fbpx

Cara Praktis Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Mengecilkan perut setelah melahirkan sering dicari para ibu untuk mengembalikan bentuk tubuhnya ke semula. Banyak cara praktis yang bisa kamu coba. Bahkan, kamu bisa melakukannya sambil memberi asupan nutrisi pada bayi. Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba.

Kegiatan Setelah Melahirkan yang Bisa Mengecilkan Perut

Banyak cara untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Beberapa kegiatan sehari-hari pun bisa membantu kamu dalam proses tersebut. Berikut kegiatan-kegiatan yang bisa kamu coba untuk mengecilkan perut.

1. Menyusui

Kegiatan pertama yang ternyata bisa bermanfaat untuk mengecilkan perut adalah menyusui. Ibu yang baru melahirkan sebaiknya menyusui anaknya secara langsung karena hal ini juga dapat membantu kamu memangkas kalori dalam tubuh. 

Dalam sehari menyusui, kamu bisa membakar kalori sebanyak 300-500. Tentunya kamu akan lebih cepat dalam mengembalikan bentuk tubuh sesuai impianmu. Menyusui bayi setelah melahirkan juga memiliki manfaat untuk mengecilkan rahim, hal ini akan membuat perut kamu mengecil pula.

2. Berolahraga

Kegiatan kedua yang bisa kamu coba adalah berolahraga. Tentunya kamu sudah paham sendiri bahwa olahraga menjadi hal wajib untuk menurunkan berat badan atau mengecilkan perut. Olahraga adalah kegiatan yang memerlukan cadangan makanan dalam tubuh sebagai bahan energi bergerak. Semakin banyak pergerakan yang kamu lakukan ketika berolahraga, semakin banyak juga kalori yang terbakar.

Untuk kamu yang ingin fokus mengecilkan perut, pilihlah olahraga yang memang kena di otot perut kamu. Kamu bisa mencoba latihan seperti sit up dan plank. Selain itu, malakukan yoga juga bisa memangkas lemak di perut sekaligus merelaksasi pikiran kamu.

3. Menjaga Asupan Kalori

Cara praktis mengecilkan perut setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan menjaga asupan kalori. Salah satu yang membuat perut kamu membuncit adalah lemak berlebih yang memenuhi bagian tubuhmu. Lemak berlebih ini bisa berasal dari kalori yang tidak terpakai. Kamu bisa menguranginya dengan olahraga. Namun, jika kamu sedang tidak memungkinkan bisa dengan menjaga asupan yang masuk.

Baca Juga  Sayuran untuk MPASI yang Kaya Nutrisi

Cobalah untuk mulai mengonsumsi makanan sehat yang tinggi vitamin, protein, dan serat. Zat-zat tersebut dapat memperbaiki proses metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan organ pencernaan.

4. Minum Air Putih yang Cukup

Selama menyusui, kamu akan membutuhkan energi dan cairan yang banyak. Minum air putih yang cukup menjadi anjuran yang perlu kamu terapkan. Minum air putih dapat menekan munculnya lapar palsu. Hal ini juga mampu menjadi antioksidan yang membuang racun dalam tubuh.

Memenuhi cairan dalam tubuh akan membuat metabolisme tubuh kamu lebih lancar karena orang yang sedang dehidrasi akan terhambat proses metabolismenya. Tubuh yang tercukupi cairan akan merasa tidak perlu menahan untuk menggunakan kalori yang ada sehingga proses pembakaran dapat terus  terjadi.

5. Minum Probiotik

Penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat mengurangi lemak perut sebanyak 3-4%. Probiotik merupakan minuman yang berisi bakteri baik. Bakteri baik ini akan membantu proses penguraian makanan di dalam usus. Cara ini dapat mengurangi lemak yang tidak kunjung menghilang dari badanmu. Usahakan tetap mengimbangi dengan asupan nutrisi yang cukup dan olahraga agar hasilnya lebih maksimal.

Itulah beberapa cara untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Kamu bisa menerapkannya sesuai yang dapat kamu lakukan.Selain itu, beberapa orang juga menerapkan diet agar badannya lebih cepat menyusut setelah melahirkan. Namun, bolehkah diet saat sedang menyusui? Berikut penjelasannya.

Bolehkah Diet Selama Menyusui?

Setelah mengandung dan melahirkan, tugas ibu masih belum selesai. Ibu perlu menyusui anaknya setidaknya pada 6 bulan pertama atau fase ASI eksklusif. Pada tahap menyusui ini, kamu akan berbagi nutrisi dengan bayi lewat ASI. Oleh karena itu, tubuh kamu akan meminta asupan lebih.

Pada sebagian besar orang, mereka menginginkan tubuhnya dapat kembali langsing seperti sebelum punya anak. Beberapa rela melakukan diet yang membatasi makanannya. Sebenarnya tidak masalah untuk melakukan diet selama menyusui. Namun, sebaiknya kamu memerhatikan jenis dietnya. Hindari melakukan diet yang ketat hingga mengurangi nutrisi yang seharusnya ditingkatkan. 

Baca Juga  Posisi yang Baik Saat Kontraksi Berlangsung

Usahakan tetap memenuhi kebutuhan zat-zat tubuh seperti protein, karbohidrat dan vitamin. Jika ingin lebih aman, mungkin kamu bisa menunda terlebih dahulu keinginan untuk diet. Cobalah untuk lebih sabar dengan tujuan memberikan ASI yang sedang menjadi kebutuhan anak kamu. 

Melakukan diet yang terlalu ketat dapat mengakibatan ASI tidak lancar. Tentunya hal ini dapat mengganggu tumbuh kembang si bayi. Merelakan sejenak bentuk badan yang berubah bisa jadi adalah bentuk kasih sayangmu untuk si bayi. Oleh karena itu, kamu diharapkan lebih bijak dalam hal ini.

Itulah penjelasan singkat terkait diet selama menyusui. Memilih menahan untuk tidak diet dapat menjadi hal yang lebih tepat demi kebaikan bayi kamu.

Penutup

Mengecilkan perut setelah melahirkan menjadi hal yang sering dicari para ibu. Keinginan untuk mengembalikan bentuk tubuh terkadang sampai membuat lupa bahwa fase menyusui membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak. Lakukan diet dengan bijak agar kamu dapat tetap memasok zat gizi yang menjadi kebutuhan bayi kamu.

Untuk menemukan informasi lainnya seputar kesehatan, yuk berkunjung ke New Life.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?