fbpx

Kenali Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda

Ketika memasuki masa kehamilan, ibu perlu belajar mengenai banyak hal, mulai dari asupan gizi, pola hidup, hingga posisi tidur. Ibu perlu mempelajari ini semua agar janin bertumbuh kembang dengan baik dalam kandungan. Tidak semua hal yang dapat ibu lakukan ketika sebelum hamil, dapat dilakukan ibu setelah hamil. Oleh karena itu, ibu perlu simak informasi mengenai posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda di bawah ini.

Rekomendasi Posisi Tidur Untuk Ibu Hamil Muda

Saat hamil muda, ada beberapa posisi yang disarankan untuk ibu hamil. Posisi ini dapat membantu ibu agar lebih nyaman ketika tidur. Berikut posisi tidur untuk ibu hamil muda.

1. Posisi Miring Kiri

Posisi tidur miring ke kiri merupakan posisi terbaik untuk ibu hamil pada berbagai usia kehamilan. Posisi ini memungkinkan asupan oksigen, nutrisi, dan darah ke janin tetap lancar. Bagi para ibu hamil muda yang memiliki keluhan sesak napas dan juga nyeri punggung, posisi ini sangat disarankan. 

2. Posisi Setengah Duduk

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda selanjutnya adalah posisi tidur setengah duduk. Posisi tidur yang satu ini tergolong aman untuk usia kehamilan trimester pertama sampai dengan trimester ketiga. Caranya adalah dengan ibu menjadikan bantal sebagai ganjalan untuk kepala dan juga punggung.

Ketika hamil, hormone progesterone akan meningkat dan hal ini mempengaruhi otot antara lambung dan kerongkongan menjadi lebih relaks dan melemah. Otot yang melemah menyebabkan asam lambung naik dari lambung ke kerongkongan sehingga tak jarang ibu akan mengalami nyeri ulu hati. Posisi tidur setengah duduk dapat membantu ibu mengurangi rasa nyeri tersebut. 

3. Posisi Terlentang

Posisi ini dapat menjadi salah satu pilihan ibu sebagai posisi tidur yang nyaman. Posisi ini hanya boleh dilakukan pada trimester pertama dan tidak dianjurkan pada trimester kedua dan ketiga.

Baca Juga  7 Rekomendasi Makanan Ibu Hamil agar Bayi Berkulit Putih

Jika dilakukan pada usia kehamilan yang telah memasuki trimester kedua dan ketiga, posisi tidur ini dapat menyebabkan penekanan pada pembuluh darah dan juga juga usus. Penekanan pada usus dapat membuat ibu merasa mual ataupun pusing.

4. Posisi Tidur Yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil Muda

Sebenarnya pada ibu hamil muda, tidak ada posisi tidur yang perlu dihindari. Namun, ketika perut ibu mulai membesar dan memasuki trimester kedua, ibu sudah tidak disarankan untuk tidur terlentang lagi.

Ibu dapat tidur dengan posisi tidur miring ke kiri ataupun posisi tidur setengah duduk. Namun, posisi yang dianjurkan adalah posisi tidur miring kiri, setengah duduk, dan juga terlentang.

Tips Tidur Nyaman Bagi Ibu Hamil Muda

Tidur yang nyenyak dan berkualitas sangatlah penting untuk ibu dan janin. Untuk menjaga kenyamanan selama tidur, berikut beberapa tips yang dapat ibu ikuti:

  • Mengatur suasana kamar tidur
  • Tidak makan saat menjelang jam tidur
  • Memijat kaki secara ringan
  • Memilih posisi tidur yang nyaman dan aman
  • Kurangi minum air pada malah hari

Itu dia beberapa tips dan juga posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda. Jika ibu merasa ragu atau terdapat kesulitan untuk mengikuti anjuran posisi di atas ketika hamil muda, ibu dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan atau bidan yang telah ibu percayai.

Jangan lewatkan kesempatan untuk memperoleh informasi berharga seputar kehamilan lainnya hanya di New Life.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?