cara mengatasi payudara sakit saat menyusui lainnya adalah dengan mengompres hangat. Cara ini bertujuan untuk melancarkan ASI serta mengurangi pembengkakan di area yang tersumbat.

Baca Juga  Bahaya Tidak Ya Berhubungan Saat Hamil Muda?

Nah, untuk melakukannya, ibu bisa mengompres hangat sebelum menyusui untuk membantu melembutkan kulit. Akan tetapi, jika ibu mengalami infeksi jamur, sebaiknya hindari cara ini. Adapun cara melakukan kompres hangat adalah dengan merendam kain di air hangat, lalu tempelkan ke area payudara yang terasa nyeri.

6. Mengoleskan Puting dengan ASI Setelah Menyusui

Cara mengatasi nyeri payudara saat menyusui juga bisa ibu lakukan dengan mengoleskan puting menggunakan ASI setelah menyusui. Ibu bisa membiarkan puting agar kering dengan mengangin-anginkannya.

Penggunakan ASI ini bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka di area puting serta memberikan sensasi nyaman. Perlu dicatat, sebaiknya ibu mengoleskannya ketika tangan sudah bersih agar tidak mengalami infeksi bakteri.

7. Kompres Dingin

Cara mengatasi payudara sakit pada ibu menyusui berikutnya adalah dengan memberikan kompres dingin. Kompres ini bisa ibu berikan usai menyusui bayi. Tujuannya adalah untuk memberikan rasa nyaman dan meredakan nyeri di area payudara. Untuk menerapkannya, ibu bisa mengompreskan es batu atau kain yang direndam dalam air es ke area payudara.

8. Pijat Payudara

Cara meredakan nyeri payudara saat menyusui yang terakhir adalah memijatnya. Pasalnya, rasa nyeri tersebut bisa timbul akibat penyumbatan saluran maupun pembengkakan payudara.

Maka dari itu, memberikan pijatan ringan ketika menyusui atau sebelum maupun sesudah menyusui bisa membantu melancarkan ASI dan meredakan rasa nyeri. Untuk memulihkan kondisi tersebut, ibu mungkin perlu melakukan pijatan sebanyak 2-3 kali sesi menyusui.

Penutup

Itulah beberapa informasi seputar cara mengatasi payudara sakit pada ibu menyusui yang perlu diketahui. Pada dasarnya, nyeri payudara saat menyusui adalah hal yang sering terjadi.

Namun, hal itu tentu sering membuat bumil merasa tidak nyaman, sehingga perlu lekas mendapatkan penanganan yang tepat. Apabila beberapa cara di atas masih belum membantu, ibu bisa berkonsultasi ke dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat. Maka dari itu, yuk selalu jaga kondisi tubuh selama masa menyusui bersama New Life!

Baca Juga  Kaki Bengkak saat Hamil: Penyebab dan Cara Menanganinya
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?