fbpx

Apakah Keputihan Tanda Persalinan Sudah Dekat? Ini Cirinya

Apakah Keputihan Tanda Persalinan Sudah Dekat? Ini Cirinya

Menjelang melahirkan, tubuh ibu umumnya akan menunjukkan beberapa tanda yang biasanya dapat diprediksi oleh dokter. Lantas, apakah keputihan tanda persalinan sudah dekat?

Pada dasarnya, pada akhir trimester ketiga, akan keluar lendir kental dari vagina. Hal ini adalah keputihan yang terjadi akibat dorongan sumbatan lendir yang menghalangi pembukaan leher rahim.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai keputihan tanda persalinan sudah dekat, baca artikel berikut sampai selesai.

Apakah Keputihan Tanda Persalinan Sudah Dekat?

Keputihan bukan hanya terjadi ketika wanita tidak hamil saja, tetapi juga dapat dialami ibu menjelang melahirkan. Cairan keputihan ini akan keluar dari vagina dengan bentuk mirip lendir berwarna merah muda, putih bening, maupun sedikit berdarah.

Kondisi keputihan ini akan meningkat pada hari-hari terakhir menjelang melahirkan dan menjadi sinyal bagi ibu bahwa persalinan sudah dekat. Akan tetapi, apabila keputihan terjadi tanpa adanya kontraksi maupun pelebaran serviks, maka persalinan bisa terjadi beberapa hari kemudian.

Di sisi lain, apabila keputihan yang terjadi disertai pendarahan yang serupa dengan menstruasi, sebaiknya lekas pergi ke dokter. Sebab, vagina yang mengalami pendarahan parah bisa mengindikasikan kondisi serius, sehingga perlu segera memperoleh penanganan.

Kondisi Keputihan Tanda Persalinan Sudah Dekat

Memasuki trimester ketiga kehamilan, salah satu tanda yang muncul adalah ibu mengalami keputihan. Hal ini menunjukkan bahwa persalinan sudah dekat. Adapun beberapa ciri-ciri keputihan tanda persalinan sudah dekat adalah sebagai berikut.

1. Berbentuk Gumpalan

Salah satu ciri-ciri keputihan tanda persalinan sudah dekat adalah berbentuk gumpalan maupun kepingan. Pasalnya, tekstur keputihan yang keluar relatif lengket dan tebal, sehingga mudah menggumpal dan menempel. Selain itu, ukurannya pun cukup besar, mirip dengan kepingan.

Baca Juga  Korset Caesar: Manfaat, Tips Memilih, dan Rekomendasinya

2. Berwarna Kemerahan atau Kecokelatan

Ciri-ciri keputihan yang keluar menjelang melahirkan berikutnya adalah berwarna kemerahan atau kecokelatan. Pada awalnya, keputihan tersebut akan berwarna putih bening atau keruh. Namun, ketika waktu persalinan lebih dekat, warna keputihan akan berubah menjadi kecokelatan atau kemerahan.

Hal itu terjadi karena keputihan yang keluar bercampur dengan darah. Meski begitu, darah yang keluar dalam jumlah sedikit tergolong hal normal. Akan tetapi, jika pendarahan jumlahnya banyak, sebaiknya ibu segera berkunjung ke dokter.

3. Disertai Pecahnya Air Ketuban

Ciri-ciri keputihan tanda persalinan sudah dekat lainnya adalah disertai dengan pecahnya air ketuban. Di dalam rahim, air ketuban berfungsi untuk melindungi serta memberikan bantalan pada rahim. Pada kehamilan normal, air ketuban umumnya memiliki warna bening maupun kemerahan.

Selain itu, keluarnya air ketuban sendiri akan terasa seperti buang air kecil. Meski begitu, air ketuban tidak berbau dan bisa keluar secara deras maupun sedikit demi sedikit. Nah, apabila air ketuban pecah, umumnya persalinan akan terjadi dalam kurun waktu sekitar 24 jam.

4. Jumlah Keputihan Banyak

Keputihan yang menandakan persalinan sudah dekat lainnya adalah jumlah yang keluar cukup banyak. Keluarnya cairan keputihan ini berfungsi untuk menjaga kebersihan vagina dan membantu mencegah infeksi di area tersebut. Itulah mengapa, beberapa ibu hamil akan mengalami keluarnya keputihan dalam jumlah banyak.

Namun, apabila ibu merasa tidak nyaman karena keputihan keluar terlalu banyak, sebaiknya sering-sering mengganti celana dalam atau menggunakan pantyliner yang tidak mengandung pewangi.

5. Disertai Kram

Ciri-ciri keputihan tanda persalinan sudah dekat selanjutnya adalah ibu merasakan kram maupun nyeri pada perut, seperti ketika menstruasi. Nyeri perut tersebut juga tergolong sebagai tanda awal terjadinya kontraksi.

Baca Juga  Tips Agar Cepat Kontraksi Asli: Cara Mudah dan Efektif

Selain kram perut, ibu juga umumnya mengalami nyeri punggung bagian bawah yang menjalar hingga kaki. Rasa nyeri tersebut umumnya akan hilang dan muncul kembali secara terus-menerus.

Di samping itu, seiring dekatnya waktu melahirkan, rasa nyeri yang ibu rasakan juga semakin kuat akibat kontraksi. Akan tetapi, kontraksi tersebut juga bisa jadi tergolong sebagai kontraksi palsu atau Braxton Hicks. Bedanya, kontraksi palsu ini terjadi secara tidak teratur.

6. Adanya Sensasi Bayi Berada di Panggul

Ciri-ciri keputihan tanda persalinan sudah dekat yang terakhir adalah adanya sensasi bayi berada di panggul. Hal ini juga menjadi sinyal bahwa persalinan akan segera berlangsung. Selain itu, ketika bayi turun ke area panggul, ibu juga bisa bernapas lebih lega. Pasalnya, tekanan yang diberikan bayi ke diafragma akan terlepas.

Tak hanya itu, tekanan dari janin ke kandung kemih juga akan meningkat, sehingga membuat kandung kemih menyusut dan meningkatkan frekuensi buang air kecil.

Penutup

Demikian beberapa informasi seputar kondisi keputihan tanda persalinan sudah dekat. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, keputihan adalah salah satu tanda menjelang persalinan. Namun, keputihan yang disertai pendarahan juga bisa menjadi tanda bahaya kehamilan, sehingga perlu segera ditangani oleh dokter.

Selain itu, untuk mencegah komplikasi kehamilan, ibu juga perlu menjaga kesehatan dengan menerapkan gaya hidup sehat, rajin berolahraga, hingga mengonsumsi makanan bergizi.

Untuk mengetahui informasi lain tentang kehamilan dan persalinan, kunjungi situs New Life sekarang juga!

Produk Pilihan
Bingung Mau Pilih Korset yang Mana?