fbpx

7 Cara Mengatasi Ambeien pada Ibu Hamil, Makan Banyak Serat!

7 Cara Mengatasi Ambeien pada Ibu Hamil, Makan Banyak Serat!

Selama masa kehamilan, wanita akan mengalami berbagai perubahan bentuk tubuh serta hormon. Hal ini juga bisa memicu gangguan kesehatan, salah satunya ambeien. Kondisi ini tergolong hal umum dan bisa terjadi karena perubahan hormon maupun tekanan dari janin yang membesar. Meski umum terjadi, penyakit ini akan memicu rasa tak nyaman selama beraktivitas, sehingga mengetahui cara mengatasi ambeien pada ibu hamil adalah hal penting.

Sebab, ambeien dapat membuat area pembengkakan di sekitar anus terasa gatal, sakit, hingga mampu mengeluarkan darah. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut seputar cara mengempiskan ambeien pada ibu hamil, yuk simak artikel berikut ini!

Apa itu Ambeien?

Ambeien adalah kondisi yang terjadi ketika muncul pembengkakan pembuluh darah di area sekitar anus. Pembengkakan tersebut dapat muncul di dalam maupun luar anus. Ketika mengalami ambeien atau wasir, penderitanya akan merasakan sensasi gatal, tidak nyaman, hingga rasa nyeri, terlebih lagi ketika sedang buang air besar.

Menurut hasil penelitian, ibu hamil lebih berisiko mengalami wasir daripada wanita yang sedang tidak mengandung. Hal itu terjadi lantaran saat hamil, pembesaran janin bisa memicu tekanan pada pembuluh darah, termasuk area anus. Perubahan hormon ketika hamil juga bisa meningkatkan risiko masalah tersebut.

Kondisi tersebut sering menyerang ibu hamil dengan usia kandungan pada trimester kedua akhir maupun trimester ketiga. Di samping itu, ambeien yang terjadi pada ibu hamil memang lumrah dan tidak berbahaya. Meski begitu, adanya pembengkakan dan benjolan di sekitar anus tentu akan membuat aktivitas menjadi tidak nyaman. Itulah sebabnya, ibu hamil perlu lekas mengatasinya.

Cara Mengatasi Ambeien pada Ibu Hamil

Seperti penjelasan sebelumnya, ambeien akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Maka dari itu, sebaiknya masalah kesehatan ini perlu segera mendapatkan penanganan. Adapun beberapa cara mengatasi ambeien pada ibu hamil adalah sebagai berikut.

Baca Juga  Penyakit Kehamilan yang Harus Diwaspadai

1. Tetap Aktif Bergerak

Salah satu cara mengatasi ambeien pada ibu hamil adalah dengan menjaga tubuh agar tetap aktif. Banyak wanita hamil yang salah paham, sehingga memilih untuk membatasi aktivitasnya. Padahal, ibu hamil perlu menjaga tubuhnya agar tetap aktif bergerak dan menghindari kegiatan berat.

Bergerak aktif akan membantu ibu hamil untuk memperkuat otot tubuh, menunjang tumbuh kembang janin, hingga mengatasi ambeien. Untuk memulainya, ibu bisa berolahraga setidaknya selama 30 menit per hari. Namun, sebelum itu, sebaiknya konsultasikan kepada dokter untuk mengetahui jenis olahraga yang aman untuk dilakukan.

2. Mengurangi Tekanan pada Bokong

Saat mengalami wasir ketika sedang hamil, ibu perlu mengurangi tekanan di area bokong. Sebab, tekanan di area tersebut dapat memperparah kondisi ambeien. Untuk mengurangi tekanan pada area tersebut, ibu dapat menggunakan bantal di bawah pantat saat sedang duduk atau memilih duduk di area yang empuk.

3. Senam Kegel

Senam kegel adalah salah satu jenis olahraga ibu hamil yang baik untuk menjaga kondisi kandungan, termasuk mengatasi ambeien. Olahraga ini juga dapat membantu memperkuat otot dasar panggul dan merilekskan otot di sekitar vagina serta dubur. Dengan begitu, rasa sakit dan pembengkakan akibat ambeien bisa berkurang.

4. Mengonsumsi Banyak Serat

Cara mengatasi ambeien pada ibu hamil juga bisa Moms lakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Sebab, makanan berserat bisa membantu melancarkan proses pencernaan, khususnya di usus, serta melunakkan tekstur tinja, sehingga proses buang air besar akan lebih lancar dan ibu terhindar dari risiko sembelit. Adapun beberapa makanan yang mengandung serat untuk ibu hamil adalah sayuran, buah-buahan, hingga kacang-kacangan.

5. Kompres Air Dingin

Cara mengobati ambeien pada ibu hamil berikutnya adalah melakukan kompres air dingin di area benjolan wasir. Cara ini bisa ibu lakukan setidaknya 2-3 kali dalam sehari. Untuk melakukannya, ibu bisa merendam handuk bersih ke dalam air dingin atau menggunakan es batu guna mengompreskannya ke area ambeien. Hal ini akan membantu menghilangkan rasa nyeri dan mengurangi pembengkakan akibat wasir.

Baca Juga  Mengenal Kantung Kehamilan Kosong, Penyebab, dan Gejalanya

6. Menghindari Duduk atau Berdiri Terlalu Lama

Cara menyembuhkan ambeien pada ibu hamil selanjutnya adalah dengan menghindari duduk atau berdiri terlalu lama. Sebab, kebiasaan tersebut justru dapat memperparah kondisi wasir. Maka dari itu, ketika sedang duduk maupun berdiri, ibu bisa mengganti posisinya atau sambil bergerak.

Misalnya, setelah duduk selama satu jam, ibu bisa berjalan-jalan atau melakukan peregangan selama kurang lebih 10 menit. Selain dapat mengurangi gejala ambeien, cara tersebut juga dapat membantu mengatasi nyeri punggung pada ibu hamil. Di samping itu, ibu juga bisa menggunakan bantal donat untuk duduk agar membuat area yang mengalami ambeien tidak terasa nyeri.

7. Menjaga Kebersihan Anus

Cara mengatasi ambeien saat hamil yang terakhir adalah dengan menjaga kebersihan anus dan pastikan agar area tersebut tetap kering. Ibu bisa menggunakan tisu lembut maupun handuk bersih untuk membersihkan daerah di sekitar anus setelah dari toilet. Di samping itu, hindari penggunaan tisu toilet yang kasar, karena bisa melukai area anus dan membuatnya iritasi.

Penutup

Itulah beberapa informasi berkaitan dengan cara mengatasi ambeien pada ibu hamil yang bisa Moms terapkan. Pada umumnya, ambeien adalah kondisi yang lumrah bagi ibu hamil. Akan tetapi, Moms sebaiknya tidak menyepelekan kondisi tersebut. Sebab, ambeien akan membuat aktivitas sehari-hari menjadi tidak nyaman. 

Maka dari itu, selain menerapkan beberapa tips menyembuhkan ambeien di atas, bumil juga perlu berkonsultasi pada dokter untuk memperoleh penanganan lanjutan. Dengan begini, kondisi ibu dan buah hati pun juga akan lebih optimal. Nah, jika ingin mencari tahu seputar tips kehamilan lainnya, Moms bisa langsung mengunjungi website New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?