fbpx

10 Makanan Pelancar ASI Untuk Ibu Muda

Makanan pelancar ASI sering kali menjadi buruan oleh para ibu yang baru memiliki anak. Para orang tua berusaha memberikan nutrisi terbaik yang mereka bisa dengan mengonsumsi makanan yang dapat membantu keluarnya ASI. Untuk kamu yang sedang mencari makanan pendorong keluarnya ASI, berikut beberapa rekomendasinya.

Makanan Pelancar ASI

Mengonsumi makanan yang dengan gizi yang tepat dapat membantu kamu dalam memberikan ASI ekslusif pada bayi. Berikut beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk melancarkan ASI.

1. Bayam

makanan pelancar asi

Rekomendasi makanan pelancar ASI yang pertama adalah bayam. Selain harganya yang relatif murah, sayur satu ini memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi ibu menyusui. Di dalam sebuah bayam, terdapat nutrisi berupa protein, magnesium, vitamin A, B6, C, E, K, protein, ribloflavin, thiamin, dan fosfor yang baik untuk perkembangan bayi. 

Selain itu, terdapat kandungan zat besi dan asam folat yang berguna untuk mendorong produksi ASI pada ibu. Untuk kamu yang takut gemuk karena banyak makan pun tidak perlu khawatir, kalori pada bayam terhitung rendah dan kadar lemaknya nol. 

2. Gandum

makanan pelancar asi

Gandum adalah jenis makanan yang kaya akan serat, asam folat, dan zat besi. Kandungan ini sangat kamu perlukan karena selama menyusui ibu akan berbagi nutrisi dengan bayi. Kamu bisa mendapatkan nutrisi gandum ini melalui roti gandum dan oat meal.

3. Wortel

makanan pelancar asi

Sudah banyak yang tahu bahwa wortel adalah sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Namun, tahukah kamu bahwa dalam wortel juga terdapat  phytoestrogens atau fitoestrogen yang dapat meningkatkan kualitas ASI? Wortel juga menjadi salah satu sayuran yang bisa kamu olah menjadi makanan olahan yang enak-enak, sehingga kamu bisa memvariasikan menu satu ini agar tidak bosan.

Baca Juga  Masa Nifas Setelah Melahirkan: Do and Don't

4. Edamame

makanan pelancar asi

Edamame atau kedelai jepang merupakan makanan yang kaya akan protein nabati. Protein menjadi salah satu zat yang kamu perlukan selama menyusi bayi. Jika kamu merasa bosan dengan ikan dan daging, maka edamame ini bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan pasokan protein.

5. Pepaya

makanan pelancar asi

Pepaya adalah pilihan yang pas untuk kamu yang ingin mengonsumsi buah-buahan yang berair. Pada pepaya terkandung 33% vitamin dan 50% kalium yang lebih besar dari jeruk. Dalam buah satu ini juga terdapat kandungan lemak jenuh dan natrium yang rendah. Gabungan dari semua nutrisi tadi menjadi asupan yang baik untuk kamu yang sedang menyusui.

6. Labu

makanan pelancar asi

Rekomendasi makanan pelancar ASI selanjutnya adalah labu. Walau sebenarnya labu termasuk jenis buah, tapi kamu bisa mengonsumsinya seperti memasak sayuran lainnya. Labu memiliki tekstur yang lembut, hal ini akan memudahkan ibu dalam mencernanya.

7. Daging

makanan pelancar asi

Sama halnya dengan edamame, daging menjadi sumber protein yang baik untuk ibu menyusui. Daging juga memiliki kandungan mineral seng yang bermanfaat untuk mempertahankan energi ibu.

Menjaga energi tetap optimal selama menyusui juga sebuah keharusan untuk ibu. Jika sang ibu mengalami kelelahan atau kehabisan stamina, hal itu juga akan berdampak pada pemberian ASI nantinya.

8. Kaldu Asli Tulang

makanan pelancar asi

Kaldu yang dibuat dari rebusan tulang asli ternyata memiliki manfaat untuk memperlancar ASI juga loh. Namun, kaldu yang kamu konsumsi harus berasal dari tulang asli bukan produk instan yang biasa dijual di minimarket.

Dalam kaldu ini terdapat asam amino, kolagen dan mineral yang baik untuk konsumsi. Selain melancarkan ASI, zat-zat tersebut juga membantu proses pemulihan ibu setelah melahirkan.

