fbpx

10 Cara Menjaga Kandungan agar Tetap Sehat dan Kuat, Simak!

10 Cara Menjaga Kandungan agar Tetap Sehat dan Kuat, Simak!

Menjaga kesehatan kehamilan adalah hal yang perlu dilakukan oleh setiap ibu hamil. Hal ini bisa membantu mendukung tumbuh kembang si kecil dalam rahim sekaligus menjaga kesehatan ibu. Maka dari itu, ibu perlu mengetahui sejumlah cara menjaga kandungan agar tetap sehat dan kuat.

Pada dasarnya, ibu bisa menjaga kandungan dengan menerapkan pola hidup sehat setiap hari dan menghindari pantangan kehamilan. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara menjaga kandungan agar tetap sehat dan kuat, yuk simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Cara Menjaga Kandungan agar Sehat dan Kuat

Pada dasarnya, kesehatan bayi dipengaruhi oleh cara ibu menjaga si kecil sejak masih dalam kandungan. Itulah sebabnya, kesehatan kandungan adalah hal penting yang perlu ibu perhatikan untuk menghindari masalah atau komplikasi kehamilan.

Adapun beberapa cara menjaga kandungan agar tetap sehat dan kuat adalah sebagai berikut:

1. Mengonsumsi Makanan yang Matang Sempurna

Salah satu cara menjaga kandungan agar tetap sehat dan kuat adalah dengan mengonsumsi makanan yang matang sempurna. Terlebih lagi ketika ibu sedang memasak ikan maupun daging. Sebab, makanan yang tidak matang sempurna berisiko menyebabkan keracunan, hingga infeksi bakteri.

2. Mencukupi Kebutuhan Kalori

Cara menjaga kandungan agar tetap sehat dan kuat berikutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan kalori. Sebab, kalori bisa membantu mendukung perkembangan janin.

Untuk itu, sebaiknya ibu tidak melakukan diet selama masa kehamilan. Di sisi lain, pastikan asupan kalori harian dalam takaran cukup agar tidak menimbulkan kelebihan berat badan.

3. Mengonsumsi Asam Folat

Asam folat adalah salah satu nutrisi penting untuk mendukung kehamilan dan tumbuh kembang bayi. Selain itu, asam folat juga bisa menunjang pembentukan sel tubuh serta sistem saraf janin.

Baca Juga  Apa yang Harus Dilakukan Saat Kontraksi Datang?

Di sisi lain, apabila asam folat tidak terpenuhi, maka bayi berisiko mengalami cacat bawaan. Adapun beberapa makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil adalah alpukat, pisang, jeruk, serta sayuran hijau.

4. Mencukupi Kebutuhan Vitamin D dan Kalsium

Kalsium dan vitamin D adalah dua nutrisi penting yang bisa membantu mendukung pertumbuhan gigi, tulang, otot, hati, serta saraf janin. Selain itu, nutrisi tersebut juga penting bagi ibu untuk membantu memperkuat kondisi tubuh. Untuk itu, selama masa kehamilan, ibu perlu memenuhi asupan kalsium dan vitamin D, misalnya dengan mengonsumsi susu ibu hamil, sayuran, maupun buah-buahan.

5. Menjaga Asupan Zat Besi

Tips menjaga kesehatan kehamilan lainnya adalah dengan menjaga asupan zat besi. Pasalnya, zat besi berperan penting untuk membentuk sel darah merah serta plasenta. Di sisi lain, kekurangan zat besi bisa memicu anemia, berat badan bayi lahir rendah, hingga risiko perdarahan selama proses melahirkan. Itulah sebabnya, mengonsumsi zat besi untuk ibu hamil sangat penting. Adapun beberapa asupan zat besi bisa bumil peroleh dari daging rendah lemak, buah-buahan, serta sayuran.

