fbpx

Bolehkah Ibu Hamil 8 Bulan Naik Pesawat? Ini Cara Agar Aman

Bolehkah Ibu Hamil 8 Bulan Naik Pesawat? Ini Cara agar Aman

Ibu hamil yang usia kandungannya sudah mencapai 8 bulan umumnya cukup rentan dalam menjalani berbagai aktivitas. Lantas, bolehkah ibu hamil 8 bulan naik pesawat? Sebab, bepergian jauh ketika usia kehamilan hampir mencapai masa akhir cenderung berbahaya.

Selain itu, perut yang sudah besar juga sering kali membuat ibu hamil merasa tidak nyaman untuk bepergian. Nah, untuk mengetahui jawaban mengenai bolehkah ibu hamil 8 bulan naik pesawat, simak penjelasan berikut ini!

Bolehkah Ibu Hamil 8 Bulan Naik Pesawat

Pada dasarnya, ibu hamil yang usia kandungannya sudah tidak muda lagi memiliki batasan mobilitas, termasuk untuk bepergian jauh. Lantas, bolehkah ibu hamil 8 bulan naik pesawat? Apabila mengikuti aturan maskapai penerbangan, mayoritas tetap memperbolehkan ibu hamil 32 minggu atau 8 bulan untuk naik pesawat.

Akan tetapi, karena usia kehamilannya sudah memasuki trimester terakhir, ibu hamil membutuhkan perizinan dari dokter dan melampirkan surat keterangan medis.

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kondisi ibu hamil benar-benar sehat saat melakukan penerbangan. Di sisi lain, apabila bumil mempunyai riwayat komplikasi, maka dokter tidak akan memberikan izin untuk melakukan penerbangan. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan risiko yang mungkin saja terjadi.

Selain itu, ketika memutuskan untuk membolehkan ibu hamil 8 bulan naik pesawat, maka risiko perdarahan atau antepartum harus menjadi pertimbangan. Di samping itu, bayi juga tidak boleh lahir di pesawat karena kurangnya tenaga medis. Maka dari itu, bumil yang berpotensi melahirkan prematur atau komplikasi lainnya juga tidak boleh naik pesawat saat usia kehamilan memasuki 8 bulan.

Cara Aman Naik Pesawat untuk Ibu Hamil 8 Bulan

Seperti penjelasan sebelumnya, dalam sejumlah kondisi, ibu hamil 32 minggu memang boleh naik pesawat selama tidak memiliki riwayat komplikasi dan mendapat izin dokter.

Baca Juga  Apakah Tidur Siang Bikin Gemuk? Ini Fakta dan Manfaatnya

Nah, untuk meningkatkan keamanannya, berikut ini adalah cara aman naik pesawat untuk ibu hamil 8 bulan.

1. Memperhatikan Kondisi Kesehatan

Salah satu tips aman naik pesawat saat hamil 8 bulan adalah memperhatikan kondisi kesehatan. Misalnya adalah ketika memiliki penyakit khusus, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, maupun pernah melahirkan bayi prematur, bumil perlu berkonsultasi dulu ke dokter.

Di samping itu, untuk menghindari risiko yang mungkin terjadi, ibu hamil bisa melakukan peregangan kaki saat duduk di pesawat atau berjalan-jalan sejenak di lorong.

2. Mengenali Risiko Naik Pesawat saat Hamil

Cara aman naik pesawat bagi bumil 8 bulan berikutnya adalah mengenali berbagai risiko melakukan penerbangan yang mungkin saja terjadi saat sedang hamil. Misalnya adalah varises dan pembekuan darah. Untuk menghindari kemungkinan tersebut, ibu bisa menggunakan stocking kompresi atau kaus kaki setinggi lutut.

Di sisi lain, tekanan udara yang menurun selama melakukan penerbangan juga bisa memicu penurunan oksigen. Meski begitu, selama bumil memiliki tubuh yang sehat, maka kondisi tersebut tidak berbahaya bagi kandungannya.

