fbpx

Peralatan Bayi Baru Lahir yang Anti Mubazir, Catat!

Peralatan bayi baru lahir sering tidak terpakai ketika bayi mulai bertambah besar. Itu sebabnya kamu harus memilah dan memilih perlengkapan mana yang bisa kamu beli dalam jumlah banyak agar tidak mubazir. Berikut beberapa peralatan bayi yang bisa kamu gunakan lagi jika nanti telah memiliki adik untuk si bayi.

Perlengkapan Bayi yang Bisa Digunakan Lagi

Ketika kamu memiliki anak lagi, tidak semua barang bayi harus kamu beli lagi. Beberapa barang lama dari bayi kamu masih bisa digunakan kembali sehingga kamu dapat memangkas anggaran belanja ini. Berikut beberapa perlengkapan bayi yang masih bisa kamu pakai ulang.

1. Stroller

Stroller atau kereta bayi menjadi peralatan bayi baru lahir yang bisa kamu gunakan berkali-kali ketika memiliki bayi baru. Barang satu ini tidak mengenal jenis kelamin sehingga kamu bisa menggunakannya untuk anak laki-laki atau perempuan. 

Harga stroller yang lumayan mahal juga dapat menjadi pertimbangan kamu untuk mengggunakan lagi kereta bayi yang pernah kamu beli sebelumnya. Namun, pastikan bahwa stroller lama kamu masih bagus ya. Hal ini untuk memastikan keamanannya ketika memuat bayi kamu.

2. Kursi Makan Bayi

Kursi makan bayi atau high chair merupakan alat pendukung ketika bayi mulai mengonsumsi MPASI. Benda satu ini cukup awet dan tidak mudah rusak. Oleh karena itu, kamu bisa membeli barang ini sekali saja jika nanti memiliki anak kedua atau ke sekian kalinya. 

Membeli kursi makan bayi dapat berguna membuatnya lebih terbiasa untuk makan seperti orang dewasa. Hal ini juga merangsang kemampuannya untuk dapat makan sendiri.

3. Bak Mandi

Peralatan bayi yang bisa kamu beli cukup sekali selanjutnya adalah bak mandi bayi. Bak mandi menjadi keperluan penting karena bayi yang baru lahir akan mengalami fase pelepasan tali pusar. Pada saat tersebut, kamu perlu menghindarkan area perutnya dari air. Memandikan bayi dengan cara menyisahkn bagian perut tetap kering akan membuat pusarnya cepat terlepas. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan benda ini.

Baca Juga  Tanda-tanda Awal Kehamilan: Ketahui Gejala yang Muncul

Bak mandi juga barang yang longlast karena bisa kamu pakai lagi ketika nanti kembali memiliki anak. Kamu tidak perlu membuangnya karena sifatnya yang tidak sekali pakai. 

4. Car Seat

Car seat adalah alat untuk mengamankan bayi ketika ia berada di dalam mobil. Car seat memiliki sabuk pengaman yang dapat mencegah bayi dari benturan atau terjatuh ketika mobil mengalami kondisi pengereman mendadak. 

Selain kebergunaannya, barang ini juga memiliki kelebihan bisa kamu gunakan seterusnya ketika ia mulai bertambah besar. Bayi dapat menggunakan benda ini setidaknya sampai memasuki masa balita. Kamu juga bisa menyimpannya untuk dipakai kembali ketika memiliki anak lagi nantinya.

Membeli barang yang berguna dan tahan lama akan lebih hemat untuk pengeluaran kamu. Selain memilih perlengkapan yang penting, berikut beberapa tips lainnya dalam membeli peralatan bayi.

Tips Membeli Perlengkapan Bayi

Dalam membeli perlengkapan bayi, kamu perlu memerhatikan fungsinya agar tidak mubazir. Hal ini karena bayi cepat besar sehingga barang tersebut dapat tak terpakai lagi. Selain itu, kamu bisa memerhatikan beberapa hal berikut sebelum membeli perlengkapan bayi.

1. Hindari Waktu Mendekati Lahiran

Usahakan untuk membeli perlengkapan bayi maksimal dua bulan sebelum hari perkiraan lahir. Hal ini karena kondisi ibu menjelang persalinan akan sangat rentan. Untuk mencegah terjadinya kelahiran yang mendadak, kamu bisa menyiapkan barang-barang keperluan bayi sejak jauh hari. Selain itu, kamu juga bisa jadi lebih fokus menghadapi proses persalinan yang akan kamu jalani.

2. Pastikan Gender Bayi

Salah satu manfaat melakukan cek USG adalah untuk mengetahui jenis kelamin bayi. Mengetahui jenis kelamin sang anak akan memudahkan kamu dalam memilih barang perlengkapan Beberapa barang bayi seperti pakaian harus menyesuaikan gender bayi. Oleh karena itu, pastikan jenis kelamin bayi kamu terlebih dahulu agar tidak salah membeli dan berakhir tidak terpakai.

Baca Juga  4 Efek Minum Asam Folat Sebelum Hamil, Bantu Cegah Anemia!

3. Manfaatkan Diskon

Di era marketplace online saat ini, setiap tanggal kembar di tiap bulan terdapat promo menarik. Kamu bisa memanfaatkan promo-promo tersebut agar lebih hemat dalam membeli perlengkapan bayi. Selain itu, membeli perlengkapan dalam jumlah yang banyak juga bisa membuat kamu mendapat harga grosir di toko yang tepat.

4. Upsize

Tips terakhir yang bisa kamu terapkan adalah membeli dengan ukuran yang lebih besar atau upsize. Tubuh bayi yang baru lahir akan cepat bertambah besar. Seringkali perlengkapan seperti baju akan cepat tidak terpakai karena tidak lagi muat untuk bayi gunakan.

Kamu bisa mengatasinya dengan menambah satu ukuran di atasnya. Pakaian yang lebih longgar ini juga membuat bayi lebih nyaman karena tidak membuatnya merasa sesak.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika menyiapkan peralatan bayi. Mengetahui keperluan sebelum membeli akan mencegah kamu dari pemborosan.

Penutup

Peralatan bayi baru lahir sering kali hanya tidak terpakai sebentar. Hal ini terjadi karena tubuh bayi akan cepat membesar. Oleh karena itu, kamu bisa membatasi keperluan ang sekiranya tidak akan bertahan lama. Kamu bisa memangkas pengeluaran dan mengurangi sampah sisa peralatan dengan cara tersebut.

Untuk mendapatkan informasi lainnya seputar ibu dan bayi, yuk kunjungi New Life.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?