fbpx

Ini Dia Perkembangan Janin 7 Bulan Yang Perlu Diketahui!

Perkembangan janin berlangsung dengan sangat pesat, terutama pada trimester ketiga. Pada usia kehamilan 7 bulan, janin sudah semakin besar dan matang. Berikut ini adalah penjelasan mengenai perkembangan janin 7 bulan, mulai dari ukuran, organ tubuh, hingga ciri fisik.

Ukuran Janin pada Usia 7 Bulan

perkembangan janin 7 bulan

Pada usia kehamilan 7 bulan, janin telah mencapai perkembangan yang sangat signifikan. Dengan ukuran sekitar 30-36 cm dan berat sekitar 1-1,8 kg, janin sudah menyerupai ukuran buah semangka. Saat ini, kepala janin mulai membesar dan mencapai proporsi yang lebih seimbang dengan tubuhnya yang berkembang pesat. Proses perkembangan ini merupakan bagian integral dari persiapan janin untuk kehidupan di luar rahim ibu.

Selain itu, pada tahap ini, ada perkembangan mata janin yang menarik. Mata janin sudah terbuka, memungkinkan mereka untuk mulai merespons cahaya yang masuk ke dalam rahim. Kemampuan melihat cahaya ini menandai awal dari proses perkembangan visual yang terus berlanjut sepanjang sisa kehamilan.

Semua perubahan ini memainkan peran penting dalam persiapan janin untuk kehidupan di dunia luar, di mana fungsi-fungsi tubuh yang lebih kompleks akan terus berkembang setelah kelahiran. Seiring berjalannya waktu, proses ini menjadi semakin kompleks dan menegaskan keajaiban dari setiap tahap perkembangan janin dalam kandungan.

Organ Tubuh yang Telah Berkembang

Pada usia kehamilan 7 bulan, organ tubuh janin sudah mulai berkembang dengan sempurna. Berikut ini adalah penjelasan mengenai organ tubuh janin yang telah berkembang pada usia 7 bulan:

1. Otak

Salah satu organ yang mengalami perkembangan pesat adalah otak. Dengan sekitar 100 miliar neuron, otak janin terus berkembang dan akan terus bertambah hingga saat bayi dilahirkan. Di tahap ini, janin juga sudah mulai merasakan berbagai sensasi seperti sentuhan, rasa, dan bau, menandakan responsifitas sistem saraf yang semakin matang.

Baca Juga  Proses Perkembangan Janin 1 sampai 9 Bulan

2. Paru-paru

Selain otak, paru-paru janin juga mengalami perkembangan. Meskipun belum matang sepenuhnya, paru-paru sudah mulai berfungsi. Penting untuk dicatat bahwa jika bayi lahir prematur pada usia kehamilan 7 bulan, mereka mungkin membutuhkan bantuan alat bantu pernapasan karena paru-paru belum sepenuhnya siap untuk berfungsi secara mandiri.

3. Sistem saraf

Sistem saraf janin telah mencapai tingkat perkembangan yang memungkinkannya untuk melakukan gerakan refleks. Gerakan seperti mengisap jempol, menggenggam tangan, dan menendang sudah dapat diamati. Ini menunjukkan bahwa koordinasi antara otak dan sistem saraf perifer janin semakin matang.

4. Sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh janin juga telah mulai berkembang pada usia ini. Produksi sel darah putih sudah dimulai, berperan penting dalam melawan infeksi yang dapat mengancam kesehatan janin.

5. Sistem pencernaan

Sementara itu, sistem pencernaan janin juga menunjukkan perkembangan dengan kemampuannya menelan cairan ketuban. Ini adalah langkah awal dalam persiapan tubuh untuk fungsi pencernaan yang lebih kompleks setelah kelahiran.

