fbpx

Bagaimana Cara Cek Usia Kehamilan?

Bagaimana Cara Cek Usia Kehamilan?

Hal pertama yang ditanyakan ketika mengetahui bahwa kondisi hamil adalah sudah berapa minggu usia kehamilannya. Selain itu, keluarga, kerabat, dan orang dekat sering bertanya-tanya berapa lama usia kehamilannya. Perkiraan usia kehamilan harus dinyatakan dalam minggu, bukan bulan dikarenakan perkembangan janin meningkat setiap minggunya.

Menyebutkan usia kehamilan dalam minggu juga akan membuat moms penasaran dengan perkembangannya. Dengan begini mengetahui perkembangan janin moms akan lebih rajin membaca dan meneliti informasi tentang perkembangan janin di dalam kandungan. 

Nah ada banyak cara menghitung usia kehamilan yang bisa dilakukan. Pada umumnya cara yang paling umum dilakukan adalah dengan memprediksi setelah hari pertama haid terakhir atau lebih dikenal dengan HPHT. Selain itu, melalui pemeriksaan USG ke dokter kandungan juga akan diketahui usia janin. Namun ternyata selain kedua cara tersebut, ada cara lain cara loh untuk menghitung usia kehamilan.

Cara Menghitung Usia Kehamilan

Seperti diketahui bahwa usia janin terus berkembang tiap harinya, tentunya itu membuat moms penasaran kapan janin yang ada dikandungan lahir. Berikut beberapa cara untuk cek usia kehamilan, diantaranya:

Fundus Uteri

cek usia kehamilan

Moms dapat menghitung usia hamil secara manual dengan sistem fundus uteri. Yang dimaksud fundus uteri adalah bagian puncak rahim. Seiring perkembangan janin, rahim akan membesar dan perut juga akan membesar. Nah dengan begitu, kamu bisa melakukannya secara mandiri atau biasanya bidan yang akan menghitungnya untuk mengetahui usia kehamilan.

Cara menghitung usia kehamilan dengan fundus adalah dengan meraba bagian atas rahim yang teraba di perut. Kemudian hitung jarak dari puncak rahim ke tulang kemaluan. Usia kehamilan diketahui berdasarkan jarak yang diukur. Misalnya hasil pengukuran bunda adalah 15 sentimeter, maka berarti usia kehamilan telah memasuki 15 minggu. Metode ini memang tidak 100% akurat, namun cukup untuk menentukan usia kehamilan.

Baca Juga  5 Penyebab Baby Blues Sebelum Melahirkan & Cara Mengatasinya

Rumus Naegele dengan Metode HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir)

Bagaimana cara menghitung usia kehamilan dengan metode HPHT yang sering dilakukan? Jika menggunakan metode cek usia kehamilan dengan HPHT berarti tanggal HPHT adalah hari pertama kehamilan. Jadi bunda tinggal menghitung dari HPHT hingga sekarang udah masuk berapa minggu, dan itulah itu usia kehamilan.

Sedangkan untuk menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL) dengan mengacu pada HPHT, dapat menggunakan rumus Naegele, yaitu:

HPL = HPHT + 7 (tanggal), HPHT + 1 (tahun), HPHT – 3 (bulan).

Misal HPHT bunda adalah 1 Maret 2021, ditambah 1 tahun berarti 1 Maret 2022, lalu ditambah 7 hari menjadi 8 Maret 2022. Lalu dikurangi 3 bulan, berarti Hari Perkiraan Lahir (HPL) adalah tanggal 8 Desember 2022.  Nah cara ini sebaiknya dilakukan jika bunda memiliki siklus haid teratur 28 hari ya!

Mengamati Gerakan Janin

cek usia kehamilan

Cara cek usia kehamilan lainnya yang bisa dilakukan sendiri adalah dengan mengamati pergerakan janin. Disini kamu hanya perlu merasakan gerakan yang dilakukan si kecil di dalam perut. Jika sudah mulai merasakan gerakan janin di dalam perut, berarti usia kehamilan sekitar 18-20 minggu. Perkiraan ini hanya berlaku untuk ibu yang baru pertama kali hamil.

Nah sedangkan untuk ibu yang sudah pernah hamil sebelumnya, perkiraan usia kehamilan sekitar 16-18 minggu. Cara ini sebenarnya memang kurang akurat, namun cukup bagi moms yang ingin memperkirakan usia kehamilannya secara mandiri sebelum pergi ke dokter kandungan.

Menggunakan Aplikasi Kalkulator Kehamilan

cek usia kehamilan

Moms ingin menghitung usia kehamilan tanpa ribet? caranya bisa menggunakan bantuan aplikasi kalkulator kehamilan. Nah untuk melakukannya, setidaknya perlu menyiapkan data HPHT untuk mengetahui usia kehamilan dengan menggunakan kalkulator kehamilan ini. 

Moms juga bisa memasukkan catatan hari haid terakhir untuk melengkapi data dan membuat perhitungan lebih akurat. Berbagai aplikasi kalkulator kehamilan online juga kerap memberikan informasi tentang perkembangan janin berdasarkan usianya. Informasi ini tentunya sangat membantu untuk memastikan apakah perkembangan bayi dalam kandungan sudah sesuai. 

Baca Juga  Kaki Pegal Saat Hamil, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ternyata cukup banyak ya cara cek usia kehamilan. Kalau moms pernah cek usia kehamilan dengan metode apa nih? Namun untuk mengetahui usia kehamilan secara akurat, tentunya bisa langsung menemui dokter kandungan untuk memastikannya ya!

***

Korset New Life Telah Berdiri sejak 1990 dan Telah Membantu Ratusan Ribu Wanita Mendapatkan Kembali Kepercayaan Dirinya. Cari tahu lebih Lanjut Mengenai Korset New Life DISINI!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?