fbpx

Ketahui 8 Buah yang Tidak Boleh di Makan saat Hamil Muda

8 Buah yang Tidak Boleh Dimakan saat Hamil Muda, Yuk Simak!

Saat memasuki trimester pertama kehamilan, penting bagi kamu untuk memilih makanan untuk ibu hamil muda yang tepat. Meskipun buah-buahan umumnya tergolong sebagai sumber gizi yang baik, ada beberapa jenis buah yang tidak boleh dimakan saat hamil muda.

Pasalnya, terdapat dampak khusus dari kandungan nutrisi atau senyawa tertentu dalam buah-buahan tersebut terhadap kesehatan ibu dan perkembangan janin. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut seputar daftar buah yang sebaiknya tidak Bunda konsumsi saat hamil muda, yuk simak artikel berikut!

Buah yang Tidak Boleh Dimakan saat Hamil Muda

Mengonsumsi buah-buahan umumnya adalah hal yang baik, karena mengandung berbagai nutrisi. Akan tetapi, asupan nutrisi yang tidak tepat atau makan berlebihan saat hamil muda, justru berbahaya bagi kandungan.

Nah, berikut adalah daftar buah yang tidak boleh dimakan saat hamil muda, diantaranya:

1. Durian

Salah satu buah yang sebaiknya di hindari saat hamil muda adalah durian. Meskipun terkenal dengan rasa dan aroma yang lezat, durian memiliki kandungan kalori sekaligus indeks glikemik yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh dengan cepat. Hal ini tentu dapat berdampak negatif pada pengaturan gula darah selama kehamilan.

2. Pepaya Muda

Buah yang tidak boleh dimakan saat hamil muda lainnya adalah pepaya muda atau masih mentah. Meskipun pepaya memiliki kandungan nutrisi penting bagi tubuh, buah yang belum matang sepenuhnya sebaiknya Bunda hindari selama hamil muda. Sebab, pepaya muda mengandung zat sejenis lateks dan papain dalam jumlah yang tinggi. Zat-zat tersebut dapat merangsang kontraksi pada ibu hamil. Kontraksi rahim yang tidak terkendali dapat meningkatkan risiko keguguran. 

3. Nanas Muda

Buah yang tidak boleh dimakan saat hamil muda selanjutnya adalah nanas muda. Pasalnya, buah nanas mengandung bromelain, sebuah enzim yang bisa memecahkan protein secara alami. Namun, bromelain juga dapat merangsang kontraksi rahim, terutama pada awal kehamilan, terlebih lagi jika Bunda mengonsumsi nanas muda atau makan berlebihan.

Baca Juga  Korset Perut, Aman atau Bahaya? Simak Penjelasannya

Konsumsi nanas dalam jumlah besar dapat memengaruhi keseimbangan hormon penting selama kehamilan. Oleh karena itu, mungkin inilah alasan mengapa nanas termasuk dalam buah yang sebaiknya Bunda hindari selama kehamilan. Di sisi lain, apabila ingin mengonsumsi nanas, pastikan buah tersebut sudah matang sempurna dan membatasi asupannya.

4. Asam Jawa

Saat hamil, beberapa orang mungkin memiliki keinginan untuk mengonsumsi makanan dengan rasa tajam, seperti asam jawa. Meskipun asam jawa bermanfaat untuk meredakan mual di pagi hari akibat morning sickness, mengonsumsinya secara berlebihan justru dapat berbahaya bagi ibu hamil. Sebab, makanan satu ini memiliki kadar vitamin C atau keasaam yang tinggi.

Jadi, jika Bunda mengonsumsi asam jawa konsumsi secara berlebihan, produksi hormon progesteron dalam tubuh dapat terhambat. Rendahnya kadar progesteron ini berpotensi menimbulkan keguguran maupun merusak sel janin. Itulah sebabnya, asam jawa termasuk dalam kategori buah yang sebaiknya Bunda konsumsi dalam jumlah wajar.

5. Pisang

Buah yang tidak boleh dimakan saat hamil muda berikutnya adalah pisang. Mungkin terdengar mengejutkan bahwa pisang termasuk dalam buah yang sebaiknya Bunda hindari saat trimester awal kehamilan. Pada dasarnya, buah pisang mengandung nutrisi yang baik untuk ibu hamil.

Akan tetapi, pisang mengandung chitinase atau zat mirip lateks yang bersifat sebagai alergen. Maka dari itu, bagi ibu hamil yang memiliki riwayat alergi atau menderita diabetes gestasional, sebaiknya hindari konsumsinya. Di samping itu, zat ini juga dapat meningkatkan suhu tubuh.

6. Kurma

Buah yang sebaiknya moms hindari selama hamil muda berikutnya adalah kurma. Kurma memang kaya akan nutrisi. Namun, sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsinya secara berlebihan, karena buah ini juga bersifat dapat meningkatkan suhu tubuh. Di samping itu, kurma juga dapat merangsang kontraksi rahim apabila Bunda konsumsi secara berlebihan, terlebih saat trimester awal. Tetapi, mengonsumsi satu atau dua buah kurma per hari masih tergolong aman, selama tidak berlebihan.

Baca Juga  Bayi Berenang Apakah Aman? Ini Cara Melatih dan Manfaatnya

7. Semangka

Buah yang tidak boleh Bunda konsumsi saat hamil muda selanjutnya adalah semangka. Buah ini memang sangat baik untuk kesehatan. Pasalnya, semangka kaya akan kadar air yang dapat membantu tubuh untuk membuang racun serta menjaganya agar tetap terhidrasi. Namun, mengonsumsi semangka secara berlebihan juga tidak baik untuk ibu hamil muda. Pasalnya, semangka tinggi akan kandungan gula, sehingga jika Bunda makan dengan berlebihan, dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

8. Anggur

Jenis buah yang sebaiknya ibu hamil muda hindari yang terakhir, yakni anggur, terlebih jenis anggur merah. Pasalnya, buah satu ini memiliki kandungan resveratrol pada kulitnya. Nah, kandungan senyawa tersebut dapat memengaruhi tumbuh kembang embrio serta janin. Jadi, apabila Bunda mengonsumsinya secara berlebihan di awal kehamilan, maka pertumbuhan janin dapat terganggu.

Tips Mengonsumsi Buah yang Aman saat Hamil

Meskipun ada beberapa buah yang tidak boleh dimakan saat hamil muda, bukan berarti Bunda tidak harus sepenuhnya menghindari asupannya. Selama buah-buahan di atas Bunda konsumsi dalam batas wajar, tidak berlebihan, dalam kondisi segar, dan selalu memastikan kebersihannya, maka makan buah tersebut termasuk aman. Namun, jika Bunda masih ragu, sebaiknya konsultasikan pada dokter terlebih dulu. Bunda juga bisa memperoleh informasi lain seputar kehamilan di blog New Life.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?