fbpx

7 Cara Mengatasi Mastitis pada Ibu Menyusui, Kompres Hangat!

7 Cara Mengatasi Mastitis pada Ibu Menyusui, Kompres Hangat!

Mastitis adalah masalah kesehatan yang rentan terjadi pada ibu menyusui. Hal ini ditandai dengan rasa nyeri dan pembengkakan di area payudara. Kondisi tersebut tentu akan membuat busui merasa tidak nyaman selama menyusui. Maka dari itu, mengetahui cara mengatasi mastitis pada ibu menyusui adalah hal penting.

Terlebih lagi, mastitis yang ibu biarkan begitu saja bisa meningkatkan risiko timbulnya masalah kesehatan lainnya. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut seputar cara mengobati mastitis pada ibu menyusui, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Penyebab Mastitis pada Busui

Mastitis adalah peradangan payudara yang bisa dialami oleh ibu menyusui. Kondisi ini bisa terjadi karena sejumlah faktor. Adapun beberapa faktor penyebab mastitis pada busui adalah sebagai berikut:

1. Tersumbatnya Saluran ASI

Salah satu penyebab mastitis pada ibu menyusui adalah tersumbatnya saluran ASI. Hal ini akan membuat ASI sulit untuk keluar, sehingga menyebabkan penumpukan ASI pada payudara. 

Penumpukan ASI dalam payudara ini bisa menyebabkan infeksi maupun peradangan. Biasanya, kondisi ini akan lebih berisiko ketika ibu terbiasa menyusui bayi dengan posisi atau cara yang salah saat melekatkan si kecil ke payudara.

2. Infeksi Bakteri

Penyebab mastitis pada busui berikutnya adalah infeksi bakteri, seperti Streptococcus agalactiae serta Staphylococcus. Bakteri tersebut bisa menginfeksi payudara ketika puting maupun kulit payudara terluka. Nah, luka tersebut bisa timbul karena gigitan bayi maupun adanya cedera payudara. Alhasil, bakteri pun akan lebih mudah masuk ke dalam payudara dan menimbulkan peradangan.

3. Penyebab Lainnya

Selain beberapa penyebab di atas, ada pula kondisi lain yang bisa memicu terjadinya mastitis pada busui. Misalnya adalah busui yang terbiasa menggunakan bra ketat, sehingga memicu terjadinya nyeri payudara, hingga pembengkakan. Di sisi lain, kurang asupan makanan bergizi maupun kelelahan juga bisa mendorong terjadinya mastitis pada busui.

Baca Juga  Berikut Manfaat Korset Kesehatan Untuk Pinggang!

Cara Mengatasi Mastitis pada Ibu Menyusui

Mastitis memang tergolong sebagai kondisi umum yang terjadi pada ibu menyusui. Meskipun demikian, membiarkannya begitu saja justru bisa memperburuk kondisi pembengkakan payudara. Untuk itu, sebaiknya ibu segera memberikan pengobatan yang tepat.

Adapun beberapa cara mengatasi mastitis pada ibu menyusui adalah sebagai berikut:

1. Kompres Hangat

Salah satu cara mengatasi mastitis pada ibu menyusui adalah dengan memberikan kompres air hangat. Cara ini berfungsi untuk melunakkan sumbatan, sehingga ASI bisa segera keluar dan mengurangi pembengkakan. Ibu bisa mengambil handuk bersih, lalu merendamnya ke dalam air hangat dan tempelkan pada area payudara yang mengalami mastitis.

Selain memberikan kompres air hangat, ibu juga bisa mandi maupun berendam menggunakan air hangat. Cara ini dapat membantu melancarkan aliran darah dan mengurangi sumbatan di area payudara. Selama mandi, ibu juga bisa sambil memijat payudara secara perlahan-lahan untuk mengurangi penyumbatan.

2. Pijat Payudara

Cara mengatasi mastitis pada busui berikutnya, yaitu dengan memberikan pijatan lembut pada payudara. Hal ini berfungsi untuk mengatasi sumbatan pada saluran susu. Dengan begitu, ASI akan terdorong untuk keluar dengan lebih deras. Selama ASI keluar, ibu bisa menyusui si kecil atau membersihkan saluran susu dengan cara memompa ASI.

3. Berikan Minyak Esensial

Cara mengobati mastitis pada ibu menyusui lainnya adalah dengan memberikan minyak esensial. Ibu bisa menggunakan minyak esensial dengan kandungan tea tree oil, karena memiliki kandungan terpinen yang bersifat antibakteri, anti peradangan, serta anti jamur.

Selain itu, ibu juga dapat mengombinasikannya dengan minyak almond maupun minyak zaitun. Nah, saat mengoleskannya ke area payudara, beri pula pijatan lembut untuk membantu mengurangi penyumbatan.

Baca Juga  Senam Kegel Ibu Hamil: Gerakan dan Kegunaannya

4. Menyusui atau Memompa ASI

Menyusui atau memompa ASI juga menjadi salah satu cara yang bisa busui terapkan untuk mengobati mastitis. Pasalnya, meskipun terasa nyeri, mengeluarkan ASI dari dalam payudara akan membantu mengurangi pembengkakan dan membersihkan saluran susu. 

ASI memiliki kandungan antibodi yang bisa membantu mempercepat penyembuhan mastitis. Ibu juga tak perlu khawatir, karena mastitis tidak akan membahayakan kondisi bayi.

5. Mencukupi Istirahat

Cara mengatasi mastitis pada ibu menyusui berikutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan istirahat. Beristirahat saat siang maupun malam hari akan membantu mendorong pemulihan mastitis. Selama beristirahat, ibu bisa meminta bantuan kepada pasangan maupun keluarga untuk menjaga si kecil.

6. Mengonsumsi Obat-obatan

Cara mengobati mastitis pada ibu menyusui selanjutnya adalah dengan mengonsumsi obat-obatan sesuai resep dokter. Pada dasarnya, dokter akan melakukan pemeriksaan mengenai penyebab mastitis yang busui alami.

Pengobatan tersebut bisa dokter berikan berdasarkan penyebabnya. Umumnya, obat tersebut berperan untuk membantu menghilangkan rasa nyeri serta melawan bakteri.

7. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Cara mengatasi mastitis pada ibu menyusui yang terakhir adalah dengan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Hal ini penting untuk membantu melawan infeksi dalam tubuh. Adapun cara meningkatkan sistem imun tubuh yang bisa ibu terapkan adalah mengonsumsi suplemen vitamin C maupun probiotik. Selain itu, asupan nutrisi tersebut juga dapat ibu peroleh dari konsumsi makanan bergizi sehari-hari.

Penutup

Itulah beberapa informasi berkaitan dengan penyebab dan cara mengatasi mastitis pada ibu menyusui. Pada umumnya, mastitis yang ibu biarkan saja justru bisa membahayakan kesehatan. Maka dari itu, agar lekas sembuh dan bisa menyusui dengan nyaman, ibu perlu segera mengobatinya, baik secara alami maupun berkunjung ke dokter. Nah, jika ingin mengetahui informasi lainnya seputar kesehatan ibu menyusui maupun bayi, simak selengkapnya dalam kanal New Life!

Baca Juga  Perbedaan Stretch Mark Putih dan Merah serta Cara Mengatasinya
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?