6. Rajin Berolahraga

Cara menjaga kandungan agar tetap sehat dan kuat berikutnya adalah dengan rajin berolahraga. Meskipun sedang hamil, bukan berarti ibu harus berhenti berolahraga, lho. Sebaliknya, berolahraga justru bisa mendukung kesehatan kehamilan selama ibu menerapkannya dengan tepat. 

Adapun beberapa manfaat olahraga ibu hamil adalah mengurangi sakit pinggang, melatih pernapasan, meningkatkan kualitas tidur, menjaga berat badan agar tetap ideal, hingga mencegah risiko preeklamsia. Untuk itu, ibu bisa melakukan beberapa jenis olahraga ringan, misalnya berjalan kaki, renang, yoga, senam ibu hamil, maupun pilates.

7. Menjaga Berat Badan agar Tetap Ideal

Tips menjaga kesehatan kandungan juga bisa ibu lakukan dengan menjaga berat badan agar tetap ideal. Pasalnya, kelebihan berat badan bisa menimbulkan sejumlah komplikasi kehamilan.

Baca Juga  Bermanfaatkah Penggunaan Stagen Setelah Melahirkan?

Misalnya adalah diabetes gestasional, hipoglikemia bayi, hingga kelahiran prematur. Untuk itu, ibu perlu memantau perkembangan berat badan secara rutin.

8. Menghindari Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Selama hamil, ibu juga perlu menghindari kebiasaan merokok dan minum alkohol. Sebab, kebiasaan tersebut bisa membahayakan kondisi kesehatan ibu maupun kehamilan. Selain itu, ibu juga perlu menghindari paparan rokok, karena bisa berdampak terhadap sistem pernapasan.

9. Istirahat yang Cukup

Cara menjaga kandungan agar tetap sehat dan kuat lainnya adalah dengan mencukupi kebutuhan istirahat. Saat hamil, ibu mungkin akan sering mengalami kesulitan tidur malam karena sesak napas maupun nyeri pinggang, terlebih lagi ketika usia kehamilan semakin tua.

Maka dari itu, ibu perlu menyiasatinya dengan tidur di siang hari. Sebab, tidur dapat membantu mendukung perkembangan janin dan mencegah terjadinya preeklamsia.

10. Mencukupi Kebutuhan Cairan dalam Tubuh

Tips menjaga kesehatan kandungan yang terakhir adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya dehidrasi, melancarkan aliran darah ke janin, hingga menjaga kinerja sistem pencernaan.

Itulah sebabnya, ibu perlu minum air putih yang cukup setidaknya sebanyak 8-12 gelas per hari. Selain air putih, ibu juga bisa mengonsumsi jus buah maupun air kelapa muda.

Kapan Harus ke Dokter?

Selain menerapkan sejumlah tips di atas, salah satu hal yang tak boleh ibu lupakan adalah berkonsultasi ke dokter secara rutin. Pasalnya, dokter akan membantu memantau perkembangan bayi serta kesehatan bumil. Jika selama pemeriksaan terdapat kondisi yang tidak sesuai, ibu pun bisa mendapatkan penanganan dini, sehingga kesehatan kandungan tetap terjaga.

Bukan hanya itu, di luar jadwal kontrol, ibu juga dapat berkunjung ke dokter apabila menemukan gejala lain. Misalnya adalah terjadinya perdarahan maupun kontraksi sebelum hari perkiraan lahir. Dengan begini, dokter akan membantu ibu untuk melakukan pemeriksaan dan memberikan pengobatan yang tepat.

Baca Juga  8 Daftar Makanan untuk Kesehatan Rahim & Reproduksi Wanita

Penutup

Itulah penjelasan seputar cara menjaga kandungan agar tetap sehat dan kuat yang perlu ibu ketahui. Sebab, kehamilan yang dijaga kesehatannya sejak trimester pertama bisa membantu meningkatkan persalinan normal, hingga menjaga kesehatan bayi. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut seputar tips menjaga kesehatan bumil, yuk kunjungi langsung situs New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?