fbpx

Tips Mengatasi Flek Hitam di Wajah Saat Hamil!

Cara mengatasi flek hitam di wajah saat hamil penting untuk menggunakan pembersih muka dan krim wajah yang tidak menyebabkan iritasi. Sebagaimana diketahui, flek hitam yang sering muncul pada wajah wanita hamil merupakan suatu fenomena yang lazim disebut sebagai “Topeng Kehamilan” atau dalam terminologi medis dikenal sebagai melasma gravidarum atau chloasma.

Gejala ini, yang sering kali muncul dalam bentuk bercak gelap atau hiperpigmentasi, dapat menghiasi area wajah seperti dahi, pipi, dan sekitar daerah mata. Tak heran, fenomena ini menjadi kejadian umum pada ibu hamil, dengan statistik mencatat bahwa sekitar 50% dari mereka mengalami gejala melasma, menandakan prevalensinya yang tidak bisa dianggap remeh.

Mengenal Flek hitam Di Wajah Saat Hamil

cara mengatasi flek hitam di wajah saat hamil

Flek hitam-kecokelatan yang muncul pada wajah selama kehamilan dapat terjadi di berbagai area, termasuk bibir bagian atas, hidung, tulang pipi, dan jidat, terutama pada bagian wajah yang terpapar sinar matahari. “Topeng Kehamilan” ini dipicu oleh perubahan hormonal yang terjadi selama kehamilan, yang meningkatkan produksi melanin tubuh secara sementara. Melanin sendiri adalah substansi alami yang memberikan warna pada rambut, kulit, dan mata.

Berdasarkan American Pregnancy Association, peningkatan hormon selama kehamilan dapat menyebabkan perubahan pigmentasi kulit, termasuk munculnya flek hitam. Flek hitam di wajah yang muncul selama kehamilan umumnya akan menghilang sendiri pasca kelahiran. Namun, pada beberapa kasus, sebagian wanita mungkin mengalami keberlanjutan flek hitam selama berbagai tahun. Meskipun kondisi ini dapat mempengaruhi rasa percaya diri, namun perlu diingat bahwa flek hitam ini umum terjadi pada ibu hamil.

Untuk mencegah dan meminimalisir flek hitam selama kehamilan, disarankan bagi ibu hamil untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih tinggi setiap kali keluar rumah. Penggunaan topi juga dapat membantu melindungi wajah dari paparan sinar matahari, karena sinar UV dapat meningkatkan kemunculan flek hitam.

Baca Juga  Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil, Berbahaya Atau Bermanfaat?

Cara Mengatasi Flek Hitam di Wajah Saat Hamil

Kulit wanita menjadi lebih sensitif selama kehamilan, sehingga penting untuk menggunakan pembersih muka dan krim wajah yang tidak menyebabkan iritasi. Konsultasikan produk kecantikan yang digunakan selama kehamilan dengan dokter ahli, karena beberapa produk mungkin perlu dihindari.

Selain langkah-langkah tersebut, berikut adalah beberapa cara mengatasi flek hitam di wajah saat hamil:

1. Perasan Lemon

Vitamin C dalam lemon dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi bekas luka. Penggunaan lemon baik secara topikal maupun konsumsi dapat memberikan manfaat.

2. Bawang Putih

Meskipun aromanya kuat, bawang putih memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengatasi masalah kulit, seperti noda hitam.

3. Madu Murni

Madu dapat membantu menghilangkan flek hitam dengan cara mengaplikasikannya secara merata ke wajah, membiarkannya mengering, dan kemudian membilasnya dengan air bersih.

4. Madu dan Putih Telur

Campuran madu dan putih telur mengandung protein yang dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit. Penggunaannya secara rutin dapat membantu mengurangi flek hitam. Perawatan ini dapat diaplikasikan secara rutin dan teratur untuk hasil yang maksimal.

5. Memastikan Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan bergizi merupakan faktor penting dalam mengatasi melasma saat hamil, yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Pastikan Mama tetap terhidrasi dengan makanan sehat, buah, dan sayuran segar, sambil memerhatikan kualitas dan durasi tidur setiap malam.

6. Menerapkan rejimen pembersihan yang baik sangat penting

Karena polusi lingkungan dapat berkontribusi pada munculnya melasma. Membersihkan wajah setiap malam sebelum tidur dengan pembersih yang efektif dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat polutan di udara dan mengurangi risiko flek hitam saat hamil.

Baca Juga  Baby Blues Syndrome, Apa yang Perlu Dipahami?

7. Melembapkan kulit secara teratur juga dianjurkan. 

Menggunakan pelembap setelah serum dapat mengembalikan penghalang lipid kulit, yang berperan dalam melindungi kulit wajah dari kerusakan. Pemilihan krim dengan kandungan shea butter, seperti yang disarankan oleh American Academy of Dermatologist (AAD), dapat memberikan kelembapan tanpa menyebabkan iritasi pada kulit. 

Itulah beberapa cara mengatasi flek hitam di wajah saat hamil, semoga membantu kamu mengatasi permasalahan flek hitam di masa kehamilan ya!

Jangan lewatkan kesempatan untuk memperoleh informasi berharga seputar kehamilan! Kunjungi situs New Life untuk memperoleh informasi lainnya.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?