fbpx

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Air Es? Ini Fakta Lengkapnya

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Air Es? Ini Fakta Lengkapnya

Pada masa menyusui, ibu mungkin akan sering merasa gerah dan haus. Hal ini akan memunculkan keinginan untuk minum air es. Namun, bolehkah ibu menyusui minum air es? Pada dasarnya, tidak ada larangan bagi busui untuk mengonsumsi air es. 

Minum air es juga tidak memengaruhi kesehatan bayi, sehingga ibu seharusnya tidak perlu khawatir. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar bolehkah ibu menyusui minum air es, simak selengkapnya dalam bacaan berikut ini!

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Air Es?

Banyak ibu menyusui khawatir bahwa ibu yang minum air es bisa membuat bayi pilek. Namun faktanya, air es yang ibu konsumsi tidak memengaruhi kondisi kesehatan bayi, sehingga aman ibu minum. Di sisi lain, ibu juga tetap perlu menjaga asupan minuman air putih dengan suhu normal, dingin, maupun hangat dengan bebas, karena tidak berpengaruh terhadap kesehatan bayi.

Pasalnya, banyak orang tua zaman dahulu yang beranggapan jika busui yang minum air es bisa membuat bayi pilek serta mencegah penyusutan ukuran rahim. Nah, kini ibu tak perlu mengkhawatirkannya, karena pendapat tersebut hanya mitos belaka.

Sebab, air es yang ibu minum akan tetap teroleh dan menghasilkan ASI dalam suhu normal, karena bantuan suhu tubuh. Jadi, apabila si kecil mengalami pilek, hal itu bisa terjadi karena masalah lain, seperti paparan virus maupun bakteri.

Hal yang Perlu Ibu Perhatikan saat Minum Air Es

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, mengonsumsi air es memang diperbolehkan untuk ibu menyusui. Meski begitu, ada sejumlah hal yang perlu ibu perhatikan.

Adapun hal-hal yang perlu ibu perhatikan saat minum air es ketika sedang menyusui adalah sebagai berikut:

1. Memastikan Bahwa Air Minum Steril

Salah satu hal yang perlu busui perhatikan saat hendak minum air es adalah memastikan jika air tersebut benar-benar steril. Agar lebih aman, ibu bisa mengonsumsi air es buatan rumahan. Dengan begitu, ibu bisa memastikan tingkat kebersihannya.

Baca Juga  Begini Cara Memakai Korset Yang Benar Untuk Pemula

2. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Lainnya

Selama menyusui, kuantitas dan kualitas ASI dipengaruhi oleh kandungan nutrisi yang ibu konsumsi setiap harinya. Itulah sebabnya, ibu perlu mencukupi kebutuhan nutrisi lain selama menyusui. Misalnya adalah dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan secara teratur.

3. Memenuhi Kebutuhan Mikronutrien 

Hal yang perlu ibu menyusui perhatikan saat mengonsumsi air es selanjutnya adalah dengan memenuhi kebutuhan mikronutrien lainnya. Ibu perlu memastikan bahwa asupan mineral serta vitamin untuk tubuh tetap terpenuhi.

Mineral dan vitamin bukan hanya bisa ibu dapatkan dalam sayuran maupun buah-buahan, tetapi juga dari suplemen. Namun, sebelum mengonsumsi suplemen, sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dulu.

4. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Hal yang perlu ibu perhatikan saat mengonsumsi air es terakhir adalah mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Pasalnya, selama masa menyusui, ibu akan lebih mudah haus. Di samping itu, kekurangan cairan justru bisa meningkatkan risiko infeksi saluran kemih, sembelit, maupun dehidrasi. 

Maka dari itu, sebaiknya ibu perlu mengonsumsi air putih dalam suhu normal, dingin, maupun hangat sebanyak 8-12 gelas per hari. Selain dari air putih, ibu juga bisa mencukupi kebutuhan cairan dari jus buah, air kaldu, air lemon, maupun air kelapa. Di sisi lain, kurangi asupan minuman berkafein, tinggi gula, maupun beralkohol, karena bisa menimbulkan gangguan kesehatan.

Makanan yang Baik untuk Ibu Menyusui

Nah, untuk memenuhi kebutuhan gizi selama menyusui, ibu tentu tak hanya mengonsumsi air putih saja, tetapi juga perlu mendapatkan nutrisi dari makanan. Adapun beberapa rekomendasi makanan yang baik untuk ibu menyusui adalah sebagai berikut.

1. Telur

Salah satu rekomendasi makanan yang baik untuk ibu menyusui adalah telur. Makanan ini tinggi akan kandungan vitamin D, asam lemak omega-3, serta protein. Berbagai nutrisi tersebut bisa membantu meningkatkan kualitas ASI untuk mendukung pertumbuhan tulang serta perkembangan otak bayi.

Baca Juga  Cara Memilih Botol Susu Bayi Terbaik:Tips dan Rekomendasi

2. Ikan

Jenis makanan yang baik untuk ibu menyusui lainnya adalah ikan. Makanan ini tinggi akan kandungan asam lemak omega-3, DHA, dan protein, sehingga bisa membantu meningkatkan kualitas ASI. Dengan adanya sejumlah nutrisi tersebut, maka bisa membantu mendukung tumbuh kembang sistem saraf serta otak si kecil.

3. Gandum Utuh

Makanan yang baik untuk ibu menyusui selanjutnya adalah gandum utuh. Makanan ini kaya akan kandungan karbohidrat, serat, dan asam folat. Dengan berbagai kandungan tersebut, kesehatan busui dan bayi akan tetap terjaga. Selain dari gandum utuh, beberapa nutrisi tersebut juga bisa ibu jumpai pada beras merah.

4. Buah dan Sayuran

Rekomendasi makanan yang baik untuk ibu menyusui yang terakhir adalah buah dan sayuran. Makanan ini kaya akan kandungan nutrisi, seperti vitamin dan berbagai jenis mineral. Buah dan sayur umumnya mengandung serat tinggi yang berperan dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan serta mencegah terjadinya sembelit.

Penutup

Demikian penjelasan lengkap seputar bolehkah ibu menyusui minum air es dan hal yang perlu diperhatikan. Pada dasarnya, ibu menyusui yang minum air es tidak memengaruhi kesehatan bayi, sehingga tetap boleh mengonsumsinya.

Namun, pastikan agar ibu menjaga kebutuhan nutrisi lainnya, seperti mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Dengan begitu, kualitas ASI pun tetap terjaga. Untuk mengetahui informasi lain seputar kesehatan ibu menyusui, simak selengkapnya dalam situs New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?