fbpx

5 Posisi Tidur saat Sakit Pinggang yang Tepat & Aman, Catat!

5 Posisi Tidur saat Sakit Pinggang yang Tepat & Aman, Catat!

Sakit pinggang adalah suatu kondisi yang sering dialami oleh setiap orang akibat beberapa faktor, seperti kesalahan posisi tidur. Maka dari itu, ketika mengalami masalah ini, kamu perlu mengetahui posisi tidur saat sakit pinggang yang tepat.

Pasalnya, apabila kamu menerapkan posisi tidur yang keliru, maka otot punggung, pinggul, serta leher bisa mengalami ketegangan dan menyebabkan sakit pinggang. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar posisi tidur saat sakit pinggang, yuk simak selengkapnya di artikel ini!

Posisi Tidur saat Sakit Pinggang

Seperti penjelasan sebelumnya, memperhatikan posisi tidur saat mengalami nyeri pinggang adalah hal penting agar gejalanya tidak semakin parah. Penyebab sakit pinggang pun cukup bervariasi, seperti postur tubuh saat duduk yang tidak tepat, mengangkat beban berat, hingga cedera tubuh.

Nah, salah satu cara mengatasi sakit pinggang yang dapat kamu terapkan adalah memperhatikan posisi tidur. Adapun beberapa posisi tidur saat sakit pinggang yang tepat adalah sebagai berikut.

1. Tidur Miring dengan Penyangga Bantal

Salah satu posisi tidur saat sakit pinggang yang nyaman adalah dengan miring ke kiri atau kanan dan memberikan penyangga bantal. Kamu bisa meletakkan bantal kokoh pada kedua lutut agar tulang belakang tidak tertarik keluar dan membuat pinggul, tulang belakang, serta panggul kembali sejajar.

Nah, berikut ini adalah cara menerapkan tidur miring dengan penyangga bantal yang nyaman.

  • Silakan letakkan satu bantal untuk menyangga kepala serta leher.
  • Setelah itu, tarik sedikit lutut dan letakkan pula bantal di bawahnya.
  • Di samping itu, isi pula celah tubuh serta kasur dengan bantal, khususnya bagian pinggang.
  • Bukan hanya itu, kamu juga bisa memeluk bantal besar di perut dan dada agar punggung tetap berada dalam posisi lurus.
Baca Juga  7 Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Ribet dengan Mudah

Itulah cara tidur miring dengan penyangga bantal. Sebagai catatan, untuk mengurangi tekanan pada salah satu sisi, ubah posisi tidurmu ke sisi lainnya. Dengan begitu, manfaat posisi tidur ini bisa kamu peroleh secara maksimal.

2. Tidur Telentang dengan Penyangga Lutut

Posisi tidur saat sakit pinggang lainnya adalah dengan telentang dan memberikan penyangga bantal pada tidur. Pasalnya, dengan posisi ini, berat tubuh akan ditopang secara merata. Adapun cara menerapkan posisi tidur ini dengan nyaman adalah sebagai berikut.

  • Silakan berbaring dengan telentang dan hindari posisi memiringkan kepala ke arah samping.
  • Setelah itu, letakkan bantal di bawah kepala dan leher untuk membantu menopangnya.
  • Letakkan pula bantal kecil kokoh di bawah lutut.
  • Selanjutnya, apabila ada celah antara badan dan kasur, isi pula dengan bantal tambahan, termasuk bagian punggung bawah.

Dengan menerapkan posisi di atas, nyeri pinggangmu akan semakin ringan. Di samping itu, posisi tidur ini juga membantu mengurangi tekanan sekaligus memastikan agar kepala, leher, serta tulang belakang dalam posisi sejajar.

3. Tidur Telentang dengan Posisi Menyandar

Tidur telentang dengan posisi menyandar seperti sedang duduk juga mampu mengurangi rasa nyeri pada pinggang. Hal ini bisa membantu mengurangi rasa sakit pada pinggang belakang, terlebih lagi pada penderita spondylolisthesis isthmic atau kondisi ketika salah satu ruas tulang belakang bagian atas mengalami pergeseran ke bawah.

Maka dari itu, untuk mengatasinya, kamu bisa tidur dengan posisi telentang dan menyandar. Kamu juga dapat meletakkan tangan di atas dada, perut, maupun samping tubuh agar terasa nyaman.