3. Menjaga Nutrisi Selama dalam Perjalanan

Tips aman naik pesawat untuk bumil 8 bulan selanjutnya adalah menjaga nutrisi selama dalam perjalanan, terlebih lagi jika melakukan perjalanan panjang. Nutrisi yang bumil penuhi selama dalam perjalanan bisa membantu menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh.

Maka dari itu, ibu hamil perlu membawa beberapa makanan atau minuman yang sehat. Di sisi lain, hindari minuman yang bisa memicu dehidrasi, seperti teh, kopi, maupun minuman beralkohol. Bumil juga perlu menghindari makanan berlemak tinggi dan makanan asin selama dalam perjalanan.

4. Konsultasi ke Dokter Kandungan

Tips aman naik pesawat untuk bumil 8 bulan juga bisa dilakukan dengan berkonsultasi ke dokter kandungan terlebih dulu. Hal ini bertujuan untuk meminta surat izin dari dokter dan surat keterangan medis.

Baca Juga  Kenapa Ibu Hamil Kakinya Bengkak? Temukan Penyebabnya

Selain itu, berkonsultasi dengan dokter kandungan juga bumil butuhkan untuk mengetahui kondisi kandungannya dan tingkat keamanan saat melakukan penerbangan. Bumil juga bisa bertanya mengenai obat yang perlu dikonsumsi maupun tips lain selama naik pesawat.

5. Berangkat dengan Keluarga

Cara aman naik pesawat untuk ibu hamil 8 bulan lainnya adalah berangkat bersama keluarga. Ketika usia kehamilan sudah memasuki trimester terakhir, bumil perlu bepergian dengan keluarga untuk meningkatkan keamanan dan memberikan pertolongan ketika butuh bantuan.

Di samping itu, bepergian dengan keluarga juga akan membuat ibu hamil merasa lebih nyaman dan dapat mengatasi lonjakan emosi yang mungkin saja terjadi saat hamil.

6. Menggunakan Pakaian Nyaman

Cara aman naik pesawat untuk bumil 8 bulan berikutnya adalah menggunakan pakaian dan sepatu yang nyaman. Bumil perlu menghindari penggunaan pakaian yang ketat dan sempit agar merasa lebih nyaman sepanjang melakukan perjalanan. Selain itu, hindari pakaian yang memicu kulit sensitif. 

Di samping pakaian, ibu hamil juga perlu menggunakan sepatu yang nyaman dan tidak berhak tinggi. Pasalnya, sepatu hak tinggi berisiko membuat kehilangan keseimbangan dan jatuh. Di sisi lain, hindari pula penggunaan sepatu yang sempit, karena bisa membuat kaki sakit dan lecet.

7. Menyiapkan Bekal Khusus

Tips aman naik pesawat untuk ibu hamil 8 bulan yang terakhir adalah menyiapkan perbekalan khusus. Misalnya adalah obat-obatan yang diperoleh dari dokter, pakaian hangat apabila merasa kedinginan di pesawat, maupun kantong muntah jika merasa mual selama dalam perjalanan.

Di samping itu, ibu hamil juga perlu membawa camilan sehat untuk membuat perut merasa lebih nyaman selama penerbangan. Jangan lupa juga untuk membawa air putih selama dalam perjalanan agar tidak mengalami dehidrasi. Ibu hamil juga dapat membawa minyak aromaterapi demi meningkatkan kenyamanan selama di dalam pesawat.

Baca Juga  Bolehkah Ibu Menyusui Makan Durian? Ini Tips Mengonsumsinya

Penutup

Itulah beragam informasi mengenai bolehkah ibu hamil 8 bulan naik pesawat dan cara aman dalam melakukan penerbangan. Pada dasarnya, mayoritas maskapai penerbangan masih memperbolehkan ibu hamil dengan usia kandungan di bawah 35 bulan untuk naik pesawat selama dalam kondisi sehat.

Selain itu, hal ini juga boleh dilakukan ketika ibu hamil mendapatkan izin dari dokter kandungan. Nah, jika ingin tahu informasi lain seputar kehamilan, baca langsung dalam New Life sekarang juga!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?