9. Ikan Salmon

makanan pelancar asi

Ikan salmon adalah menu makan yang baik bagi kamu yang sedang dalam kondisi menyusui. Kandungan protein dan omega-3 dalam ikan salmon dapat membantu produksi ASI serta dapat meningkatkan kecerdasan anak. Namun, selama menyusui sebaiknya jangan memakan salmon mentah, kamu bisa mengolahnya dengan cara yang kamu suka.

Baca Juga  Gerakan Agar Cepat Kontraksi: Tips dan Trik

10. Kacang-kacangan

makanan pelancar asi

Kandungan galactogogue pada kacang memiliki kegunaan untuk melancarkan ASI. Selain itu, kacang dengan jenis almond, soya, dan kedelai memiliki kandungan yang tinggi kalsium sehingga bermanfaat untuk kepadatan tulang ibu dan bayi. Jika kamu ingin mencoba varian olahan dari kacang-kacangan yang mudah ditemukan, kamu bisa mengonsumsi tahu dan tempe sebagai lauk pendamping.

Itulah beberapa rekomendasi menu makanan pelancar ASI untuk ibu muda. Kamu bisa menjadikan daftar tersebut sebagai menu makanan yang digabung atau dikonsumsi secara bergantian. Memberikan ASI pada bayi sangatlah disarankan karena di dalamnya terdapat manfaat yang besar. Ketahui kelebihan ASI dibanding susu formula yang telah disajikan berikut ini.

Kelebihan ASI 

Jika kamu adalah ibu yang baru saja melahirkan dan tidak mengalami kendala dalam memberikan ASI, serta memiliki bayi yang tidak memiliki riwayat alergi sebaiknya memberikan ASI eksklusif.

Alasannya karena di dalam air susu ibu terdapat beragam manfaat yang baik untuk bayi seperti berikut ini.

1. Memperkecil Kemungkinan Alergi

Pada beberapa kasus, terdapat bayi yang alergi susu formula yang berasal dari susu sapi. Namun, jarang ditemukan bayi mengalami alergi ASI. Maka kamu bisa meminimalisir adanya reaksi alergi dengan memberikan ASI ini pada bayi.

2. Memperkuat Imunitas Bayi

Di dalam air susu ibu, cakupan nutrisi yang keluar sudah sangat lengkap. Hal ini sudah cukup untuk memberikan gizi yang cukup untuk bayi dan memperkuat daya tahan tubuhnya.

3. Meminimalisir Kemungkinan Kanker Payudara

Kanker payudara dapat terjadi karena hormon estrogen dalam tubuh perempuan yang tinggi. Memberikan ASI pada bayi dapat memangkas jumlah hormon tersebut. Itu artinya kamu dapat meminimalisir terjadinya kanker payudara dengan tidak melewatkan fase menyusui pada bayi.

Baca Juga  11 Rekomendasi Vitamin untuk Program Hamil, Aman Dikonsumsi!

4. Memperkuat Ikatan Ibu dan Bayi

Dalam proses menyusui, terdapat keintiman yang tidak bisa dituliskan. Pada interaksi tersebut akan terbangun ikatan orang tua dan anak yang mendalam. Memberika ASI pada bayi juga membentuk ikatan batin yang kuat sehingga secara tidak langsung anak akan merasakan cinta kasih seorang ibu melalui kegiatan tersebut.

5. Menjadi KB Alami

Selama menyusui, proses ovulas dalam organ reproduksi akan terhambat. Inilah yang menyebabkan seorang ibu yang baru melahirkan tidak akan langsung mengalami haid. Berkat menyusui ini, kamu sama halnya dengan melakukan KB secara alami dan menunda kehamilan berikutnya.

Itulah beberapa kelebihan memberikan ASI pada bayi. Manfaat yang terasa tidak hanya didapat oleh bayi, tapi juga ibu. Jika tidak mengalami kendala atau masalah kesehatan lainnya, disarankan untuk mengupayakan pemberian ASI secara langsung pada bayi.

Penutup

Makanan pelancar ASI bisa kamu temukan di sekitar kita. Banyak makanan alami yang baik untuk kamu konsumsi selama fase menyusui. Memberikan ASI eksklusif pada bayi pun memiliki beragam manfaat yang bisa kamu rasakan. 

Untuk mendapat informasi seputar ibu dan bayi lainnya, yuk kunjungi New Life

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?