fbpx

Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil, Berbahaya Atau Bermanfaat?

Masa kehamilan merupakan masa yang penting bagi suami dan istri. Maka wajar saja jika pasangan suami istri lebih memperhatikan pola hidup dan juga pantangan-pantangan yang ada demi menjaga buah hati tetap aman dan sehat dalam kandungan.

Untuk menjaga kesehatan ibu dan janin, tentu dibutuhkan nutrisi yang baik. Nutrisi tersebut dapat didapatkan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan meminum air kelapa muda. 

Kelapa Muda Boleh Diminum Ibu Hamil?

Konsumsi kelapa muda tentu bermanfaat bagi ibu hamil. Kelapa muda memiliki berbagai kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk moms. Nutrisi-nutrisi tersebut, meliputi antioksidan, natrium, kalsium, magnersium, karbohidrat, dan juga kalium.

Meski terbilang aman dan tidak ada larangan mengenai untuk ibu hamil mengkonsumsi, tetapi konsumsi air kelapa muda ini terbilang subjektif. Hal ini tergantung pada kondisi ibu hamil. Jika ibu hamil memiliki penyakit tertentu, bisa saja minum kelapa muda dapat menjadi berbahaya. Apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan.

Manfaat Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil

Setelah mengetahu ragam nutrisi yang dimiliki kelapa muda, tentu ibu telah menyadari bahwa kelapa muda memiliki berbagai manfaat. Beberapa manfaat minum air kelapa muda untuk ibu hamil adalah sebagai berikut.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Ibu dapat menemukan kalium di dalam kelapa muda. Kalium ini berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah beserta melemaskannya. Selain itu, kalium juga berfungsi mengeluarkan garam dari tubuh. Semakin rendah kadar garam yang dimiliki dalam tubuh, maka resiko tekanan darah tinggi pun akan menurun. Maka dari itu, air kelapa muda cocok untuk moms yang memiliki tekanan darah tinggi, namun, perlu dihindari bagi ibu hamil yang memiliki tekanan darah rendah.

Baca Juga  4 Perbedaan Sakit Pinggang Haid dan Hamil yang Tampak Mirip

2. Mencegah Dehidrasi

Tidak hanya asupan makanan, tapi asupan cairan tubuh ibu hamil juga perlu dipenuhi. Salah satunya dengan cara minum air putih. Tetapi, tidak hanya air putih saja, ibu hamil juga bisa mencoba untuk minum air kelapa muda. Walau begitu, konsumsi air putih tetap merupakan cara terbaik untuk menghidrasi tubuh.

3. Mengurangi Morning Sickness

Morning sickness merupakan kondisi dimana ibu hamil merasa mual dan muntah. Umumnya, ibu akan mengalami morning sickness pada trimester pertama kehamilan. Morning sickness juga merupakan salah satu penyebab ibu mengalami dehidrasi. Untuk membantu meredakannya, ibu dapat mengkonsumsi air kelapa muda. Air kelapa muda untuk ibu hamil berguna dalam menjaga kadar pH yang ada dalam tubuh sehingga dapat mengatur keasaman lambung dan mengurangi rasa mual.

4. Mendukung Perkembangan Janin

Air kelapa muda memiliki vitamin dan juga mineral yang tinggi. Vitamin dan mineral dalam air kelapa muda yang ibu minum dapat membantu tumbuh kembang janin. Salah satunya adalah kandungan kalsium yang berperan penting dalam perkembangan tulang pada janin. Selain itu, air kelapa muda juga dapat mengurangi resiko preeklampsia dan juga berat badan bayi lahir rendah.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan antioksidan yang terkandung di dalam air dan juga daging buah kelapa muda berfungsi untuk melindungi moms dan janin dari berbagai penyakit. Selain itu, terdapat juga kandungan asam laurat yang tinggi dalam air kelapa muda. Asam laurat menghasilkan monolaurin atau antivirus dan antibakteri pada tubuh. Dengan adanya kedua kandungan ini, sistem kekebalan tubuh ibu pun akan meningkat.

Penutup

Meski manfaat kelapa muda untuk ibu hamil amatlah banyak, alangkah baiknya jika moms mengkonsumsinya dengan bijak. Ibu sebaiknya hanya mengkonsumsi satu sampai dua gelas dalam sehari. Hindari juga menambahkan pemanis atau perasa dalam air kelapa muda yang akan diminum.

Baca Juga  Begadang Saat Hamil, Bolehkah Sering Dilakukan?

Air kelapa muda yang dianjurkan adalah air kelapa muda yang masih segar, bukan air kelapa muda dalam kemasan. Segeralah minum air kelapa muda yang telah dipotong agar nutrisi yang didapatkan lebih baik.

Jangan lewatkan kesempatan untuk memperoleh informasi berharga seputar kehamilan lainnya hanya di New Life.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?