fbpx

Bolehkah Ibu Hamil Makan Udang? Ini Penjelasannya!

Bolehkah Ibu Hamil Makan Udang? Ini Penjelasannya!

Ada anggapan bahwa udang termasuk makanan yang dilarang untuk ibu hamil, karena dapat memberikan dampak negatif pada perkembangan janin. Hal ini menyebabkan beberapa ibu hamil ragu untuk memakannya, meskipun mereka menginginkannya. Sebenarnya, bolehkah ibu hamil makan udang?

Pada dasarnya, tidak ada makanan yang benar-benar menjadi pantangan ibu hamil selama dapat mengonsumsinya dengan bijak. Di sisi lain, konsumsi makanan berlebihan, termasuk udang justru membuat tubuh kelebihan nutrisi yang berdampak negatif bagi kesehatan. Nah, untuk mengetahui fakta mengenai bolehkah ibu hamil makan udang, baca artikel berikut ini!

Bolehkah Ibu Hamil Makan Udang?

Bolehkah ibu hamil makan udang? Pada dasarnya, ibu hamil tak perlu ragu saat ingin mengonsumsi udang. Faktanya, udang dapat di konsumsi selama kehamilan tanpa membahayakan kesehatan diri sendiri dan janin dalam kandungannya. Sebenarnya, udang dapat menjadi salah satu opsi makanan bergizi untuk ibu hamil, terutama selama trimester kedua kehamilan karena kandungan proteinnya yang tinggi.

Mirip dengan ikan, udang juga mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan otak serta mata janin, mencegah risiko bayi lahir dengan berat badan rendah, serta mengurangi risiko kelahiran prematur.

Di samping itu, udang juga kaya akan berbagai nutrisi lain seperti zat besi, magnesium, vitamin B2, vitamin D, dan kalsium yang penting untuk ibu hamil dan perkembangan janin. Daripada makanan laut lainnya, kadar merkuri dalam udang relatif lebih rendah, sehingga aman untuk Bunda konsumsi. Tak hanya itu, udang juga tidak memiliki bau amis yang kuat, sehingga cocok untuk ibu hamil yang mungkin sensitif terhadap bau makanan laut.

Porsi Aman Ibu Hamil Mengonsumsi Udang

Namun, meskipun aman, ibu hamil tetap perlu mengonsumsi udang secara tidak berlebihan. Sebaiknya, konsumsi udang sekitar 200-300 gram per minggu. Selain itu, sebelum mengonsumsi udang, pastikan untuk memilih udang yang segar dan bersih. Hindari membeli udang yang sudah berubah warna menjadi oranye tua atau kehitaman, berlendir, atau memiliki aroma yang tidak sedap.

Baca Juga  10 Daftar Makanan Ibu Menyusui agar Bayi Lancar BAB, Simak!

Di samping itu, sebelum mengolah udang, penting untuk mencuci tangan dengan baik. Cuci pula udang sampai bersih dengan air mengalir dan buang bagian kepala, cangkang, ekor, kaki, dan saluran usus di sepanjang punggung udang. Pastikan Bunda mengolah udang hingga matang sempurna.

Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dan peralatan masak dengan baik sebelum mengolah udang untuk menghindari risiko terkontaminasi bakteri. Meskipun mengonsumsi udang dapat memberikan manfaat selama kehamilan, tetap penting untuk menjaga pola makan seimbang dan mencukupi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan.

Sebagai catatan, kehamilan juga dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh, sehingga bisa menyebabkan reaksi alergi terhadap sesuatu yang sebelumnya aman saat mengonsumsinya, atau memperparah gejala alergi yang sudah ada. Oleh karena itu, jika kamu memiliki riwayat alergi terhadap udang atau makanan lain, sebaiknya hati-hati saat mengonsumsinya.

Manfaat Udang untuk Ibu Hamil

Setelah mengetahui tips mengonsumsi udang selama hamil, Moms juga perlu mengetahui sederet manfaatnya. Adapun beberapa manfaat udang untuk ibu hamil adalah sebagai berikut:

1. Menunjang Perkembangan Otak Janin

Salah satu manfaat udang untuk ibu hamil adalah membantu menunjang perkembangan otak janin. Pasalnya, makanan laut ini memiliki kandungan kolin, DHA, serta EPA yang berperan dalam mengoptimalkan pembentukan otak sekaligus meningkatkan daya ingat si kecil. Di sisi lain, udang juga kaya akan kandungan asam lemak omega-3 serta omega-6 yang penting bagi perting untuk pertumbuhan sel otak si kecil.

2. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Manfaat udang untuk ibu hamil lainnya adalah membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Sebab, makanan ini memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh Bunda dan janin. Di samping itu, kandungan antioksidan dalam udang juga baik untuk mengatasi radikal bebas penyebab penyakit.

Baca Juga  5 Ciri-Ciri Ambeien pada Ibu Hamil dan Cara Menyembuhkannya

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat udang untuk ibu hamil lainnya adalah membantu menjaga kesehatan jantung. Sebab, kolin yang terdapat dalam udang memiliki kemampuan untuk merawat jantung. Dengan begini, jantung Bunda maupun janin akan lebih sehat.

4. Menjaga Berat Badan agar Ideal

Manfaat udang untuk bumil berikutnya, yaitu membantu menjaga berat badan agar tetap ideal. Pasalnya, makanan laut ini rendah akan kalori, sehingga baik untuk kesehatan Bunda dan mencegah peningkatan lemak berlebih pada tubuh. Itulah mengapa, udang juga bisa menjadi menu diet sehat untuk Bunda.

5. Sumber Zat Besi

Udang juga kaya akan kandungan zat besi yang baik selama masa kehamilan, terlebih untuk pertumbuhan janin dalam kandungan. Dengan kandungan tersebut, Bunda bisa menghindari risiko kelahiran prematur maupun keguguran. Di samping itu, zat besi juga berperan dalam mengontrol kadar darah dalam tubuh dan membangun otot janin.

Penutup

Jadi bolehkah ibu hamil makan udang? Jika Bunda masih merasa ragu atau memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang keamanan mengonsumsi udang selama kehamilan, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran yang tepat sesuai kondisi kesehatan Bunda ya! Untuk mengetahui informasi lain tentang tips kehamilan, Bunda juga dapat berkunjung ke web New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?