fbpx

11 Rekomendasi Vitamin untuk Program Hamil, Aman Dikonsumsi!

11 Rekomendasi Vitamin untuk Program Hamil, Aman Dikonsumsi!

Saat menjalani program kehamilan, ibu bukan hanya perlu menjaga gaya hidup setiap hari, tetapi juga bisa mengonsumsi vitamin. Hal itu bertujuan untuk menjaga kesehatan ibu, kesuburan, dan meningkatkan peluang kehamilan. Maka dari itu, alangkah pentingnya bagi ibu agar mengetahui beberapa jenis vitamin untuk program hamil.

Terdapat sejumlah jenis vitamin dan mineral yang bisa ibu konsumsi dalam bentuk makanan maupun suplemen harian. Nah, jika ingin tahu lebih lanjut seputar rekomendasi vitamin untuk program kehamilan, yuk simak selengkapnya di artikel berikut!

Jenis Vitamin untuk Program Hamil

Menjaga kesehatan tubuh adalah salah satu kunci untuk melancarkan program kehamilan. Pasalnya, kesehatan tubuh dapat memengaruhi kesuburan, lho. Nah, salah satu cara yang bisa ibu lakukan adalah mengonsumsi vitamin.

Berikut ini adalah sejumlah jenis vitamin untuk program hamil yang bisa ibu dapatkan dari makanan maupun suplemen:

1. Vitamin B6

Salah satu jenis vitamin untuk program hamil adalah vitamin B6. Vitamin ini berperan penting untuk menurunkan kadar homosistein tubuh yang menyebabkan penyakit stroke maupun jantung. 

Apabila kadar homosistein tubuh tinggi, maka bisa berdampak buruk terhadap kesuburan wanita. Itulah sebabnya, ibu perlu mengonsumsi vitamin B6 dari sejumlah makanan, seperti sayuran hijau, pisang, alpukat, daging ayam, hati sapi, hingga ikan.

2. Vitamin B9

Vitamin B9 atau asam folat termasuk nutrisi penting yang baik untuk mendukung program kehamilan. Asam folat bisa membantu meningkatkan produksi sel darah merah, mencegah risiko cacat tabung saraf janin, serta menjaga kesuburan wanita. Beberapa sumber asam folat yang bisa ibu konsumsi adalah brokoli, bayam, buncis, telur, maupun daging ayam.

3. Vitamin C

Vitamin C adalah sumber antioksidan tinggi yang berperan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menangkal radikal bebas. Selain itu, mengonsumsi vitamin C dalam kadar cukup bisa membantu meningkatkan motilitas sel sperma, menguatkan dinding pembuluh darah wanita, hingga melawan infeksi pengganggu ovulasi. Untuk mendapatkan vitamin C, ibu dan pasangan bisa mengonsumsi mangga, tomat, jeruk, stroberi, kentang, serta kacang polong.

Baca Juga  5 Ciri-Ciri Korset Terbaik Pasca Melahirkan dan Manfaatnya

4. Vitamin D

Vitamin D juga termasuk sebagai jenis vitamin untuk promil. Jenis vitamin ini bukan hanya baik untuk sistem kekebalan tubuh maupun kesehatan tulang, tetapi juga berperan dalam menyuburkan kandungan. Bahkan, wanita yang kekurangan vitamin D lebih berisiko mengalami endometriosis. Masalah tersebut bisa memicu kesulitan hamil.

Selain bermanfaat untuk wanita, asupan vitamin D yang cukup juga berperan penting bagi pria, yaitu untuk meningkatkan kadar hormon testosteron serta menjaga kualitas sel sperma. Adapun beberapa sumber vitamin D yang bisa dikonsumsi adalah sereal, hati sapi, minyak ikan, serta susu. Vitamin D juga bisa ibu dan pasangan peroleh dengan berjemur di bawah terik matahari pagi.

5. Vitamin E

Jenis vitamin untuk program hamil berikutnya adalah vitamin E. Vitamin ini bermanfaat untuk menebalkan dinding rahim untuk mendukung proses pembuahan serta kehamilan. Di samping itu, vitamin E juga berfungsi untuk menangani sindrom ovarium polikistik. Masalah kesehatan tersebut bisa memperlambat metabolisme pada wanita serta menimbulkan ketidakseimbangan hormon. Adapun beberapa sumber vitamin E adalah kacang tanah, ubi jalar, sayuran hijau, serta kacang almon.