4. Posisi Seperti Janin

Posisi tidur saat sakit pinggang yang tepat lainnya adalah dengan memosisikan diri miring seperti janin. Kamu bisa menyelipkan lutut ke dada dan mengurangi tekukan tulang belakang. Tujuannya adalah untuk membantu persendian agar dapat terbuka.

Baca Juga  Posisi Mengurangi Nyeri Kontraksi

Adapun cara menerapkan posisi tidur seperti janin yang nyaman adalah sebagai berikut.

  • Silakan posisikan tubuh dengan berbaring miring ke kiri atau ke kanan.
  • Selain itu, pastikan kamu menggunakan bantal yang nyaman dan empuk untuk menyangga kepala serta leher.
  • Tekuklah lutut ke arah dada sampai punggung terdapat di dalam dengan posisi yang relatif lurus.

Itulah cara tidur dengan posisi seperti janin. Untuk meningkatkan kenyamanan dan menghindari ketidakseimbangan tekanan, ubahlah sisi kemiringan secara bergiliran. Dengan begitu, tekanan pada salah satu sisi pinggang dapat dihindari.

5. Tidur Tengkurap dengan Bantal di Bawah Perut

Posisi tidur saat sakit pinggang yang terakhir adalah dengan memosisikan diri secara tengkurap dan menaruh bantal di bawah perut. Pada dasarnya, posisi ini dianggap tidak sehat. Namun, posisi tersebut bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada pinggang. Pasalnya, bantal yang menyangga perut akan membantu pinggul untuk meningkatkan kesejajaran tulang belakang dan mencegah punggung bawah tenggelam ke dalam bentuk U. Adapun cara menerapkan posisi tidur ini dengan nyaman adalah sebagai berikut.

  • Silakan tidur dengan posisi tengkurap secara nyaman.
  • Setelah itu, taruh bantal tipis dan lembut di bawah perut serta pinggul agar membantu mengangkat tubuh bagian tengah.
  • Selanjutnya, gunakan bantal tipis juga untuk menopang kepala. Di samping itu, kamu juga dapat memosisikan kepala ke arah kiri maupun kanan. 

Posisi tidur ini ternyata bukan hanya baik bagi penderita nyeri pinggang, lho. Di sisi lain, posisi ini juga bermanfaat bagi para penderita penyakit diskus degeneratif atau hernia diskus. Sebab, posisi ini akan membantu membentuk tulang belakang yang sejajar.

Tips Tidur Nyenyak saat Sakit Pinggang

Selain memperhatikan posisi tidur ketika nyeri pinggang, kamu juga perlu memperhatikan beberapa tips agar dapat beristirahat dengan nyenyak. Adapun beberapa tips tidur nyenyak saat sakit pinggang adalah sebagai berikut.

  • Memilih bantal yang tepat. Apabila tidur telentang, kamu perlu menggunakan bantal empuk, tidak begitu tebal, sekaligus mampu menyangga dan mengisi ruang antara kasur serta leher. Jika tidur telungkup, gunakan bantal tipis dan empuk. Sementara itu, jika tidur menyamping, gunakan bantal kokoh.
  • Memilih kasur yang empuk dan tidak terlalu keras.
  • Olahraga dan berjemur setiap pagi.
  • Menghindari konsumsi kafein sebelum tidur.
  • Mengelola stres dengan baik.
  • Mengatur jam tidur dengan baik.
Baca Juga  8 Tanda-Tanda Persalinan Tinggal Menghitung Hari, Yuk Simak!

Pada dasarnya, menerapkan pola tidur yang baik bukan hanya bermanfaat untuk meredakan nyeri pinggang. Di lain sisi, kualitas tidur yang terjaga dapat memulihkan energimu setelah lelah beraktivitas. Selain itu, tubuhmu juga akan lebih segar untuk beraktivitas di keesokan harinya.

Penutup

Itulah sederet informasi mengenai posisi tidur saat sakit pinggang yang tepat. Selain memperhatikan posisi tidur, kamu juga dapat mengatasi nyeri pinggang dengan menggunakan korset New Life. Pasalnya, korset ini mempunyai penopang punggung bawah, sehingga bermanfaat untuk meredakan nyeri pinggang.

Lantas, di mana bisa mendapatkan korset New Life? Jangan khawatir, karena korset ini bisa kamu peroleh di New Life Official Store. Yuk, segera dapatkan sekarang juga!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?