fbpx

7 Cara Mengempiskan Ambeien pada Ibu Hamil, Simak Tipsnya!

7 Cara Mengempiskan Ambeien pada Ibu Hamil, Simak Tipsnya!

Ambeien atau wasir  adalah masalah kesehatan yang rentan menyerang ibu hamil, terlebih lagi pada usia kehamilan tua. Gangguan kesehatan di area rektum ini bisa membuat ibu tidak nyaman saat sedang berdiri atau duduk. Maka dari itu, mengetahui cara mengempiskan ambeien pada ibu hamil termasuk hal penting.

Salah satu cara mengempiskan wasir yang bisa ibu lakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, seperti minyak kelapa dan lidah buaya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara mengatasi ambeien pada ibu hamil lainnya, yuk simak artikel berikut ini!

Apakah Ambeien pada Ibu Hamil Bisa Sembuh?

Ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah vena yang terjadi di area anus atau rektum. Kondisi ini cenderung rentan menyerang ibu hamil, terlebih pada usia kehamilan trimester kedua akhir atau trimester ketiga. Namun, ibu hamil tak perlu khawatir, karena ambeien bisa sembuh dan tidak membahayakan kondisi kehamilan.

Bukan hanya itu, ibu hamil juga tetap bisa menjalani persalinan normal meskipun sedang mengalami ambeien. Akan tetapi, proses persalinan mungkin akan terasa semakin berat, karena ambeien cenderung berisiko lebih parah ketika digunakan untuk mengejan keras. Di sisi lain, ambeien yang ibu biarkan begitu saja juga dapat mengalami pembesaran dan berisiko pecah maupun pendarahan.

Nah, ketika hal itu terjadi, ibu hamil justru dapat mengalami anemia yang turut meningkatkan risiko komplikasi kehamilan, seperti bayi lahir dengan berat badan rendah atau kelahiran prematur. Maka dari itu, sebaiknya ibu tidak menyepelekan keberadaan ambeien. Di sisi lain, ibu bisa menjalani perawatan rumahan maupun memeriksakan diri ke dokter.

Cara Mengempiskan Ambeien pada Ibu Hamil

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, ambeien pada ibu hamil adalah kondisi yang wajar, tetapi juga tidak boleh disepelekan. Untuk itu, ibu hamil perlu mengetahui cara pengobatannya.

Baca Juga  Cara Menghitung Kehamilan dengan Mudah

Adapun beberapa cara mengempiskan ambeien pada ibu hamil adalah sebagai berikut:

1. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Salah satu cara mengempiskan ambeien pada ibu hamil adalah dengan menjaga berat badan tetap ideal. Pasalnya, kelebihan berat badan dapat memperparah kondisi ambeien, karena bisa meningkatkan tekanan pada area benjolan.

Nah, untuk menjaga berat badan, ibu hamil bisa memperhatikan asupan makanan setiap hari dan mengonsumsi air putih secara rutin.

2. Olahraga secara Rutin

Cara mengobati ambeien pada ibu hamil berikutnya adalah dengan berolahraga secara rutin. Pada dasarnya, aktivitas ini berperan dalam mencegah konstipasi atau sembelit yang dapat memperparah kondisi ambeien pada ibu hamil.

Di samping itu, olahraga juga dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan buah hati dalam kandungan. Adapun beberapa jenis olahraga untuk ibu hamil yang cocok adalah senam kegel, yoga, pilates, jalan kaki, hingga renang.

3. Mengonsumsi Serat

Cara mengatasi ambeien pada ibu hamil selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Konsumsi serat bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, mencegah konstipasi, hingga mencegah pembesaran di area benjolan ambeien. Adapun sejumlah pilihan makanan berserat untuk ibu hamil adalah sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, hingga gandum.

4. Menggunakan Salep 

Cara mengempiskan ambeien pada ibu hamil lainnya adalah dengan menggunakan salep atas resep dokter. Ada beberapa salep yang biasa digunakan untuk mengatasi ambeien, seperti hydrocortisone. Salep ini umumnya dapat ibu gunakan ketika mengalami ambeien ringan.

Fungsinya adalah untuk membantu mengurangi iritasi, pembengkakan, dan peradangan yang timbul pada benjolan wasir. Namun, pastikan bahwa ibu hamil aman dalam menggunakan obat tersebut dengan berkonsultasi ke dokter terlebih dulu.

Baca Juga  Perkiraan Biaya Program Hamil yang Perlu Disiapkan, Catat!

5. Mengoleskan Gel Lidah Buaya

Lidah buaya adalah bahan alami yang memiliki sifat anti radang. Maka dari itu, bahan alami ini bisa ibu manfaatkan untuk mengempiskan ambeien dalam atau luar.

Untuk menggunakannya, ibu dapat mengoleskan lidah buaya atau ekstrak gelnya di area rektum yang mengalami ambeien. Hal ini dapat membantu meringankan gejala yang timbul akibat ambeien.

6. Mengoleskan Witch Hazel

Cara mengatasi ambeien pada ibu hamil selanjutnya adalah memanfaatkan witch hazel. Bahan alami tersebut mengandung sifat anti radang yang dapat membantu meringankan rasa nyeri dan gatal akibat ambeien. Di samping itu, witch hazel juga berperan dalam mengurangi pembengkakan dan menghilangkan benjolan wasir secara alami. Untuk menggunakannya, ibu bisa mengoleskan salep atau gel yang mengandung ekstrak witch hazel ke area benjolan wasir secara rutin.

7. Menggunakan Minyak Kelapa

Cara mengempiskan ambeien pada ibu hamil yang terakhir adalah menggunakan minyak kelapa. Bahan alami ini mempunyai sifat antibakteri dan anti radang, sehingga bisa membantu mengatasi ambeien serta mengurangi peradangan yang timbul. Untuk menggunakan minyak kelapa, ibu dapat mengoleskan minyak kelapa murni di area benjolan wasir sebanyak 2-3 kali per hari secara rutin.

Apabila beberapa cara alami di atas masih tidak membantu ibu untuk mengatasi ambeien, sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter. Hal ini juga berlaku ketika kondisi ambeien juga bersamaan dengan keluhan lain, seperti pendarahan, nyeri tak tertahankan, hingga rasa gatal. Dokter umumnya akan melakukan penanganan khusus yang sesuai dengan kondisi ibu hamil dan gejala yang timbul.

Penutup

Demikian beberapa cara mengempiskan ambeien pada ibu hamil yang bisa ibu terapkan di rumah maupun secara medis. Pada dasarnya, ambeien bukan masalah berbahaya, tetapi perlu segera ibu kempiskan agar tidak mengganggu rutinitas sehari-hari. Selain itu, ibu juga perlu rajin berkonsultasi ke dokter mengenai persiapan persalinan ketika masih mengalami ambeien.

Baca Juga  8 Panduan Perawatan Bayi Prematur agar Tetap Sehat, Simak!

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara menjaga kesehatan kehamilan dan tips persalinan normal saat ambeien, kunjungi laman New Life sekarang juga!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?