fbpx

6 Ciri-ciri Awal Kehamilan yang Harus Kamu Ketahui Sejak Dini

Ciri-ciri Awal Kehamilan yang Harus Kamu Ketahui Sejak Dini

Kehamilan adalah saat yang menyenangkan bagi banyak wanita. Namun, seringkali tanda-tanda awal kehamilan tidak terdeteksi dengan jelas dan beberapa ciri-ciri awal kehamilan bisa terlihat seperti gejala umum lainnya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri awal kehamilan agar calon ibu dapat mengambil tindakan yang tepat dan menjaga kesehatan ibu dan bayi dengan lebih baik. 

Berikut ini adalah 6 ciri-ciri awal kehamilan yang harus di ketahui sejak dini, diantaranya:

Telat Haid

Telat haid adalah kondisi di mana siklus menstruasi wanita terlambat datang. Siklus menstruasi normal biasanya berkisar antara 21-35 hari, dan jika menstruasi tidak datang selama lebih dari 35 hari, maka dapat dikatakan bahwa seseorang mengalami telat haid. Telat haid menjadi tanda yang paling jelas untuk mengindikasikan kehamilan pada wanita. Jika kamu memiliki siklus menstruasi yang teratur dan terjadi keterlambatan selama seminggu atau lebih, maka kamu harus melakukan tes kehamilan.

Mual dan Muntah

Mual dan muntah adalah tanda kehamilan yang umum terjadi pada trimester pertama kehamilan. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh wanita hamil, terutama hormon hCG (human chorionic gonadotropin) yang diproduksi oleh plasenta. Hormon ini berfungsi untuk mempertahankan kehamilan dan meningkatkan produksi hormon progesteron, yang dapat menyebabkan kontraksi otot usus dan lambung melambat. Hal ini mengakibatkan makanan dan cairan berada lebih lama dalam sistem pencernaan dan dapat menyebabkan mual dan muntah. 

Meskipun mual dan muntah umum terjadi pada awal kehamilan, pada beberapa wanita, gejala ini dapat berlangsung lebih lama atau lebih parah, yang disebut dengan mual dan muntah hebat (hyperemesis gravidarum). Jika kamu mengalami gejala ini, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan mencegah dehidrasi dan komplikasi lainnya yang berpotensi terjadi.

Baca Juga  5 Penyebab Sakit Pinggang saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Payudara terasa sakit dan bengkak

Payudara bengkak dan sakit adalah gejala umum yang dialami oleh sebagian besar wanita selama kehamilan. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh, terutama peningkatan hormon estrogen dan progesteron. Hormon-hormon ini mempersiapkan payudara untuk menyusui bayi setelah lahir, sehingga menyebabkan kelenjar susu membesar dan saluran susu mengalami perubahan. Kondisi ini dapat menyebabkan payudara terasa bengkak, sakit, dan kencang.

Perubahan Suasana Hati

Ciri selanjutnya perubahan suasana hati atau mood swing juga menjadi pertanda bagi wanita yang sedang hamil. Selama kehamilan, tubuh akan mengalami banyak perubahan hormonal dan seringkali membuat perubahan suasana hati. Wanita hamil seringkali merasa sangat sensitif dan mudah terganggu. Selain itu selain itu, perubahan fisik dan emosional yang dialami selama kehamilan juga dapat mempengaruhi mood swing, seperti rasa takut akan persalinan atau kekhawatiran tentang perubahan hidup yang akan datang.

Mengalami Nyeri Punggung

Nyeri punggung bawah adalah gejala yang sering dialami oleh wanita selama kehamilan. Hal ini disebabkan oleh bertambahnya berat badan bayi yang sedang dikandung, sehingga memberi tekanan pada tulang belakang dan otot-otot di sekitarnya. Selain itu, perubahan hormonal selama kehamilan juga dapat mempengaruhi kekuatan otot panggul dan punggung, sehingga meningkatkan risiko terjadinya nyeri punggung bawah.

Sering buang air kecil

Keinginan sering buang air kecil juga menjadi pertanda kehamilan. Hal ini terjadi karena adanya tekanan pada kandung kemih oleh rahim yang semakin membesar seiring dengan perkembangan janin. Selain itu, produksi hormon progesteron yang lebih tinggi selama kehamilan juga dapat mempengaruhi fungsi kandung kemih, sehingga menyebabkan wanita hamil sering merasakan keinginan untuk buang air kecil.

Baca Juga  Bolehkah Ibu Hamil Minum Jus Sirsak?

Penutup

Itulah 6 ciri-ciri awal kehamilan yang harus kamu ketahui sejak dini. Mengenali ciri-ciri awal kehamilan sangat penting untuk membantu ibu hamil mempersiapkan diri secara fisik dan emosional. Dengan mengetahui gejala-gejala tersebut, ibu hamil dapat memperhatikan kesehatannya dan mengambil tindakan yang tepat, seperti menjaga pola makan yang sehat, beristirahat dengan cukup, dan berkonsultasi dengan dokter jika diperlukan. Namun, perlu diingat bahwa setiap kehamilan memiliki pengalaman yang unik, dan gejala awal kehamilan dapat berbeda-beda pada setiap wanita.

***

Korset New Life Telah Berdiri sejak 1990 dan Telah Membantu Ratusan Ribu Wanita Mendapatkan Kembali Kepercayaan Dirinya. Cari tahu lebih Lanjut Mengenai Korset New Life DISINI!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?