fbpx

10 Rekomendasi Susu untuk Ibu Menyusui, Bantu Pelancar ASI!

10 Rekomendasi Susu untuk Ibu Menyusui, Bantu Pelancar ASI!

Selama masa menyusui, ibu membutuhkan berbagai nutrisi untuk mendukung kesehatan busui dan kualitas ASI. Nah, salah satu sumber nutrisi tersebut adalah mengonsumsi susu untuk ibu menyusui. Pada dasarnya, ada berbagai jenis susu yang bisa ibu konsumsi.

Namun, ibu perlu memperhatikan riwayat alergi yang dimiliki, seperti jika alergi susu sapi agar menggantinya dengan jenis susu lain. Nah, jika ingin mengetahui beberapa rekomendasi susu untuk ibu menyusui, simak selengkapnya di artikel ini!

Jenis Susu untuk Ibu Menyusui

Susu adalah salah satu sumber nutrisi untuk meningkatkan kualitas ASI. Di samping itu, ada beberapa jenis susu selain dari sapi yang juga bisa menjadi pilihan ibu ketika memiliki riwayat intoleransi laktosa. Adapun beberapa jenis susu untuk ibu menyusui adalah sebagai berikut.

1. Susu Kedelai

susu untuk ibu menyusui

Salah satu rekomendasi susu untuk ibu menyusui adalah susu kedelai. Susu ini kaya akan kandungan protein dan rendah lemak, sehingga baik bagi busui maupun bayi.

Susu kedelai juga memiliki kandungan serat, kalsium, vitamin, maupun karbohidrat. Namun, bayi cenderung lebih sensitif terhadap kedelai. Maka dari itu, jika bayi menunjukkan sensitivitasnya, sebaiknya hentikan konsumsi susu kedelai.

2. Susu Almond

susu untuk ibu menyusui

Jenis susu untuk busui berikutnya adalah susu almond. Susu almond kaya akan kandungan kalsium, vitamin, dan serat, sehingga bisa membantu mendukung tumbuh kembang tulang bayi serta menjaga kesehatan sistem pencernaan ibu.

Susu almond juga baik untuk meningkatkan produksi serta kualitas ASI busui dan tidak mengandung laktosa, sehingga aman bagi ibu yang memiliki riwayat intoleransi laktosa.

3. Susu Kacang Mete

susu untuk ibu menyusui

Susu kacang mete juga termasuk jenis susu untuk busui. Adapun kandungan nutrisi dari susu kacang mete cukup beragam, seperti kalori, rendah protein dan lemak, kalsium, vitamin D, dan karbohidrat.

Baca Juga  4 Penyebab Cegukan pada Bayi & Cara Mengatasinya yang Tepat

Tekstur dari susu kacang mete relatif lembut daripada susu dari kacang-kacangan lainnya. Apabila ingin menambahkan rasa manisnya, ibu juga bisa mencampurkannya dengan kurma.

4. Susu Gandum

susu untuk ibu menyusui

Jenis susu untuk ibu menyusui lainnya adalah susu gandum. Susu ini memiliki sejumlah kandungan yang baik untuk mendukung kelancaran dan kualitas ASI, seperti kalori, lemak, kalsium, vitamin D, karbohidrat, dan protein.

Susu ini cenderung mempunyai rasa manis alami meskipun tanpa tambahan gula. Sayangnya, jenis susu gandum cenderung jarang dijual, sehingga harganya relatif mahal.

5. Susu Santan

susu untuk ibu menyusui

Jenis susu untuk busui yang terakhir adalah susu santan. Ibu mungkin mengira jika susu santan tinggi kandungan lemak. Namun, susu santan versi non-kaleng cenderung rendah lemak dan protein. Susu santan juga memiliki kandungan nutrisi lainnya, seperti kalori, karbohidrat, vitamin D, maupun kalsium.

Rekomendasi Merek Susu untuk Ibu Menyusui

Saat ini, banyak merek susu untuk ibu menyusui yang bisa ibu pilih guna membantu melancarkan ASI. Adapun sejumlah rekomendasi merek susu untuk busui yang bisa menjadi pilihan adalah sebagai berikut.

1. Mama Soya 

Salah satu merek susu untuk ibu menyusui yang intoleran laktosa adalah Mama Soya. Susu ini berasal dari kacang kedelai, sehingga tinggi akan kandungan serat yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Mama Soya juga mengandung daun katuk yang berperan dalam membantu melancarkan produksi ASI. Susu Mama Soya juga mengandung bee pollen atau serbuk sari lebah yang kaya akan kandungan vitamin, protein, serta antioksidan.

2. Susu Almond Afis

Rekomendasi merek susu untuk busui lainnya adalah Almond Afis. Seperti namanya, susu ini berasal dari kacang almond dengan tambahan kurma, madu, dan ekstrak daun katak.

Baca Juga  Manfaat Korset Pria untuk Sakit Pinggang

Adapun beberapa kandungan nutrisi dari susu Almond Afis adalah asam folat, DHA, vitamin A, B kompleks, C, E, dan kalsium. Dengan berbagai kandungan tersebut, susu ini berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh serta melancarkan ASI.

3. Lovamil

Rekomendasi merek susu untuk busui berikutnya adalah Lovamil. Susu ini bisa mengandung beberapa jenis nutrisi, seperti protein, kalsium, zat besi, vitamin, serta mineral yang bagus bagi busui maupun si kecil.

Beberapa nutrisi tersebut berperan untuk mendukung tumbuh kembang si kecil dan melancarkan ASI. Nah, Lovamil sendiri menyediakan beberapa jenis varian rasa, misalnya stroberi, cokelat, kacang hijau, dan vanila.

4. Prenagen Lactamom

Merek susu untuk ibu menyusui selanjutnya adalah Prenagen Lactamom. Susu ini mempunyai kandungan DHA, vitamin D, kalsium, serta asam lemak omega-3 yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan memaksimalkan kecerdasan bayi. Prenagen Lactamom menawarkan beberapa varian rasa, seperti vanila, cokelat, dan moka.

5. Anmum Lacta

Anmum Lacta juga termasuk sebagai susu pelancar ASI yang cocok bagi busui. Susu ini mengandung nuelipid, DHA, serta GA yang bisa membantu mendukung perkembangan otak bayi.

Bukan hanya itu, kandungan vitamin B kompleks dalam Anmum Lacta juga bisa mendukung proses pembentukan energi. Anmum Lacta juga mengandung zat besi serta kalsium yang berperan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.

Penutup

Demikian beberapa informasi mengenai susu untuk ibu menyusui yang bisa dikonsumsi guna mendukung kesehatan busui serta bayi. Pada dasarnya, nutrisi yang terkandung dalam susu bisa membantu melancarkan dan meningkatkan kualitas ASI, sehingga berperan dalam mendukung tumbuh kembang bayi.

Di samping itu, ibu juga perlu menjaga asupan makanan bergizi, seperti mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Nah, jika ingin mengetahui tips menjaga kesehatan ibu menyusui lainnya, kunjungi langsung laman New Life!

Baca Juga  Kontraksi Palsu dan Tanda-tandanya
Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?