fbpx

Mengatasi Pinggang Pegal Saat Hamil: Tips yang Efektif

Pinggang pegal saat hamil sering terjadi. Meskipun banyak ibu yang mengalami ketika mengandung bayi, sakit pinggang tidak boleh kamu sepelekan. Hal ini karena terdapat sakit pinggang yang merupakan tanda bahaya dari tubuhmu. Sebelum itu, coba kenali beberapa penyebabnya terlebih dahulu yang telah terangkum di bawah ini.

Penyebab Sakit Pinggang

Pinggang pegal tidak datang begitu saja. Ada faktor-faktor yang melatarbelakangi kamu merasakan masalah ini. Berikut beberapa penyebab sakit pinggang saat hamil.

Berat Badan

Berat badan yang bertambah saat mengandung janin menjadi penyebab utama kamu merasakan sakit pinggang saat hamil. Sejak terdapat janin di dalam rahim, berat badan ibu akan terus bertambah secara perlahan sampai bayi lahir. 

Setidaknya, ibu akan mengalami kenaikan berat badan 10 – 15 kg. Hal tersebut membuat tulang belakang akan menanggung berat yang berlebih. Akibatnya, kadang terlalu bagian belakang tubuh kamu akan merasakan nyeri karena lelah menopang kondisi tersebut. Semakin bertambahnya usia kehamilan pun akan menambah tekanan tersendiri pada syaraf punggung dan pinggul. Akibatnya kamu akan mengalami nyeri pinggang atau sakit seperti pegal-pegal.

Hormon Relaxin

Hormon relaxin adalah senyawa dalam tubuh yang bertugas untuk memberi jarak antara otot belakang dan ligamen. Selama mengandung, tubuh ibu hamil akan memproduksi hormon relaksin yang banyak.

Kondisi ini mengakibatkan otot-otot tidak stabil dalam menyangga berat tubuh kamu yang berbeda sejak masa kehamilan. Inilah yang menyebabkan punggung kamu terasa sakit.

Pemisahan Otot

Masa kehamilan membuat banyak bagian tubuh kamu yang menyesuaikan diri dengan keberadaan sosok baru yang kamu kandung. Salah satu yang terdampak adalah otot. 

Ketika rahim yang mengembang seiring usia kehamilan, terdapat sebuah otot yang memisahan diri. Otot tersebut adalah dua otot abdominis rektal atau otot paralel. Saat terjadinya pemisahan otot abdominis rektal, kamu akan merasakan sakit pinggang yang berlangsung terus menerus untuk beberapa saat. 

Baca Juga  7 Cara Mengatasi Sakit Pinggang saat Hamil yang Aman, Catat!

Itulah beberapa faktor penyebab sakit pinggang saat hamil. Sakit pinggang tidak bisa kamu sepelekan begitu saja jika sedang berada dalam masa kehamilan. Ada beberapa gejala sakit pinggang yang merupakan tanda bahaya, apakah keguguran adalah salah satunya? Berikut selengkapnya.

Sakit Pinggang Saat Hamil Tanda Keguguran?

Sakit pinggang sebenarnya adalah keluhan yang sering terjadi pada setiap orang. Entah karena lelah beraktivitas atau karena kondisi tertentu. Namun, jika kamu mengalami pinggang pegal saat hamil, kamu perlu memeriksakan diri. Hal ini untuk melihat keseluruhan yang terjadi pada tubuh kamu.

Salah satu tanda keguguran adalah nyeri pinggang yang hebat. Oleh karena itu, kamu tidak bisa menganggap gejala sakit pinggang sebagai hal yang normal jika sedang hamil. Sakit pinggang yang merupakan tanda keguguran ini sedikit berbeda dari sakit pinggang yang biasanya. 

Pada tanda keguguran, sakit pinggang yang kamu rasakan sangat luar biasa nyeri, dan lebih menyakitkan dari saat menstruasi. Kondisi ini dapat terjadi karena pinggang sedang bersiap untuk membuka jalan agar bayi dapat keluar. Selain itu, sakit pinggang ini juga pertanda rongga pinggang sedang merenggangkan bentuknya.

Itulah pembahasan singkat terkait sakit pinggang yang menjadi pertanda keguguran. Jika terdapat gejala sakit pinggang yang lebih parah dari biasanya, coba segera melakukan check up ke dokter. Selain yang telah disebutkan, terdapat jenis sakit pinggang lainnya yang perlu diwaspadai. Berikut ulasannya.

Jenis Sakit Pinggang yang Patut Diwaspadai

Sakit pinggang menjadi masalah kesehatan yang sering menjangkit sebagian orang. Akibat pola hidup yang tidak sehat, pekerjaan berat, atau kondisi tertentu membuat penyakit ini sering terjadi. 

Namun, pada saat kamu hamil tidak boleh menganggap sakit pinggang adalah hal yang remeh. Hal ini karena terdapat beberapa kondisi sakit pinggang yang harus kamu waspadai. Apa saja? Berikut jenis sakit pinggang yang berbahaya:

  1. Sakit pinggang yang disertai demam, menggigil, sering buang air kecil tapi sakit. Kamu harus waspada dengan kondisi ini karena hal tersebut merupakan pertanda infeksi kantung kemih yang dapat terjadi saat kamu hamil.
  2. Sakit pinggang yang terasa hingga bagian perut atau panggul. Kemudian, kamu juga mengalami mual, muntah, dan terdapat darah yang keluar bersama urin. Jika kamu mengalami kondisi tersebut segeralah memeriksakan diri karena itu semua termasuk tanda adanya batu ginjal di dalam saluran kemih.
  3. Sakit pinggang dengan kontraksi. Jika kamu merasakan kontraksi bersamaan dengan nyeri pinggang ketika hamil, kamu perlu waspada. Kondisi tersebut menjadi tanda akan terjadi kelahiran dini atau bayi lahir prematur bahkan bisa berpotensi keguguran.
Baca Juga  Berikut Cara Tes Kehamilan Dengan Test Pack!

Itulah beberapa sakit pinggang yang tidak bisa kamu abaikan. Apabila terjadi kondisi yang janggal selama fase kehamilan, lakukan pemeriksaan dokter sesegera mungkin. Hal ini bertujuan untuk mendapat detail selengkapnya dari kondisimu dan calon bayi.

Kesimpulan

Pinggang pegal saat hamil sering terjadi. Namun, hal ini tidak boleh kamu abaikan jika terdapat gejala lainnya. Beberapa jenis sakit pinggang bisa menjadi tanda penyakit serius. Selalu lakukan pemeriksaan berkala agar terhindar dari hal tersebut.

Untuk mendapatkan informasi lainnya seputar kehamilan, yuk berkunjung ke New Life.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?