6. Mineral

Selain vitamin, ibu maupun pasangan juga perlu memenuhi kebutuhan mineral untuk mendukung program kehamilan. Adapun beberapa jenis mineral yang bisa ibu maupun pasangan konsumsi adalah sebagai berikut.

  • Zinc atau seng yang berfungsi untuk meningkatkan jumlah hormon testosteron pada pria serta mendorong produksi sel sperma.
  • Zat besi yang bisa membantu menambah produksi sel darah merah dalam tubuh, mencegah penurunan kualitas sel telur, hingga menurunkan risiko terjadinya anovulasi.
  • Kalsium adalah jenis mineral yang berfungsi untuk menyuburkan kandungan dan mendukung perkembangan janin.

Nah, sejumlah jenis mineral tersebut bisa ibu maupun pasangan penuhi melalui asupan makanan atau minuman sehari-hari. Misalnya adalah mengonsumsi buah-buahan, sayuran hijau, yoghurt, sereal, olahan kedelai, kacang-kacangan, keju, serta susu.

Baca Juga  8 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Menyusui, Jaga Imun Tubuh!

Merek Vitamin untuk Program Hamil

Setelah mengetahui jenis vitamin untuk promil, ibu juga bisa mencukupi kebutuhan vitamin tersebut dari suplemen. Namun, ibu perlu berkonsultasi kepada dokter terlebih dulu sebelum mengonsumsinya.

Berikut ini adalah beberapa merek vitamin untuk program hamil adalah sebagai berikut.

1. Promavit

Salah satu merek vitamin untuk program kehamilan adalah Promavit. Jenis vitamin ini mengandung sejumlah nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B12, asam folat, vitamin D3, omega-3, zat besi, kalsium, hingga magnesium. Berbagai kandungan tersebut berperan penting untuk menjaga kesuburan dan memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa promil.

2. Blackmores Pregnancy Breastfeeding Gold

Merek vitamin untuk promil selanjutnya adalah Blackmores Pregnancy Breastfeeding Gold. Vitamin ini mengandung zat besi, asam folat, minyak ikan, omega-3, vitamin A, B kompleks, D3, E, magnesium, serta kalsium yang baik bagi ibu di masa promil. Di sisi lain, asupan vitamin ini dalam kadar cukup juga membantu mencegah sembelit, hingga baik untuk ibu hamil maupun menyusui.

3. Nature’s Plus Folic Acid Hearts

Merek vitamin untuk program hamil berikutnya adalah Nature’s Plus Folic Acid Hearts. Vitamin ini memiliki kandungan asam folat yang penting untuk menjaga kesuburan wanita. Di samping itu, Nature’s Plus Folic Acid Hearts juga mengandung B6 dan B12 yang bisa membantu mencegah anemia, menjaga kesehatan jantung, serta melancarkan proses laktasi.

4. Folavit Folic Acid

Merek vitamin untuk program kehamilan lainnya adalah Folavit Folic Acid. Vitamin ini memiliki kandungan asam folat yang baik untuk mendukung produksi sel darah merah serta memelihara sistem saraf. Harga vitamin ini pun tergolong murah, yaitu sekitar Rp10.000-Rp12.000.

5. Folamil Genio

Folamil Genio adalah merek vitamin E khusus promil. Selain itu, vitamin ini juga mengandung mineral, DHA, serta ARA yang baik untuk mendukung pertumbuhan otak janin. Bukan hanya itu, mengonsumsi Folamil Genio secara teratur juga bisa membantu mencegah terjadinya anemia.

Baca Juga  Bantal Hamil 99% Mengurangi Sakit Punggung

Penutup

Itulah sederet informasi berkaitan dengan vitamin untuk program hamil yang bisa ibu konsumsi. Namun, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dulu kepada dokter sebelum mengonsumsinya. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa vitamin yang kamu konsumsi tidak mengganggu promil. Nah, jika ingin mengetahui informasi lain seputar program kehamilan, kunjungi langsung web New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?