fbpx

6 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

Ketika dalam masa hamil muda atau trimester pertama, ibu hamil akan mengalami perubahan hormone yang dapat menyebabkan mual hingga pusing dan muntah. Rasa mual ini umumnya muncul ketika minggu pertama kehamilan dan terkadang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Mual bisa datang kapan saja. 

Penyebab Mual Saat Hamil Muda

Mual saat hamil muda merupakan hal yang normal terjadi dan rata-rata ibu hamil muda mengalami mual. Tak jarang, rasa mual ini mengganggu aktivitas sehari-hari ibu hamil.

Berikut adalah penyebab mual saat hamil muda:

1. Meningkatnya hormon estrogen

Ketika hamil, hormon estrogen di dalam tubuh akan meningkat. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya rasa mual ketika hamil muda.

2. Meningkatnya hormon progesteron

Progesteron adalah hormon yang berfungsi sebagai penghasil kelenjar susu pada ibu hamil. Ketika hamil, hormon progesteron akan meningkat seperti hormon estrogen. Hormon ini dapat memicu rasa mual, perut kembung, dan nyeri pada bagian payudara.

3. Terganggunya sistem pencernaan

Ketika hormon-hormon sedang mengalami peningkatan, maka, hal itu akan berdampak pada esofagus atau kerongkongan di bagian bawah yang membuat otot katup lambung rileks dan asam lambung dapat mencapai kerongkongan. Hal ini juga dapat menjadi pemicu rasa mual ketika hamil muda.

4. Indra penciuman lebih sensitif

Saat hamil muda, selain hormon meningkat, sensitivitas dari indera penciuman juga akan lebih peka terhadap aroma yang menyengat. Kepekaan penciuman ini dapat menjadi salah satu alasan terjadinya rasa mual.

5. Stres 

Stres membuat pencernaan kita menjadi terganggu sehingga dapat memicu sakit perut, asam lambung naik, dan mual.

Penyebab mual diatas adalah gejala umum yang dialami oleh ibu muda ketika sedang mengandung, tetapi jangan khawatir mual dapat diatasi loh.

Baca Juga  Kegiatan Ibu Hamil yang Sehat dan Aman

Tips Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

Setelah mengetahui penyebab terjadinya mual saat hamil muda, maka akan lebih muda bagi ibu untuk mengatasinya. Ibu dapat mengatasinya dengan mengikuti cara mengatasi mual saat hamil muda di bawah ini:

1. Mengatur porsi makanan

Cara mengatasi mual saat hamil muda yang pertama adalah mengatur porsi makan. Mungkin biasanya ibu hamil muda kerap makan dengan porsi cukup banyak. Untuk menghindari rasa mual, cobalah makan dengan porsi sedikit namun dengan intensitas waktu yang sering.

Bahkan jika bisa, konsumsi cemilan atau makanan ringan pada sela waktu makan tersebut. Jangan biarkan perut merasa lapar ataupun terlalu kenyang karena hal tersebut dapat memicu rasa mual datang kembali.

2. Menggunakan aromaterapi

Aromaterapi selain beguna untuk membuat tubuh menjadi tenang, ternyata dapat juga digunakan untuk mengatasi rasa mual. Aromaterapi ini cukup efektif untuk mengurangi rasa mual saat trimester pertama kehamilan. Ibu dapat memilih aromaterapi yang memiliki aroma segar, seperti lemon, mint, dan jeruk.

3. Mencukupi konsumsi air putih

Cara mengatasi mual saat hamil muda yang paling mudah dilakukan adalah mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. Jangan biarkan tubuh mengalami dehidrasi. Selain mengurangi rasa mual, mengkonsumsi air putih selama masa kehamilan trimester pertama juga dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi. Ibu hamil muda dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 8 hingga 12 gelas sehari.

4. Berolahraga secara teratur

Olahraga memang dianjurkan untuk ibu hamil muda. Berolahraga secara teratu dapat membantu melancarkan aliran darah dan mengkontrol perubahan-perubahan yang terjadi saat hamil muda.

Akan tetapi, jangan melakukan olahraga yang berat dan memakan banyak tenaga. Ini dapat memperburuk rasa mual dan beresiko membahayakan ibu dan janin.

Baca Juga  Manfaat Minyak Rambut Bayi Zwitsal & Rekomendasinya, Catat!

Lakukanlah olahraga ringan yang fokus pada pernafasan, seperti yoga, senam ibu hamil, berjalan kaki, dan berenang. Namun jika olahraga itu malah memperburuk rasa mual dan membuat sesak nafas, segeralah berhenti dan beristirahat.

5. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang asam

Salah satu cara lain yang dapat dilakukan adalah mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki rasa asam. Ketika merasa mual, cobalah konsumsi makanan atau minuman nasam, seperti air lemon, strawberry, mangga, ataupun permen rasa lemon. Rasa asam sendiri dikenal sebagai pencegah rasa mual. 

6. Menghindari makanan dengan aroma yang kuat

Hindarilah makanan yang memiliki aroma sangat kuat, Saat ibu tengah hamil muda, indera penciumannya pun akan sangat sensitif sehingga sangat mudah untuk terganggu dengan aroma yang kuat. Aroma makanan yang kuat ini dapat memicu rasa mual pada ibu hamil. 

Rasa mual memang rentang sekali terjadi pada trimester pertama kehamilan. Hal ini merupakan hal yang wajar karena adanya perubahan hormone yang terjadi pada tubuh semasa kehamilan. Jika rasa mual sudah mengganggu ibu melakukan aktivitas sehari-hari, ibu dapat mengunjungi dokter untuk meminta penanganan yang tepat.

Jangan lewatkan kesempatan untuk memperoleh informasi berharga seputar kehamilan lainnya hanya di New Life.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?