fbpx

Cara Mendapatkan Anak Kembar & Faktor yang Mempengaruhinya

Cara Mendapatkan Anak Kembar dan Faktor yang Memengaruhinya

Pada dasarnya, belum ada cara mendapatkan anak kembar yang pasti. Meski begitu, ada beberapa alternatif yang bisa membantu Bunda untuk meningkatkan peluang hamil bayi kembar. Salah satunya adalah melakukan program kehamilan bayi tabung.

Cara tersebut dilakukan dengan menggabungkan sel telur serta sperma pada ruang laboratorium untuk kemudian dipindahkan ke rahim wanita. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar cara mendapatkan bayi kembar, yuk simak artikel berikut ini!

Cara Mendapatkan Anak Kembar

Pada dasarnya, kehamilan kembar bisa terjadi ketika terdapat dua sel telur berbeda mengalami pembuahan oleh dua sperma atau satu sel telur yang mengalami pembuahan oleh satu sel sperma yang membelah diri. Di sisi lain, kehamilan kembar sendiri dapat terjadi dengan jenis kelamin sama maupun berbeda. Dalam kebanyakan kasus, kehamilan kembar non identik atau berbeda jenis kelamin cenderung lebih sering terjadi.

Nah, jika Bunda ingin hamil bayi kembar, terdapat beberapa alternatif cara yang dapat Bunda lakukan. Adapun beberapa cara mendapatkan anak kembar adalah sebagai berikut.

1. Program Inseminasi Buatan

Salah satu cara mendapatkan bayi kembar adalah melalui program inseminasi buatan. Cara ini akan dokter lakukan dengan menyuntikkan sperma ke rahim. Apabila ingin meningkatkan efektivitas program ini, dokter juga akan menyarankan Bunda untuk mengonsumsi obat penyubur kandungan.

2. Program Bayi Tabung

Cara mendapatkan anak kembar berikutnya adalah dengan melakukan program bayi tabung. Langkah ini dapat Bunda lakukan melalui penanganan medis, yaitu menggabungkan sel telur serta sperma di ruang laboratorium untuk menjadi embrio. Nah, embrio yang telah terbentuk akan melalui tahap pemindahan ke rahim Bunda agar tumbuh menjadi janin. Pada dasarnya, peluang hamil anak kembar melalui program bayi tabung ini cenderung tinggi. Pasalnya, cara ini memungkinkan untuk memasukkan embrio ke rahim lebih dari satu.

Baca Juga  9 Makanan Penambah Berat Badan Janin & Tips Kehamilan Sehat

3. Konsumsi Obat Penyubur

Cara mendapatkan anak kembar yang terakhir adalah dengan mengonsumsi obat penyubur. Bunda bisa berkunjung ke dokter untuk berkonsultasi seputar rencana kehamilan kembar. Nah, dokter dapat memberikan resep obat penyubur untuk membantu meningkatkan peluang Bunda mengeluarkan sel telur lebih dari satu pada waktu bersamaan. Pada umumnya, cara ini membantu meningkatkan peluang kehamilan kembar non identik.

Faktor yang Memengaruhi Program Bayi Kembar

Seperti penjelasan sebelumnya, tidak ada 100% cara yang bisa menjamin jika Bunda akan hamil kembar. Meski begitu, terdapat beberapa faktor yang memengaruhi program kehamilan kembar. Adapun beberapa faktor yang memengaruhi program kehamilan anak kembar adalah sebagai berikut.

1. Faktor Genetik

Salah satu faktor yang memengaruhi program kehamilan bayi kembar adalah faktor genetik atau keturunan. Pada dasarnya, apabila dalam keluarga Bunda maupun pasangan memiliki riwayat kelahiran anak kembar, maka peluang kehamilan kembar pun turut meningkat. Misalnya, ketika orang tua Bunda maupun pasangan pernah melahirkan bayi kembar atau Bunda sendiri tergolong anak kembar, maka peluangnya pun juga semakin meningkat.

2. Faktor Usia

Selain faktor genetik, usia Bunda juga dapat memengaruhi program kehamilan bayi kembar. Pada dasarnya, wanita yang memiliki usia melebihi 35 tahun cenderung mempunyai kadar FSH atau Hormon Perangsang Folikel lebih tinggi. Situasi ini meningkatkan peluang Bunda untuk menghasilkan lebih dari satu sel telur per siklus menstruasi. Dengan begini, kemungkinan kehamilan bayi kembar pun turut meningkat.

3. Pernah Memiliki Anak Kembar

Faktor yang memengaruhi program kehamilan anak kembar lainnya adalah Bunda pernah melahirkan anak kembar sebelumnya. Hal ini dapat meningkatkan peluang hamil kembar kembali pada kehamilan berikutnya. Bahkan, kemungkinan peluangnya mencapai 2 kali lebih besar.

Baca Juga  8 Makanan Ibu Menyusui agar BAB Bayi Lancar & Cegah Sembelit

4. Bentuk Tubuh

Faktor yang memengaruhi kehamilan bayi kembar selanjutnya adalah bentuk tubuh Bunda. Biasanya, seorang wanita yang mempunyai bentuk tubuh yang relatif besar dan lebih tinggi cenderung berpeluang mengalami kehamilan kembar lebih tinggi daripada wanita dengan tubuh kecil serta pendek. Meskipun demikian, fakta ini masih belum dapat dibuktikan kebenarannya.

5. Angka Kehamilan

Faktor yang memengaruhi kehamilan bayi kembar yang terakhir adalah angka kehamilan. Pada Bunda yang pernah melahirkan cukup banyak anak, maka peluang kehamilan kembar juga turut meningkat. Umumnya, semakin banyak anak yang pernah Bunda lahirkan, peluangnya juga akan semakin besar. Meski begitu, untuk memastikan hal ini, sebaiknya Bunda berkonsultasi pada dokter terlebih dulu.

Penutup

Demikian beberapa informasi penting seputar cara mendapatkan anak kembar yang bisa Bunda lakukan serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Nah, apabila Bunda berencana menerapkan beberapa tips di atas, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu untuk memastikan keamanannya. Pada umumnya, dokter akan membantu memeriksa kondisi kesehatan Bunda dan mengecek beberapa peluang terkait kehamilan kembar.

Selain itu, pertimbangkan pula beberapa risiko hamil kembar sebelum memutuskan untuk menerapkan metode tersebut. Nah, untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar program kehamilan, baca selengkapnya di situs New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?