fbpx

Cara Memilih Botol Susu Bayi Terbaik:Tips dan Rekomendasi

Botol susu bayi terbaik bisa kamu temukan dengan beberapa kriteria. Saat ini pun sudah terdapat banyak pilihan jenis dengan kualitas masing-masing. Namun, agar tidak salah dalam menentukan, kamu perlu tahu cara memilih botol terbaik berikut ini.

Cara Memilih Botol Susu Bayi Terbaik

Untuk kamu yang sedang mencari botol susu bayi terbaik, ada beberapa kriteria yang harus kamu soroti. Pilihlah botol yang akan kamu beli dengan cara-cara berikut ini.

1. BPA Free

botol susu bayi terbaik

BPA atau bhispenol-A adalah bahan penyusun plastik yang biasa dipakai untuk membuat kotak makan atau mainan. Bahan ini termasuk ke dalam zat kimia berbahaya jika terkena air panas karena dapat luruh ke dalam cairan. Botol susu yang mengandung BPA berpotensi melarutkan zat kimia ke dalam susu yang panas. Jika kondisi ini terjadi maka akan tertelan masuk ke dalam tubuh bayi.

Oleh karena itu, pilihlah botol susu bayi yang BPA free atau tidak terbuat dari bahan plastik. Alternatifnya kamu bisa membeli botol susu bayi yang terbuat dari bahan kaca. Harganya mungkin sedikit lebih mahal dari yang berbahan plastik, tapi keamanannya lebih terjamin.

2. Terdapat Kode 2, 4, atau 5

Kode 2 merujuk pada bahan high-density polyethylene (HDPE), kode 4 merujuk pada bahan low-density polyethylene (LDPE), sedangkan 5 adalah kode untuk bahan polypropylene (PP). Ketiganya adalah penanda untuk barang berbahan plastik yang aman untuk digunakan.

Jika kamu terpaksa harus membeli botol susu bayi berbahan plastik, setidaknya pastikan terdapat salah satu dari tiga kode tersebut di dalamnya. Hal itu untuk memastikan bahwa benda tersebut aman untuk kamu gunakan sebagai wadah susu bayi.

3. Berbentuk Orthodontic

Orthodontic adalah bentuk yang sengaja didesain untuk menyesuaikan bentuk gusi dan langit-langit mulut. Menggunakan dot yang berbentuk orthodontic dapat mencegah maloklusi atau kondisi bentuk rahang dan gigi yang tidak normal. 

Baca Juga  9 Manfaat Berenang untuk Ibu Hamil & Cara Aman Melakukannya

Selain itu, bentuk orthodontic ini juga bermanfaat melatih pernapasan normal pada sang bayi karena tidak memaksanya harus bernapas melalui mulut (sebab pernapasan yang baik  melalui hidung). 

4. Anti Kolik

Botol susu bayi anti kolik adalah perlengkapan minum yang memiliki fitur untuk mencegah angin masuk. Fitur ini dapat bermanfaat untuk mencegah bayi menelan gas atau udara ketika menyusu. 

Bayi yang terlalu banyak menelan gas akan membuatnya kembung dan sakit perut. Dengan memilih botol susu yang anti kolik, maka kamu bisa menurunkan risiko kembung.

5. Desain yang Mirip Payudara

Memilih botol susu bayi dengan desain yang mirip payudara bertujuan agar sang anak merasa terbiasa untuk tidak menyusu secara langsung. Walau sebenarnya tidak ada perangkat menyusui yang benar-benar menyerupai payudara, tapi kamu bisa mengakalinya dengan memilih jenis yang memiliki desain tidak memanjang.

Pilihlah botol susu bayi dengan bentuk sedikit melebar, kemudian cari yang memilik dot sedikit mengerucut. Desain ini akan membuat bayi merasa seperti menyusu langsung pada ibunya.

6. Nyaman Digenggam

Kenyamanan dalam penggunaan tentu menjadi kriteria penting dalam memilih botol bayi yang baik. Kamu bisa mencari botol susu yang sekiranya nyaman digenggam, lembut untuk kulit, dan tidak licin. 

Apabila bayi sudah bisa menggerak-gerakkan tangannya, bisa juga memilih botol bayi yang memiliki telinga di kiri dan kanannya. Ini untuk memudahkan bayi dalam memegang botol minumnya.

Hal ini biasa berlaku pada bayi yang sudah sedikit bertumbuh. Mereka akan menyukai botol dengan bentuk memanjang karena pas di tangan. Namun bila bayimu masih harus dibantu ketika minum susu dari botol, hal ini bisa kamu abaikan.

7. Sesuai Budget

Baca Juga  Cara Memakai Korset Pasca Melahirkan yang Benar untuk Hasil Terbaik

Alasan terakhir dalam memilih botol bayi terbaik adalah sesuai budget atau anggaran belanja. Saat ini pilihan wadah untuk menyusui bayi sudah sangat marak di pasaran. Harganya pun bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu. Kamu bisa menyesuaikan budget yang ada. 

Itulah beberapa cara memilih botol susu bayi terbaik yang bisa kamu gunakan. Berniat langsung mencari botol bayi terbaik? Berikut beberapa rekomendasinya.

Rekomendasi Botol Susu Bayi Terbaik

Berikut beberapa rekomendasi botol susu bayi terbaik berdasarkan kriteria sebelumnya. 

  1. Dr.Brown’s PP Option Wide Neck Bottle 5oz150m
  2. Huki PP Bottle Orthodontic Nipple
  3. MAM Anti Colic Bottle 260ml Pink
  4. MAM Anti Colic Bottle 260ml Pink
  5. Mama’s Choice Anti Colic Baby Bottle
  6. Philips Avent Natural Bottle
  7. MOMI HOMI S05
  8. Comotomo Green
  9. TommeeTippee Botol PP Close to Nature Clear
  10. Mutter Silicone Baby Bottle

Demikian beberapa daftar referensi botol sebagai alat menyusui bayi dari New Life. Kamu bisa mendapatkannya di toko perlengkapan bayi atau lewat marketplace favoritmu.

Penutup

Memilih perlengkapan bayi terbaik adalah bentuk kasih sayang kepada sang buah hati. Kamu pasti ingin memenuhi keperluan si bayi agar ia tetap sehat dan nyaman ketika menerima nutrisi. Dengan beberapa cara tadi, tentukan pilihan terbaikmu atau bisa dengan membeli beberapa rekomendasi yang sudah kamu ketahui.

Kunjungi artikel New Life lainnya untuk mendapatkan berbagai informasi seputar Bayi.

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?