fbpx

6 Manfaat Olahraga Malam Hari dan Risikonya, Yuk Waspada!

6 Manfaat Olahraga Malam Hari dan Risikonya, Yuk Waspada!

Saat memiliki kesibukan sepanjang hari, beberapa orang mungkin akan memutuskan untuk berolahraga saat malam ketika sudah luang. Nah, melakukan olahraga malam hari ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, lho. Misalnya adalah bisa membantu mengecilkan perut buncit.

Meski begitu, olahraga saat malam juga bisa berisiko apabila tidak dilakukan dengan tepat. Nah, untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar manfaat olahraga malam hari, yuk simak selengkapnya di artikel berikut!

Manfaat Olahraga Malam Hari

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, olahraga adalah aktivitas yang bermanfaat untuk kesehatan, termasuk saat malam. Hal itu bisa membantu menjaga kebugaran tubuh. Selain itu, masih ada manfaat lain dari olahraga malam.

Adapun sejumlah manfaat olahraga malam hari adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Salah satu manfaat olahraga saat malam adalah membantu meningkatkan kualitas tidur. Hal ini akan lebih maksimal ketika kamu melakukan olahraga ringan dan tidak berlebihan. Misalnya adalah jogging, bersepeda, peregangan tubuh, yoga, maupun berjalan santai.

Pasalnya, berolahraga ringan di malam hari bisa membantu meningkatkan tidur gelombang lambat, sehingga istirahat akan terasa lebih nyenyak dan berkualitas. Dengan begitu, tubuhmu akan terasa lebih segar saat bangun di pagi hari.

2. Memengaruhi Performa

Manfaat olahraga malam hari lainnya, yaitu bisa memengaruhi performa latihan fisik. Biasanya, latihan fisik yang kamu lakukan saat malam akan membuat tubuh lebih berstamina daripada melakukannya ketika pagi.

Peningkatan suhu tubuh saat malam juga bisa memengaruhi kekuatan otot serta fleksibilitas. Untuk itu, berolahraga saat malam akan lebih mampu memaksimalkan proses pembakaran lemak dan menurunkan berat badan.

3. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Manfaat olahraga malam hari berikutnya adalah membantu meningkatkan proses penyerapan nutrisi, terlebih saat kamu sedang menjalani program diet. Hal ini bisa lebih maksimal ketika kamu mengonsumsi minuman berprotein pasca berolahraga dan sebelum tidur.

Baca Juga  Simak Ini Dia 15 Vitamin Terbaik Untuk Ibu Hamil!

Sebab, kandungan asam amino dan protein yang terserap oleh tubuh akan lebih tinggi daripada mengonsumsinya saat siang hari. Bukan hanya itu, proses pencernaan selama tidur pun juga akan lebih lancar.

4. Mengelola Stres

Manfaat berolahraga saat malam selanjutnya adalah membantu mengelola dan mencegah stres. Kondisi ini bisa membahayakan kesehatan mental dan rentan dialami para pekerja, terlebih lagi ketika memiliki aktivitas harian yang padat.

Nah, ternyata, berolahraga di malam hari bisa membantu melepaskan hormon endorfin, sehingga tubuh akan lebih rileks. Selain itu, hormon tersebut juga berperan dalam meningkatkan suasana hati dan menurunkan stres. Namun, pastikan bahwa kamu tidak memilih olahraga berat atau memiliki intensitas latihan yang tinggi.

5. Lebih Fokus

Manfaat berolahraga saat malam lainnya adalah membantumu agar lebih fokus. Sebab, kebanyakan orang akan beristirahat atau bersantai di malam hari, sehingga suasana akan lebih tenang dan memudahkanmu untuk fokus.

Di sisi lain, ketika berolahraga di gym, kamu pun juga bisa mencoba peralatan lainnya, sehingga tidak perlu mengantre dan juga dapat menjaga privasi. Selain itu, olahraga malam juga akan membantumu untuk menjernihkan pikiran dan mengurangi rasa khawatir atau cemas.

6. Mengatasi Ketegangan Tubuh

Manfaat olahraga malam hari yang terakhir adalah bisa membantu mengatasi ketegangan tubuh. Setelah beraktivitas seharian penuh, seperti duduk atau berdiri terlalu lama, otot tubuh akan mudah terasa kaku. Nah, dengan melakukan latihan fisik di malam hari, seperti yoga atau peregangan, kamu bisa melemaskan otot-otot tubuh. Dengan begitu, tidur pun bisa lebih nyenyak.

Risiko Olahraga Malam Hari

Meskipun memiliki sederet manfaat, olahraga saat malam juga bisa memicu risiko bagi kesehatan, lho. Itulah sebabnya, kamu perlu memperhatikan aktivitas olahraga yang dilakukan agar tidak menimbulkan bahaya tertentu.

Baca Juga  Apa itu Korset? Korset Dapat Membantu Mengecilkan Perut?

Adapun beberapa risiko olahraga malam hari adalah sebagai berikut:

1. Sulit Membangun Konsistensi

Salah satu risiko olahraga malam hari adalah sulit membangun konsistensi. Biasanya, seseorang yang berolahraga di pagi hari akan lebih konsisten daripada saat malam. Sebab, saat sore atau malam hari usai bekerja, kebanyakan orang berisiko hilang fokus atau sulit berkonsentrasi. 

Hal itu bisa membuatnya teralihkan untuk melakukan aktivitas yang lebih santai, misalnya menonton televisi atau berkumpul dengan teman maupun keluarga. Sebagai solusinya, kamu bisa membuat jadwal latihan olahraga harian. Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan konsistensi, sehingga olahraga dapat lebih bermanfaat.

2. Mengganggu Tidur

Bahaya berolahraga malam hari selanjutnya adalah bisa mengganggu tidur. Meskipun olahraga dapat meningkatkan kualitas tidur, latihan fisik dengan intensitas tinggi yang kamu lakukan satu jam sebelum istirahat justru dapat mengganggu istirahat. Pasalnya, tubuh mengalami peningkatan suhu dan metabolisme sedang bekerja. 

Jadi, apabila ingin berolahraga, hindari melakukannya sejam sebelum tidur, terlebih lagi saat melakukan olahraga intensitas tinggi, misalnya angkat beban maupun aerobik. Di sisi lain, kamu bisa melakukan olahraga yang lebih aman, seperti berjalan santai, peregangan tubuh, maupun bersepeda.

3. Kurang Bimbingan Pelatih

Bahaya bolahraga malam hari yang terakhir adalah kurangnya arahan pelatih atau seseorang yang ahli dalam bidang tersebut. Sebab, malam hari biasanya menjadi waktu bagi para pelatih untuk beristirahat.

Jika kamu belum terbiasa dan melakukan olahraga sendiri, maka bisa memicu terjadinya cedera apabila salah memosisikan tubuh. Itulah sebabnya, coba untuk mencari pelatih yang bisa menemani berolahraga saat malam agar manfaatnya lebih terserap secara maksimal.

Penutup

Itulah informasi lengkap mengenai manfaat olahraga malam hari dan risikonya. Pada dasarnya, berolahraga di malam hari memang bermanfaat, tetapi juga bisa berbahaya apabila kamu melakukannya dengan cara yang kurang tepat.

Baca Juga  Baby Blues Syndrome, Apa yang Perlu Dipahami?

Maka dari itu, perhatikan pemilihan jenis olahraga yang sesuai saat malam untuk menghindari risiko yang tak diinginkan. Jika ingin mencari informasi seputar kesehatan lainnya, kunjungi langsung situs New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?