6. Sistem kemih

Terakhir, sistem kemih janin juga sudah mengalami perkembangan, yang tercermin dalam kemampuan janin untuk buang air kecil. Ini menandakan bahwa fungsi sistem kemih janin sudah mulai terbentuk dan berjalan dengan baik pada usia kehamilan 7 bulan.

Dengan memahami perubahan organ tubuh selama kehamilan, kamu dapat lebih bijak dalam merawat diri sendiri dan memberikan perhatian khusus pada kebutuhan kesehatanmu dan janin yang tengah berkembang.

Ciri Fisik Janin yang Terlihat Jelas

Hamil selama tujuh bulan adalah momen yang sangat istimewa bagi kamu yang sedang menantikan kehadiran si kecil. Pada masa ini, terjadi banyak perkembangan penting dalam pertumbuhan janinmu yang membuatnya semakin terlihat jelas secara fisik.

Baca Juga  Perkiraan Biaya Program Hamil yang Perlu Disiapkan, Catat!

1. Rambut

Rambut janin mulai tumbuh di area kepala, alis, dan bahkan bulu mata. Pemandangan ini menandakan tahap pertumbuhan yang signifikan, menambahkan sentuhan keanggunan pada perkembangan janin.

2. Kuku

Selain pertumbuhan rambut yang mencolok, kuku janin juga sudah mulai menunjukkan kehadirannya. Kuku yang tumbuh panjang memberikan petunjuk lebih lanjut tentang kesiapan janin untuk menghadapi dunia luar.

3. Kulit

Kulit janin mengalami perkembangan yang mencolok pada usia ini. Kulitnya menjadi lebih tebal dan halus, menunjukkan tanda-tanda persiapan untuk bertahan di luar lingkungan amniotik yang melindungi selama beberapa bulan terakhir.

4. Kelopak mata

Salah satu ciri khas pada usia kehamilan ini adalah pembukaan kelopak mata janin. Kelopak mata yang terbuka memberikan kesempatan bagi ibu untuk mendapatkan sentuhan awal dari ekspresi wajah yang akan dimiliki oleh bayinya nanti.

5. Pendengaran

Kemampuan pendengaran janin juga semakin matang pada usia kehamilan 7 bulan. Janin sudah mampu mendengar suara dari lingkungan sekitarnya, termasuk suara lembut ibu dan ayahnya. Inilah awal dari koneksi emosional yang berkembang antara orangtua dan janin.

6. Pergerakan

Pergerakan janin menjadi semakin kuat dan terasa jelas bagi ibu hamil. Sensasi gerakan janin yang lebih terasa memberikan momen intim antara ibu dan anak yang sedang berkembang. Ibu hamil bisa merasakan sentuhan halus dari calon bayinya, menciptakan ikatan yang kuat di antara keduanya.

tulah beberapa ciri fisik janin yang terlihat jelas pada hamil 7 bulan. Jika kamu memiliki pertanyaan atau kekhawatiran, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Kesimpulan

Pada usia kehamilan 7 bulan, perkembangan janin mencapai titik penting dengan ukuran sekitar 30-36 cm dan berat 1-1,8 kg. Organ tubuhnya, termasuk otak, paru-paru, sistem saraf, sistem kekebalan tubuh, sistem pencernaan, dan sistem kemih, telah berkembang dengan baik.

Baca Juga  Hebatnya Manfaat Jus Tomat Untuk Ibu Hamil!

Janin juga mulai menunjukkan ciri fisik yang jelas, seperti pertumbuhan rambut, kuku, kulit yang lebih tebal, kelopak mata yang terbuka, dan kemampuan pendengaran yang semakin matang. Pergerakan janin menjadi lebih kuat, memberikan pengalaman intim antara ibu dan bayi yang sedang berkembang. Semua perkembangan ini merupakan bagian dari persiapan janin untuk kehidupan di luar rahim ibu, menegaskan keajaiban setiap tahap perkembangan janin.

Untuk memperoleh informasi seputar kehamilan lainnya, yuk kunjungi situs New Life sekarang juga!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?