fbpx

Apakah Wasir Setelah Melahirkan Bisa Sembuh? Ini Pengobatannya

Apakah Wasir Setelah Melahirkan Bisa Sembuh? Ini Pengobatannya

Wasir setelah melahirkan adalah kondisi yang sering terjadi pada wanita. Hal ini bisa terjadi karena mengejan saat proses persalinan. Lantas, apakah wasir setelah melahirkan bisa sembuh? Ibu tak perlu khawatir, karena wasir atau ambeien umumnya bisa sembuh dengan sendirinya.

Meski begitu, ibu juga membutuhkan perawatan rumahan atau medis. Sebab, benjolan wasir bisa menimbulkan rasa tidak nyaman saat beraktivitas. Untuk mengetahui informasi seputar apakah wasir setelah melahirkan bisa sembuh, yuk simak artikel berikut ini!

Apakah Wasir Setelah Melahirkan Bisa Sembuh?

Ambeien setelah melahirkan adalah kondisi pembengkakan pembuluh darah di area dubur. Hal ini terjadi karena beberapa faktor, seperti sudah mengalami ambeien saat hamil, sembelit, hingga mengejan keras ketika sedang proses persalinan. Wasir atau ambeien ini memiliki dua jenis, yaitu ambeien luar dan dalam.

Ukuran wasir pun juga beragam, adalah kecil seukuran kismis, sampai yang sebesar anggur. Wasir umumnya akan membuat ibu merasa nyeri di area benjolan, timbul rasa gatal, tidak nyaman, hingga pendarahan saat buang air besar. Lantas, apakah wasir setelah melahirkan bisa sembuh?

Pada umumnya, wasir bisa sembuh atau kempis dengan sendirinya tanpa perawatan khusus. Akan tetapi, benjolan yang timbul ketika sedang mengalami wasir bisa membuat ibu merasa tidak nyaman saat sedang duduk, berdiri, atau ketika buang air besar. Maka dari itu, ibu perlu melakukan sejumlah upaya untuk mengatasinya agar lekas mengempis.

Pengobatan Wasir Setelah Melahirkan

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, wasir setelah melahirkan memang bisa sembuh dengan sendirinya. Meskipun demikian, ibu juga tetap perlu mengobatinya.

Adapun beberapa cara menyembuhkan wasir setelah melahirkan adalah sebagai berikut:

1. Menjaga Kebersihan Rektum

Salah satu cara menyembuhkan wasir setelah melahirkan adalah dengan menjaga kebersihan rektum atau anus. Ibu bisa menggunakan benda yang lembut, seperti handuk atau tisu bawah. Selain itu, ibu juga dapat menggunakan botol semprot yang isinya air hangat untuk membersihkan area dubur.

Baca Juga  Penyebab Bayi Kuning, Risiko Komplikasi, & Cara Menanganinya

Di sisi lain, setelah melahirkan ibu tentu akan mengalami nifas dan menggunakan pembalut. Untuk meningkatkan kenyamanan dan mempercepat pengempisan benjolan ambeien, ibu dapat menggunakan pembalut yang memiliki kandungan witch hazel. Pasalnya, witch hazel mempunyai kandungan anti radang yang bisa membantu meringankan rasa gatal, sakit, maupun pembengkakan.

2. Kompres Dingin

Cara mengobati wasir setelah melahirkan juga bisa ibu lakukan dengan mengompres menggunakan air dingin atau es batu di area benjolan ambeien. Cara ini berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi pembengkakan pada pembuluh darah.

Untuk menerapkannya, bungkus es batu dengan kain lembut atau rendam kain halus ke dalam air dingin, lalu letakkan pada area yang mengalami ambeien selama beberapa menit.

3. Memperbanyak Berbaring

Cara mengatasi wasir setelah melahirkan berikutnya, yaitu dengan memperbanyak berbaring. Hal ini bertujuan untuk menghindari tekanan yang terdapat pada area anus.

Untuk berbaring, sebaiknya ibu menerapkan posisi tidur miring agar lebih nyaman. Di samping itu, jika ingin duduk, gunakan bantal yang empuk atau bantal donat untuk menghindari risiko tekanan yang timbul di area benjolan wasir.

4. Hindari Produk Kebersihan yang Mengandung Parfum

Cara mengobati wasir setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan menghindari produk kebersihan yang mengandung parfum, mulai dari pembalut atau tisu. Pasalnya, kandungan parfum dalam sejumlah produk bisa menimbulkan reaksi tidak nyaman pada area dubur. Di samping itu, kondisi ambeien yang disertai rasa gatal dan nyeri juga bisa mengalami iritasi ketika terkena produk yang mengandung parfum.

5. Melakukan Sitz Bath

Cara menyembuhkan wasir setelah melahirkan lainnya adalah melakukan sitz bath. Langkah ini dilakukan dengan merendam area dubur dengan air hangat. Adapun tujuan dari sitz bath adalah untuk membantu mengurangi pembengkakan, rasa tidak nyaman, dan peradangan yang terdapat di area anus.

Baca Juga  8 Perubahan Fisik Ibu Hamil dan Tips Menjaga Kesehatannya

6. Rajin Berolahraga

Cara mengatasi wasir setelah melahirkan berikutnya, yaitu dengan rajin berolahraga. Pada dasarnya, olahraga bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah di area panggul serta dubur, maupun membantu melemaskan otot yang kencang. Ibu bisa meluangkan waktu setidaknya selama 30 menit per hari untuk melakukan olahraga, seperti senam kegel, yoga, atau jalan kaki.

7. Memperbaiki Gaya Hidup

Cara mengobati wasir setelah melahirkan selanjutnya adalah memperbaiki gaya hidup. Misalnya, ibu bisa memperbanyak asupan makanan tinggi serat dan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Selain itu, hindari kebiasaan untuk duduk maupun berdiri terlalu lama, karena bisa memperburuk kondisi wasir.

8. Berkonsultasi ke Dokter

Cara menyembuhkan wasir setelah melahirkan yang terakhir adalah dengan berkonsultasi ke dokter. Pada umumnya, dokter akan merekomendasikan beberapa obat, seperti tablet maupun salep yang aman digunakan. Namun, pada kasus yang parah, dokter juga bisa menyarankan pembedahan.

Penutup

Demikian beberapa informasi mengenai apakah wasir setelah melahirkan bisa sembuh dan pengobatannya. Perlu ibu ketahui bahwa wasir memang bukan kondisi yang berbahaya. Akan tetapi, ibu perlu lekas mengatasinya, terlebih lagi setelah menjalani persalinan. Dengan begitu, ibu dapat beraktivitas lebih nyaman.

Untuk mengatasi hal tersebut, ibu dapat berkunjung ke dokter agar mendapatkan pengobatan lanjutan. Nah, jika ibu ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar tips pemulihan pasca persalinan, simak selengkapnya dalam situs New Life!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?