fbpx

6 Manfaat Korset Pasca Melahirkan dan Aturan Penggunaannya

6 Manfaat Korset Pasca Melahirkan dan Aturan Penggunaannya

Banyak perubahan bentuk badan yang terjadi pada wanita terutama pada saat melahirkan, mulai dari pinggang yang semakin melebar, terdapat lemak di bagian perut, dan lain sebagainya.  Untuk mengembalikan postur tubuh ke semula tidaklah mudah melainkan harus menggunakan alat bantu seperti korset. Namun, apakah Bunda tahu manfaat korset pasca melahirkan?

Korset bagi wanita yang usai melahirkan bisa membantu mempercepat proses pengecilan perut dan meredakan sakit pinggang. Untuk memahami lebih lanjut seputar manfaat korset pasca melahirkan, yuk simak artikel berikut!

Manfaat Korset Pasca Melahirkan

Ternyata menggunakan korset pasca melahirkan memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan dan mempercepat proses pengembalian bentuk tubuh seperti semula.

Berikut manfaat korset pasca melahirkan yang wajib Bunda ketahui:

1. Membentuk Tubuh

Salah satu manfaat korset setelah persalinan adalah membantu membentuk tubuh agar lebih ramping. Bunda mungkin merasa kurang percaya diri setelah melahirkan, karena beberapa bagian tubuh yang mengendur, seperti pinggang dan perut. Oleh sebab itu, sebagai alternatifnya, Bunda dapat menggunakan korset setelah melahirkan.

2. Mengatasi Masalah Punggung

Saat hamil, Bunda mungkin sering mengalami masalah punggung akibat berat badan yang bertambah. Kondisi ini sering juga dialami oleh Bunda yang menyusui dan sering menggendong bayi. Nah, agar kondisinya tidak semakin parah, korset bisa menopang bagian punggung dan memberikan tekanan. Hal ini dapat berperan dalam membantu meredakan rasa nyeri di area punggung.

3. Penyangga

Manfaat korset setelah persalinan lainnya adalah sebagai penyangga pinggang dan perut yang melar. Hal ini akan mendorong perut agar tampak lebih kencang dan membantu mengembalikan ukurannya akan bisa seperti semula. Selain itu, korset ini juga cocok bagi seseorang yang mengalami masalah nyeri di area pinggang.

Baca Juga  Bolehkah Ibu Hamil Makan Rambutan? Ini Jawabannya

4. Mengecilkan Perut

Selama masa kehamilan, perut Bunda umumnya akan membesar dan kembali mengendur setelah melahirkan. Sayangnya, perut yang kendur membutuhkan waktu pemulihan cukup lama.

Selain itu, otot perut juga akan mengalami pemisahan seiring membesarnya ukuran rahim. Maka dari itu, Bunda bisa menggunakan korset untuk membantu mengecilkan perut dan mengembalikan otot ligame yang melonggar. Dengan begini, perut Bunda akan tampak lebih langsing.

5. Meredakan Nyeri Nifas

Manfaat korset pasca melahirkan selanjutnya adalah membantu meredakan nyeri saat nifas. Pada saat nifas, rahim akan mengalami kontraksi ketika mengeluarkan darah nifas. Nah, kontraksi tersebut bisa membuat perut Bunda terasa nyeri. Maka dari itu, Bunda bisa meredakannya dengan menggunakan korset. Sebab, pakaian ini bisa memberikan tekanan pada perut, sehingga terasa lebih nyaman.

6. Memperbaiki Postur Tubuh

Manfaat korset pasca melahirkan yang terakhir adalah membantu memperbaiki postur tubuh. Pada dasarnya, postur tubuh Bunda akan mengalami banyak perubahan selama masa kehamilan, terlebih lagi bagian tulang belakang.

Maka dari itu, korset berperan sebagai penopang tubuh, khususnya area punggung, pinggang, dan perut, sehingga bisa membanti mengembalikan postur tubuh.

Berapa Lama Penggunaan Korset? 

Kebanyakan orang bingung terkait berapa lama pemakaian korset yang ideal agar tubuh dapat kembali dan proses penyembuhannya cepat. Penggunaan korset yang ideal bergantung pada tujuannya. Jika korset digunakan sebagai perawatan medis, seperti dalam kasus skoliosis atau kondisi kesehatan lainnya, maka penggunaan harus sesuai dengan instruksi dokter untuk waktu pemakaiannya.

Berbeda dengan penggunaan pasca melahirkan, korset dapat membantu dan mempercepat penyembuhan luka operasi, mengecilkan lingkar perut. Apabila Bunda menggunakan merek korset dari New Life, produk ini menyediakan 2 tipe korset yang dapat Bunda gunakan setelah melahirkan dan pemulihan, seperti korset 3 Band dan Recovery. 

Baca Juga  Cara Memilih Stroller Bayi & Manfaat Menggunakannya, Catat!

Pemakaian korset 3 Band sendiri adalah selama 1-30 hari setelah melahirkan, sedangkan tipe Recovery dengan jangkauan waktu 31-60 hari. Dengan rutin memakainya, maka bisa membantu memulihkan bentuk tubuh Bunda agar seperti semula dan mengecilkan ukuran perut.

Jika korset digunakan untuk tujuan tertentu, seperti program penurunan berat badan, waktu penggunaan yang ideal akan bervariasi tergantung pada kondisi fisik seseorang. Biasanya, penggunaan korset untuk tujuan estetika atau penurunan berat badan tidak dianjurkan untuk lebih dari 6-8 jam sehari, karena dapat menyebabkan masalah pernapasan, pencernaan, maupun tekanan pada organ dalam

Selain itu, penggunaan korset yang terlalu lama dan terlalu ketat dapat memengaruhi postur tubuh dan meningkatkan risiko cedera. Itulah sebabnya, Bunda perlu memperhatikan waktu penggunaannya yang sesuai. Di sisi lain, apabila bingung dengan lama waktu pemakaiannya, Bunda juga bisa berkonsultasi kepada dokter.

Penutup

Demikian sederet informasi seputar manfaat korset pasca melahirkan dan aturan pemakaiannya. Perlu Bunda ketahui, pemakaian korset sebaiknya mengikuti rekomendasi dari ahlinya ataupun dokter. Selain itu, Bunda juga harus memperhatikan respons tubuh dan kesehatan secara keseluruhan saat menggunakan korset. Apabila ada gangguan yang membuat tidak nyaman maka segera untuk hentikan pemakaiannya.

Nah, jika Bunda ingin memiliki korset New Life, pemesanannya pun cukup mudah. Bunda bisa langsung berkunjung di e-commerce maupun situs New Life Official Store sekarang juga!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?