fbpx

7 Tips Mencapai Masa Kehamilan yang Sehat, Jaga Pola Makan!

7 Tips Mencapai Masa Kehamilan yang Sehat, Jaga Pola Makan!

Usia adalah salah satu faktor yang harus Bunda pertimbangkan dalam mewujudkan masa kehamilan yang sehat. Pasalnya, pada saat hamil, Bunda bukan hanya perlu menjaga kesehatan diri sendiri, tetapi juga janin dalam kandungannya. Maka dari itu, Bunda perlu melakukan beragam upaya jika menginginkan hamil sehat.

Lantas, apa saja tips mencapai masa kehamilan yang sehat? Jika ingin tahu seputar langkah-langkah untuk mencapainya, simak artikel berikut sampai habis!

Cara Mencapai Masa Kehamilan Sehat

Menjaga kesehatan saat hamil adalah hal penting agar bayi bisa lahir dengan kondisi normal dan Bunda juga terhindar dari risiko komplikasi.

Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai langkah mencapai kehamilan yang sehat untuk Bunda terapkan:

1. Melakukan Kunjungan Prakonsepsi Dengan Obgyn

Sebelum hamil, bunda dapat melakukan konsultasikan dengan dokter spesialis kebidanan atau kandungan tentang kesehatan bunda secara umum. Bunda bisa berkonsultasi seputar gaya hidup yang  mendukung kehamilan sehat, sehingga kondisi diri sendiri dan janin tetap sehat. Atasi juga kekhawatiran yang mungkin Bunda miliki terkait kesuburan organ kewanitaan maupun kehamilan. 

2. Melakukan Perawatan Prenatal

Selama kehamilan, Bunda dapat melakukan perawatan prenatal maupun mengatur janji dengan dokter spesialis kandungan secara teratur. Perawatan prenatal dapat memungkinkan dokter untuk memantau kesehatan Bunda dan janin selama hamil.  Di sisi lain, Bunda jangan takut membicarakan gejala yang mengganggu dan dengarkan penjelasan dokter untuk meredakan kecemasan.

3. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

Tips mencapai kehamilan sehat selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Pada dasarnya, selama hamil, Bunda membutuhkan banyak nutrisi untuk mendukung kesehatan maupun tumbuh kembang bayi, mulai dari asam folat, kalsium, zat besi, vitamin D, maupun gizi lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya Bunda menjaga asupan makan sehat.

Baca Juga  7 Jamu Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Caesar, Catat!

Jangan lupa untuk minum vitamin yang sesuai resep dokter. Sebab, vitamin bisa menjadi sumber nutrisi tambahan bagi ibu hamil. Di sisi lain, hindari asupan makanan yang berisiko memberikan efek buruk, seperti ikan yang tinggi kandungan merkuri dan kurangi asupan kafein yang berlebihan.

4. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Tips mencapai masa kehamilan yang sehat selanjutnya adalah menerapkan gaya hidup sehat. Pasalnya, gaya hidup yang Bunda terapkan bisa memengaruhi kondisi kesehatan bumil maupun sang buah hati dalam kandungan. Maka dari itu, Bunda perlu menjaga gaya hidup sehat, seperti melakukan olahraga teratur.

Sebab, berolahraga dapat membantu meringankan ketidaknyamanan selama kehamilan. Selain itu, olahraga atau aktivitas fisik ringan berperan untuk meningkatkan energi dan kesehatan secara keseluruhan. Ketahanan dan kekuatan otot juga dapat meningkat, sehingga Bunda bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi masa persalinan.

5. Menghindari Aktivitas yang Terlalu Berisiko

Cara mencapai hamil sehat selanjutnya adalah menghindari aktivitas yang terlalu berisiko, seperti mengangkat beban berat. Pasalnya, aktivitas ini bisa memicu risiko cedera saat hamil atau menimbulkan nyeri punggung. Selain itu, Bunda juga perlu mengurangi kebiasaan minum alkohol, merokok, maupun konsumsi obat-obatan terlarang.

Bunda harus mengetahui bahwa zat yang mengandung alkohol, tembakau, dan obat-obatan terlarang bisa membahayakan kondisi kehamilan. Untuk itu, sebaiknya hindari kebiasaan merokok dan minum alkohol saat merencanakan kehamilan. Hal itu karena zat yang terkandung di dalamya dapat meningkatkan risiko komplikasi, seperti bayi lahir dengan berat badan ringan, bayi lahir prematur, cacat bawaan, maupun Sindrom Kematian Bayi Mendadak (SIDS).

6. Melakukan Pemeriksaan Kromosom

Tips mencapai kehamilan sehat juga bisa Bunda lakukan dengan pemeriksaan kromosom melalui sejumlah tes. Pada dasarnya, tes umum selama perawatan prenatal adalah skrining DNA bebas sel prenatal. Skrining adalah suatu proses untuk mengetahui kondisi kromosom tertentu pada bayi yang sedang mengalami perkembangan, seperti sindrom Down. Selama tes, darah Bunda akan diambil untuk mengecek DNA bumil dan janin. Hal tersebut berguna untuk melihat kemungkinan adanya masalah kromosom, misalnya sindrom Down, trisomi 13 dan trisomi 18. 

Baca Juga  Program Hamil: Pengertian, Jenis, & Cara Menjaga Kesuburan

7. Mencukupi Waktu Istirahat

Cara mencapai hamil sehat yang terakhir adalah dengan mencukupi waktu istirahat. Pada dasarnya, selama hamil, Bunda akan mudah merasa lelah karena adanya perubahan kadar hormon dalam tubuh. Maka dari itu, untuk mengatasi masalah tersebut, Bunda perlu mencukupi waktu istirahat.

Pada dasarnya, waktu tidur yang Bunda butuhkan saat malam hari adalah 7-9 jam. Di sisi lain, sempatkan juga untuk tidur siang setidaknya selama 30 menit. Nah, selama beristirahat, coba untuk memosisikan kaki lebih tinggi dari tubuh. Tujuannya adalah untuk melancarkan peredaran darah.

Penutup

Itulah beberapa tips kesehatan agar masa kehamilan Bunda berlangsung sehat sampai tiba waktu persalinan. Pada dasarnya, Bunda bisa mencapai hamil sehat selama menerapkan kebiasaan dan gaya hidup sehari-hari yang baik.

Bukan hanya itu, Bunda juga perlu rajin berkonsultasi kepada dokter untuk memeriksa perkembangan janin dalam kandungan dan kemungkinan adanya masalah kesehatan.

Dengan begitu, Bunda pun bisa lekas memperoleh penanganan yang tepat. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar tips kehamilan, Bunda juga bisa memeriksanya dalam situs New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?