fbpx

Olahraga Malam Apakah Boleh? Ini Jenis yang Aman Dilakukan

Olahraga Malam Apakah Boleh? Ini Jenis yang Aman Dilakukan

Olahraga adalah aktivitas fisik yang bermanfaat bagi tubuh. Namun, olahraga malam apakah boleh dilakukan? Pada dasarnya, kamu bisa melakukan olahraga kapan saja, termasuk di malam hari. Namun, pastikan bahwa kamu memilih jenis yang tepat dan tidak melakukannya secara berlebihan.

Sebab, aktivitas fisik berlebihan di malam hari justru bisa membuat tidur menjadi tidak nyenyak. Nah, jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai olahraga malam apakah boleh, yuk simak dalam bacaan berikut ini!

Olahraga Malam Apakah Boleh?

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, olahraga adalah aktivitas yang bermanfaat untuk tubuh. Sebab, aktivitas ini bisa membantu meningkatkan kebugaran tubuh, menjaga kesehatan, mengecilkan perut, meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi kecemasan, hingga membuat tubuh lebih rileks. Namun, olahraga malam apakah boleh?

Bagi orang-orang yang tidak memiliki waktu cukup untuk berolahraga saat pagi, siang, maupun sore, malam menjadi satu-satunya pilihan untuk melakukan aktivitas tersebut. Pada dasarnya, olahraga malam dengan intensitas dan durasi yang normal tetap diperbolehkan, seperti 90 menit sebelum tidur. Apabila kamu melakukan olahraga malam secara tidak berlebihan maka tubuhmu akan lebih sehat. Bukan hanya itu, latihan fisik di malam hari juga bisa mendukung program diet.

Akan tetapi, bagi penderita insomnia, sebaiknya melakukan olahraga setidaknya 4 jam sebelum tidur dengan intensitas ringan. Hal itu bertujuan untuk mencegah terjadinya kesulitan tidur. Di sisi lain, tidak ada aturan khusus mengenai waktu terbaik untuk berolahraga. Sebab, hal itu bergantung pada preferensi setiap individu dan kondisi kesehatannya.

Jenis Olahraga Malam yang Aman Dilakukan

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, olahraga malam sebaiknya tidak kamu lakukan secara berlebihan dan pastikan memilih jenis latihan fisik dengan intensitas ringan. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis olahraga malam yang aman untuk kamu lakukan.

Baca Juga  Perkembangan Yang Dialami Saat Janin Berusia 3 Bulan

1. Tai Chi

Salah satu jenis olahraga malam yang bisa kamu lakukan adalah tai chi. Olahraga ini merupakan gabungan dari latihan kebugaran dan seni. Tujuannya adalah untuk membantu melatih keseimbangan tubuh serta pikiran. Olahraga ini juga bermanfaat untuk merilekskan tubuh dan melancarkan aliran darah ke otak, sehingga kualitas tidur akan lebih terjaga.

2. Yoga

Jenis latihan fisik di malam hari lainnya adalah yoga. Apabila kamu tidak memiliki waktu di pagi hari, malam bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melakukan yoga.

Olahraga ini bisa membantu melepaskan penat dan merilekskan tubuh usai beraktivitas sepanjang hari. Bukan hanya itu, yoga juga berperan untuk menenangkan pikiranmu, sehingga tidur akan lebih berkualitas. Yoga juga termasuk olahraga yang efektif untuk membantu membakar kalori dan menurunkan berat badan.

3. Pilates

Jenis olahraga malam yang aman untuk kamu lakukan selanjutnya adalah pilates. Latihan fisik ini bisa membantu menurunkan berat badan meskipun kalori yang terbakar tidak sebanyak berlari. Akan tetapi, olahraga ini tergolong aman dan mudah bagi pemula. 

Selain bisa membantu menurunkan berat badan, pilates juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat otot, menjaga keseimbangan, hingga membuatmu lebih bugar. Bahkan, pilates juga bisa membantu mengurangi stres dan melepaskan kecemasan, sehingga tidur akan lebih nyenyak. Nah, agar manfaat tersebut bisa kamu peroleh secara maksimal, sebaiknya lakukan setidaknya 30 menit per harinya dan buat jadwal secara konsisten.

4. Jalan Kaki

Jalan kaki juga termasuk sebagai jenis latihan fisik yang bisa kamu lakukan saat malam hari. Olahraga ini tergolong ringan, sehingga lebih aman bagi para pemula.

Adapun manfaat dari jalan kaki adalah membantu lebih berkeringat, meningkatkan denyut jantung, mengurangi rasa cemas, menurunkan risiko depresi, hingga menjaga berat badan agar ideal. Bahkan, jalan kaki juga berperan dalam meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga  8 Larangan Setelah Melahirkan Normal yang Perlu Ibu Ketahui

5. Peregangan

Jenis latihan fisik yang aman saat malam hari selanjutnya adalah peregangan. Olahraga ini bisa membantu merilekskan tubuh setelah beraktivitas padat sepanjang hari. Kamu bisa melakukan peregangan satu jam sebelum tidur dan mengawalinya dengan teknik pernapasan selama 10 menit. Selanjutnya, lakukan peregangan leher, teknik cat-cow, child’s pose, berbaring T twist, maupun meletakkan kaki di atas dinding. Cara ini akan membantu tidurmu agar lebih berkualitas dan nyenyak.

6. Plank

Plank juga termasuk jenis olahraga malam yang aman untuk kamu lakukan. Olahraga ini bermanfaat untuk menghilangkan lemak tubuh dan memperkuat otot inti perut, lengan, serta kaki. Kami bisa mencobanya selama 30 detik pada awal latihan. Setelahnya, tingkatkan perlahan-lahan, hingga 3-4 menit.

7. Latihan Angkat Beban

Latihan angkat beban atau kekuatan juga tergolong sebagai olahraga yang aman untuk kamu lakukan saat malam. Otot yang kamu latih saat mengangkat beban akan membantu membakar kalori selama tidur. Alhasil, manfaatnya pun akan lebih optimal. 

Di samping itu, tubuh cenderung mempunyai jumlah testosteron serta kapasitas anaerobik yang tinggi saat malam hari. Hal ini akan membuatmu lebih kuat dalam menjalani olahraga. Latihan angkat beban juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otot serta membangun kekuatan. Namun, pastikan kamu tidak melakukannya secara berlebihan untuk menghindari risiko kesulitan tidur.

8. Squat

Jenis latihan fisik yang aman untuk kamu lakukan saat malam terakhir adalah squat. Olahraga ini bermanfaat untuk membantu meningkatkan massa otot dan menurunkan berat badan.

Apabila massa otot meningkat, maka metabolisme tubuh pun juga akan lebih cepat dan mendukung pembakaran kalori. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan squat setidaknya 3 set dengan 15 repetisi per hari.

Baca Juga  8 Makanan Ibu Menyusui agar BAB Bayi Lancar & Cegah Sembelit

Penutup

Demikian beberapa informasi mengenai olahraga malam apakah boleh serta rekomendasi jenis latihan yang aman untuk dilakukan. Pada dasarnya, kamu boleh melakukan latihan fisik di malam hari selama intensitasnya tidak berlebihan.

Selain itu, kamu juga perlu memilih jenis olahraga yang tepat. Dengan begitu, kamu bisa memperoleh manfaatnya secara maksimal. Nah, jika ingin mengetahui informasi lain seputar cara menjaga kesehatan tubuh, kunjungi langsung website New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?