fbpx

Mimisan saat Hamil Trimester 3: Penyebab & Cara Mencegahnya

Mimisan saat Hamil Trimester 3: Penyebab & Cara Mencegahnya

Memasuki usia kehamilan akhir atau menjelang melahirkan, ibu tentu perlu menjaga kesehatan diri. Namun, beberapa masalah terkadang tetap bisa datang meskipun telah berupaya mencegah terjadinya. Misalnya adalah mimisan saat hamil trimester 3.

Mimisan adalah kondisi mengalirnya darah dari salah satu maupun kedua lubang hidung yang umumnya berlangsung paling lama selama 10 menit. Lantas, apa penyebab mimisan saat hamil trimester 3? Untuk mengetahui penjelasan lengkap tentang penyebab dan pencegahannya, simak artikel berikut ini!

Penyebab Mimisan saat Hamil Trimester 3

Mimisan adalah kondisi pendarahan pada hidung yang bisa menyerang siapa saja dan umumnya terjadi secara tiba-tiba. Hal itu juga dapat menyerang ibu hamil yang telah memasuki trimester ketiga.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa penyebab mimisan saat hamil trimester 3:

1. Perubahan Suhu Udara

Salah satu penyebab mimisan saat hamil trimester 3 adalah karena perubahan suhu udara yang ekstrem, seperti dingin atau panas berlebihan. Hal itu bisa membuat selaput hidung menjadi kering, sehingga rentan mengalami iritasi.

Nah, ketika hidung mengalami iritasi, maka rentan terkena gesekan atau benturan yang membuatnya terluka dan mengeluarkan darah. Itulah sebabnya, ibu perlu menjaga suhu udara dalam ruangan.

2. Infeksi Sinus

Penyebab mimisan saat hamil trimester ketiga berikutnya adalah karena infeksi sinus atau sinusitis. Kondisi ini bisa membuat penderitanya mengalami flu atau pilek, sehingga rentan membuatnya membuang ingus dengan keras. Hal itu bisa menyebabkan pembuluh darah di hidung mengalami trauma dan memicu mimisan.

3. Tekanan Darah Tinggi

Penyebab mimisan pada bumil yang memasuki usia kehamilan trimester ketiga lainnya adalah karena tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kondisi ini bisa membuat pembuluh darah di dalam hidung pecah, sehingga mengalami mimisan.

Baca Juga  Obesitas pada Anak: Penyebab dan Cara Mencegah

Biasanya, hal ini terjadi pada kasus tekanan darah tinggi yang berlebihan. Itulah sebabnya, ibu perlu mengontrol tekanan darah dalam tubuh selama masa kehamilan dengan menerapkan gaya hidup sehat.

4. Perubahan Hormon

Penyebab mimisan saat hamil trimester 3 selanjutnya adalah karena perubahan hormon. Kondisi umumnya adalah hal wajar yang dialami oleh ibu hamil. Adapun kadar hormon yang berubah selama masa kehamilan adalah hormon estrogen dan progesteron.

Hormon tersebut umumnya berperan dalam mendukung tumbuh kembang janin dalam kandungan. Namun, di sisi lain, hal tersebut memberikan efek lain bagi tubuh, seperti memicu mimisan atau gusi berdarah.

5. Kekurangan Vitamin C

Penyebab mimisan saat hamil trimester ketiga yang terakhir adalah karena kekurangan vitamin C. Nutrisi tersebut berperan dalam membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah iritasi. Maka dari itu, ibu yang kekurangan vitamin C cenderung rentan mengalami infeksi hidung dan menimbulkan mimisan.

Cara Mencegah Mimisan saat Hamil Trimester 3

Meskipun mimisan pada ibu hamil adalah kondisi yang sering terjadi, ibu perlu melakukan sejumlah pencegahan agar tubuh tetap sehat. Dengan begitu, persalinan pun bisa lebih lancar, terlebih ketika telah memasuki trimester 3.

Adapun beberapa cara mencegah mimisan saat hamil trimester 3 adalah sebagai berikut:

1. Mengonsumsi Vitamin C

Salah satu cara mencegah mimisan saat hamil trimester ketiga adalah mengonsumsi vitamin C yang cukup. Sebab, vitamin C berperan dalam menjaga daya tahan tubuh, memperkuat pembuluh darah kapiler, serta mencegah terjadinya mimisan.

Ibu bisa berkonsultasi kepada dokter mengenai takaran yang tepat untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Adapun beberapa sumber vitamin C yang baik untuk ibu hamil adalah jus jeruk, paprika, kiwi, serta tomat.

2. Mengatasi Hidung Kering

Cara mencegah mimisan saat hamil trimester 3 berikutnya adalah dengan mengatasi kondisi hidung yang kering. Pasalnya, hidung kering bisa membuat ibu mengalami mimisan. Ibu bisa mengatasi masalah tersebut dengan mengoleskan petroleum jelly menggunakan kapas. Di samping itu, ibu juga dapat menggunakan semprotan hidung.

Baca Juga  Ciri-ciri Hamil Bayi Perempuan: Apa yang Perlu Anda Ketahui?

3. Menjaga Kelembapan Udara

Cara mencegah mimisan saat hamil trimester ketiga selanjutnya adalah dengan menjaga kelembapan udara di dalam ruangan. Sebab, udara yang kurang lembap dapat membuat hidung menjadi kering. Nah, untuk menjaga kelembapan udara, ibu bisa menggunakan humidifier atau meletakkan tanaman pembersih udara di dalam rumah. Di samping itu, hindari berada di ruangan yang terlalu panas maupun lingkungan berasap.

4. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin K

Cara mencegah mimisan saat hamil trimester 3 yang terakhir adalah ibu bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin K. Pasalnya, nutrisi tersebut berperan dalam membentuk kolagen dalam tubuh, sehingga membantu menjaga kelembapam di lapisan hidung bumil.

Bukan hanya itu, vitamin K juga membantu menjaga kondisi pembuluh darah agar tidak mudah pecah. Adapun beberapa makanan yang mengandung vitamin K adalah kubis, brokoli, sawi, bayam, hingga kangkung.

Penutup

Itulah beberapa informasi seputar mimisan saat hamil trimester 3, mulai dari penyebab, hingga cara mencegahnya. Kondisi ini mungkin akan membuat ibu merasa takut. Meskipun demikian, ibu tak perlu khawatir berlebihan, karena masalah ini bisa diatasi dengan cara alami.

Namun, jika darah tidak kunjung berhenti, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Apabila ingin memperoleh informasi lain mengenai kehamilan, kunjungi laman New Life sekarang juga!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?